Tradisi_Saat_Lebaran_di_Indonesia_blog

,

Tradisi Lebaran di Indonesia, 6 Hal Ini Paling Ngangenin

Tradisi lebaran di Indonesia – Lebaran sebentar lagi nih, sobat tiket! Udah punya tiket untuk mudik belum? Pasti udah nggak sabar untuk berkumpul bareng keluarga dan melakukan hal-hal khas lebaran yang Indonesia banget.

Ada banyak kegiatan yang sudah menjadi tradisi lebaran sejak dahulu kala bagi masyarakat Indonesia, bahkan beberapa diantaranya dimulai sejak awal bulan Ramadhan datang.

Tradisi lebaran di Indonesia inilah yang bikin lebaran makin ngangenin setiap tahunnya dan bahkan wajib untuk dijalankan bagi sebagian orang.

6 Tradisi Khas Lebaran yang Indonesia Banget

Bulan puasa sebentar lagi akan berakhir, namun itu berarti kita juga semakin dekat dengan hari kemenangan. Berikut tiket.com akan membahas 8 tradisi lebaran di Indonesia yang telah dan tetap berlangsung di masyarakat.

1. Mudik

Tradisi Saat Lebaran di Indonesia_blog_Mudik

Banyak orang yang meninggalkan daerah asalnya untuk merantau di kota yang lebih besar, entah untuk bekerja atau berkuliah. Nah, lebaran adalah saat yang tepat bagi para perantau untuk pulang dan berkumpul bersama keluarga.

Tradisi ini sudah melekat sejak lama diantara masyarakat Indonesia, jadi banyak orang yang sangat bersemangat untuk pulang dalam rangka libur lebaran. Bahkan, tiket pesawat dan kereta pun biasanya sudah habis sejak lama.

2. Halal bi Halal

Tradisi silaturahmi dengan keluarga, kerabat, tetangga, atau teman, dikenal dengan istilah halal bi halal. Selain untuk berkumpul, momen ini juga pas untuk saling bermaaf-maafan secara langsung.

Meskipun kamu bisa mengucapkan maaf dan selamat lebaran melalui pesan singkat di smartphone, namun tradisi ini masih melekat dan menyenangkan untuk dilakukan.

3. Makanan Lebaran

Tradisi Saat Lebaran di Indonesia_blog_Makanan Lebaran

Ingat lebaran, pasti ingat untuk makan ketupat dan opor! Pada hari lebaran, ketupat dan opor menjadi hal yang mungkin wajib untuk disajikan. Biasanya ada juga semur, rendang, dan kerupuk udang sebagai pelengkap.

Selain itu, pasti ada beberapa diantara sobat tiket yang bikin kue lebaran atau mungkin kue pemberian orang lain menjelang lebaran. Ada nastar, putri salju, ataupun kastengel yang biasanya disajikan untuk menjamu tamu silaturahmi ke rumah.

4. THR

Tunjangan Hari Raya atau THR adalah salah satu tradisi yang paling ditunggu oleh banyak orang. Meskipun pada mulanya ini adalah tunjangan dari perusahaan untuk para karyawannya, hal ini pun terjadi di keluarga, lho!

Para orang dewasa yang sudah bekerja akan memberikan amplop THR berupa uang saku untuk anak-anak, dan biasanya uangnya pun berupa uang baru yang masih bagus. Menyenangkan, bukan?

5. Baju Baru

Tradisi Saat Lebaran di Indonesia_blog_Baju Baru

“Baju baru, alhamdulillah~”, kamu pasti sering banget denger lagu itu, kan? Karena bagi sebagian orang, lebaran identik dengan yang serba baru. Maka dari itu, banyak pusat perbelanjaan kasih diskon gede-gedean menjelang Hari Raya.

Mulai dari toko baju sampai sepatu di manapun biasanya akan dipadati pembeli karena mereka ingin mengenakan pakaian dan alat ibadah yang baru. Ingat untuk tidak belanja berlebihan ya, sobat tiket!

6. Takbiran

Sebelum hari lebaran tiba, takbir akan dikumandangkan sebagai tanda hari kemenangan datang dan satu bulan penuh puasa pergi. Di beberapa kota atau daerah, akan ada banyak orang melakukan takbir keliling menggunakan mobil ataupun berjalan kaki.

Kebersamaan masyarakat sekitar akan sangat terlihat pada momen ini dan tentu saja, menjadi saat yang sangat menyenangkan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Lebaran Sebentar Lagi

Nah, itu dia 6 tradisi lebaran di Indonesia yang bagi sebagian orang wajib untuk dijalankan. Gimana sobat tiket, sudah siap mudik? Cek 7 persiapan mudik ala anak milenial ya sebelum berangkat. Atau mungkin ingin plesiran ke negara lain setelah melaksanakan ibadah Hari Raya?

Untuk kamu yang ingin pergi liburan ke negara lain, bisa banget, lho! Jangan nunggu THR dari yang lain karena ada THR pesawat ke rute internasional buat kamu. Ambil THR nya dan manfaatkan waktu liburan lebaran kamu dengan asyik!