,

Pilihan Transportasi dari Bandara ke Kota Palembang, Bisa Naik LRT Hingga Bus Trans Musi

Dari Bandara ke Kota Palembang – Palembang tak hanya menjadi kota tertua di Indonesia. Kini Bumi Sriwijaya telah tumbuh berkembang menjadi kota metropolitan yang semakin maju dari waktu ke waktu. Tak terkecuali juga dengan sektor pariwisatanya.

Sobat tiket pernah berlibur ke Palembang? Setelah menjadi salah satu tuan rumah dari Asian Games 2018, nama Palembang semakin mendunia. Ini membuat kota terbesar kedua di Sumatera ini semakin diminati oleh banyak wisatawan, baik domestik maupun asing.

Selain memiliki Jembatan Ampera yang secara mekanisme bisa diangkat di awal pengoperasiannya, Palembang juga punya Pasar Cinde. Pasar yang legendaris ini telah berdiri sejak tahun 1958 silam. Saat terjadi demam batu akik beberapa waktu lalu, kawasan Pasar Cinde ini menjadi sentra penjualan berbagai jenis batu akik yang berasal dari sejumlah kawasan di Sumatera Selatan.

Rute dari Bandara ke Kota Palembang, Naik Apa?

Keunikan Palembang tak hanya sampai di situ saja. Tak hanya tersohor atas kelezatan pempeknya, Palembang juga menjadi satu-satunya kota dengan Alquran terbesar di dunia. Alqran Al Akbar yang berlokasi di Kecamatan Gandus ini menjadi destinasi wisata religi yang agung juga unik lantaran berukuran raksasa.

Nah sobat tiket, banyak banget kan menarik dari Kota Palembang ini? Buat kamu yang mau jalan-jalan dan berlibur di Palembang, pastikan kamu ketahui dulu lebih banyak soal transportasi selama berada di Bumi Sriwijaya ini. Dengan begitu, kamu sudah punya gambaran dan perencanaan. Alhasil, momen petualanganmu di kota ini pasti jadi tambah praktis dan seru.

Persiapkan rencana liburan dan cara ke Kota Palembang dengan matang agar sesuai waktu dan budget yang tersedia. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk tiba di Kota Palembang dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Berikut tiket.com berikan ulasannya.

1. Light Rail Transit (LRT)

Yup, sobat tiket. LRT pertama di Indonesia bukan terdapat di Jakarta melainkan di Palembang. Dan kamu bisa naik light rail transit (LRT) atau kereta ringan ini dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II ke pusat kotanya. Bandara terintegrasi langsung dengan stasiun LRT melalui skybridge yang ada.

Selain bisa menggunakan e-money, kamu juga bisa membeli tiket di loketnya. Di stasiun LRT dekat bandara ini, loket tiket dapat ditemukan di lantai 2 yang mana berdekatan dengan ruang tunggu, mushola serta fasilitas umum lainnya.

Dengan harga yang terjangkau, perjalanan yang mudah dan nyaman hanya memakan biaya Rp 10.000*. Setelah menempuh 40 menit perjalanan, kamu akan tiba di Kota Palembang (Stasiun Bumi Sriwijaya) dengan lebih mudah, nyaman dan efisien.

2. Taksi Bandara

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II juga terdapat layanan taksi khusus bandara. Biasanya, taksi khusus bandara kerap menetaptakn tarif borongan ketimbang argometer. Dari Bandara SMB II ke Kota Palembang, tarif yang ditetapkan kurang lebih Rp80.000 – Rp100.000*.

Bagi sobat tiket yang membawa banyak barang dan perlu angkutan cepat juga praktis untuk tiba di Kota Palembang, maka taksi bandara merupakan opsinya. Perlu diketahui, terdapat taksi resmi dan tak resmi (taksi gelap) di kawasan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II ini.

Taksi gelap dapat diketahui dari ciri-ciri pengemudinya yang sudah menantikan calon pelanggan yang tiba di area terminal. Untuk tarifnya, sobat tiket mesti bernego dulu dengan sang sopir hingga mencapai kesepakatan yang diinginkan.

Sedangkan untuk taksi resmi, tersedia tiga jasa layanan taksi bandara seperti Primkopau & Balido, BlueBird serta STARCAB yang tarif ongkosnya sesuai dengan argo. Meski bukan acuan pasti, namun tarif yang berlaku kurang lebih adalah sekira Rp80.000 – Rp100.000.

