Featured - Makanan Khas Lebaran

,

7 Makanan Unik Yang Bikin Kangen Lebaran, Ada Favorit Kamu?

Apa hal unik yang selalu kamu kangenin saat Lebaran tiba? Memang banyak banget hal menarik saat Lebaran yang selalu ditunggu-tunggu. Jawaban dari pertanyaan tadi pun tentunya akan bermacam-macam. Misalnya, beberapa di antara kamu mungkin lebih kangen suasana kumpul-kumpulnya. Ada juga pasti di antara kamu yang lebih kangen dapat angpau Lebaran. Hehe, bener nggak?

Kangen apa pun nggak salah, sih. Namun, kamu pastinya nggak bisa menyangkal kalau salah satu hal yang bikin kangen banget saat Lebaran tiba adalah makanan khas Lebaran. Bener banget nih, sobat tiket. Kekayaan kuliner khas Indonesia yang tersaji saat Lebaran pastinya bikin kamu selalu kangen hari raya. Betul kan?

Nah, omong-omong soal kuliner khas Lebaran, apa aja sih makanan kesukaan yang selalu kamu tunggu-tunggu saat hari raya? Berikut ini ada 7 makanan unik yang pasti bikin kangen Lebaran. Ada makanan favorit kamu nggak, sobat tiket?

7 Makanan Unik yang Bikin Lebaran Makin Meriah

Sobat tiket, berikut ini ada 7 makanan khas Lebaran unik yang pastinya selalu jadi incaran saat hari raya. Apa aja?

1. Ketupat

Makanan khas Lebaran - ketupat

Kayaknya nama ketupat dan Lebaran memang nggak bakalan bisa dipisahkan deh, sobat tiket. Soalnya, makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa ini memang sudah identik banget dengan tradisi Lebaran di Indonesia.

Nah, kamu tahu nggak nih, ketupat ini dulunya diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga. Ketupat juga punya filosofi yang mendalam, yaitu mencerminkan kesucian hati manusia, meskipun secara lahiriah setiap manusia pasti memiliki kesalahan. Kesucian hati dilambangkan dengan isi ketupat yang putih karena terbuat dari beras, sedangkan kondisi lahiriah manusia digambarkan dengan anyaman pembungkus ketupat.

2. Rengginang

Orang Indonesia pasti banyak yang sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Lebaran yang satu ini. Bahkan, di luar momen Lebaran pun, rengginang banyak dijual atau disajikan sebagai camilan. Rengginang merupakan makanan khas Jawa yang terbuat dari nasi kering atau beras ketan. Rasanya bisa bermacam-macam, yaitu ada yang manis, asin, maupun rasa unik seperti udang atau terasi.

3. Opor Ayam

Makanan khas Lebaran - Opor Ayam

Makan ketupat pakai opor ayam? Duh, nikmatnya. Apalagi kalau makannya sambil kumpul-kumpul sama keluarga. Masakan bumbu kuning khas Indonesia ini memang enak banget disantap dengan potongan ketupat atau nasi panas.

Oh iya, nggak cuma ketupat aja loh yang punya filosofi tinggi. Opor ayam ini ternyata juga punya makna tersendiri. Santan atau “santen” dalam bahasa Jawa adalah salah satu bahan dasar opor ayam. Nama “santen” ini dianggap memiliki kaitan dengan istilah bahasa Jawa lainnya yaitu “pangapunten” atau “maaf”. Jadi, makna penyajian opor ayam di hari Lebaran ini ada kaitannya dengan permohonan maaf lahir dan batin.

4. Kue Lidah Kucing

Eh, namanya sih memang lidah kucing. Namun, kue yang satu ini sama sekali nggak ada unsur kucing-kucingnya, kok. Kue lidah kucing disebut demikian karena mirip lidah kucing yang tipis dan panjang. Selain itu warna kuenya juga putih kecokelatan sehingga dianggap mirip lidah kucing.

Nah, siapa sangka kalau kue khas Lebaran yang satu ini sebenarnya berasal dari Belanda. Kue lidah kucing terbuat dari tepung terigu, gula, susu, putih telur, dan margarin. Rasanya jangan ditanya, enak banget!

5. Nastar

Makanan khas Lebaran - Nastar

Kue isi nanas atau nastar adalah salah satu kue yang paling banyak dihidangkan saat Lebaran tiba. Asal usul penamaan kue nastar sendiri berasal dari Belanda, yaitu merupakan gabungan dari “ananas” dan “tart”. Kue dengan isi selai nanas ini sekarang sudah banyak dikreasikan menjadi berbagai bentuk, di antaranya adalah bentuk bulat, keranjang, maupun bentuk seperti daun atau bunga.

6. Semur

Nggak cuma opor ayam aja lho yang sering jadi pasangan ketupat saat lebaran. Masakan khas Indonesia lainnya seperti semur pun nggak mau kalah untuk disajikan di meja makan saat hari raya tiba.

Masakan dengan kuah kental berwarna cokelat dari kecap manis ini biasa dimasak dengan variasi isi atau bahan yang bermacam-macam. Misalnya, ada semur tahu, semur daging, bahkan semur jengkol. Kalau kamu nih, lebih suka semur yang pakai isian apa, sobat tiket?

7. Kue Putri Salju

Makanan Khas Lebaran - Putri Salju

Siapa sih yang nggak tahu kue putri salju? Kue yang “dibedaki” dengan gula bubuk putih ini memang memiliki rasa yang lezat sehingga sering jadi favorit saat Lebaran, terutama untuk anak-anak. Dahulunya, kue ini lebih sering ditemui dengan bentuk bulan sabit. Namun, sekarang bentuk kue putri salju mulai bermacam-macam. Penyajiannya juga makin nikmat jika diiringi dengan secangkir kopi atau teh panas. Sedap!

Mudik dan Cicipi Makanan Khas Lebaran!

Mungkin kamu adalah salah satu yang paling semangat untuk mudik. Selain bertemu dengan keluarga, kamu juga bisa mencicipi beragam hidangan atau camilan khas Lebaran yang menggugah selera.

Namun, kamu sudah pesan tiket belum untuk mudik ke kampung halaman? Pesan tiket pesawat online di tiket.com untuk pulang kampung, sobat tiket. Untuk kamu yang mau mudik, simak deh tips untuk mudik nyaman ala anak milennial.

Sudah siap untuk menyambut Lebaran?