3. Sewa Mobil

Kamu juga bisa menyewa mobil agar jalan-jalan di Palembang jadi lebih mudah. Supaya sesuai anggaran, pilihlah mobil yang kapasitas dan kubikasi mesin, model, pajak, hingga penggunaan bahan bakarnya paling sesuai dengan kebutuhan perjalananmu.

Pastikan berapa lama kamu akan menggunakan mobil sewa guna penyesuaian anggarannya. Kamu juga ingin memastikan agar kamu mendapat pelayanan sewa terbaik dengan kredibilitas yang terpercaya.

Ingatlah untuk memeriksa dokumen serta legalitas kendaraan yang akan kamu sewa. Pastikan semuanya sudah lengkap agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan selama liburan.

Kamu ingin terhindar dari masalah mesin seperti mobil mogok. Jadi tanyakan juga tentang riwayat kondisi mobil hingga perawatan mesinnya agar perjalananmu tetap lancar jaya. Tanyakan juga apakah penyedia jasa menyediakan layanan darurat 24 jam, fasilitas mobil pengganti, hingga bengkel rekanan.

Pertimbangkan apakah sobat tiket akan menambah pelayanan jasa sopir atau sewa lepas kunci dan menyetir sendiri. Jika menggunakan sopir, ingatlah untuk mengecek kredibilitas sopir seselektif mungkin. Bersikap teliti dan saksama sebelum konfirmasi pembayaran sangat diperlukan untuk mengantisipasi penipuan, misalnya.

Yang pasti, semakin terpercaya kredibilitasnya, maka penyedia jasa akan semakin memfasilitasi penyewanya. Nah, kini kamu bisa menyewa mobil untuk jalan-jalan di Palembang dengan menggunakan aplikasi dari tiket.com. Sewa mobil di tiket.com akan mempermudah perjalananmu dengan kepraktisannya yang cepat lagi aman!

4. Bus Trans Musi

Alternatif selanjutnya yang bisa kamu pilih untuk tiba di Kota Palembang adalah Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi. Namun karena model BRT seperti ini, maka sobat tiket mesti ikut transit/ turun di halte-halte yang dilewatinya. Baru setelahnya kamu bisa pindah ke bus yang akan membawa ke arah pusat Kota Palembang.

Rute Trans Musi dari Bandara SMB II ialah rute pada Koridor 5 yakni Bandara – Alang-Alang Lebar. Agar lebih mudah melihat rute serta jadwal keberangkatan bus, kamu bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di PlayStore maupun AppStore.

Sebagai informasi, tidak tersedia rute langsung Trans Musi ke pusat kota atau area lain Palembang selain rute Bandara ke Terminal Alang-Alang Lebar dan sekitar area KM. 12.

Trans Musi Koridor 5 Bandara SMB II ke Alang-Alang Lebar akan juga melewati Asrama Haji (Halte Transit), Kampus IGM (Halte Transit), barulah tiba di Terminal Alang Alang Lebar. Sedangkan untuk tarif yang diperlukan yaitu Rp 5.500*, dengan waktu tempuh 15-35 menit.

Untuk pemahaman informasi arah selengkapnya, kamu bisa menanyakannya langsung kepada petugas jaga yang berada di setiap bus.

Naik BRT akan cocok untuk kamu yang senangnya traveling ala backpacker. Perpindahan bus tiap transitnya akan menambahkan banyak pengalaman dan cerita tersendiri dalam liburanmu kali ini.

Jalan-jalan Jadi Mudah di Tanah Wong Kito Galo

Liburan ke Kota Palembang bakalan tambah seru kalau bisa bertandang ke berbagai objek wisatanya. Mulai dari Benteng Kuto Besak, Jembatan Amera hingga Pagoda di Pulau Kemaro, masih banyak lagi destinasi wisata yang bisa kamu sambangi. Apalagi jika ditambah dengan berwisata kuliner sampai puas di kota pempek ini.

Kamu juga bisa berwisata belanja dan mengenal kearifan lokal di Palembang dengan Menyusuri 3 Pasar Tradisional Palembang, Banyak yang Bisa Kamu Eksplor di Sini! Ada banyak oleh-oleh dan souvenir khas Palembang yang bisa kamu dapatkan. Pulang-pulang bawa bingkisan deh buat keluarga dan orang tersayang.

*harga saat artikel ditulis