Top 5 Wisata Budaya di HongKong

,

Nikmati Liburan Eksotis ala 5 Tempat Wisata Budaya Hongkong  

Selama ini Hongkong dikenal dengan city view-nya yang menawan, apalagi saat malam hari. Bias cahaya warna-warni dari gedung pencakar langit membuat pengalaman liburan di negara ini semakin sulit untuk dilupakan.

Meskipun begitu, Hongkong tidak selalu identik dengan daerah perkotaan modern berteknologi tinggi. Tempat ini juga dikenal dengan nilai-nilai budaya yang masih mengakar kuat dalam kehidupan masyarakatnya.

Inilah mengapa selain tempat wisata modern, Hongkong juga dikenal dengan tempat wisata budaya yang menarik dan eksotis.

Menjelajah Budaya Hongkong yang Menawan

Memiliki penduduk yang mayoritas beragama Budha, membuat Hongkong identik dengan kebudayaan agama tersebut. Jadi jangan heran jika di beberapa tempat, pagoda dan kuil bukanlah pemandangan asing.

Meskipun begitu, Hongkong juga cukup toleran dengan tempat ibadah agama lain termasuk kristen dan hindu yang juga dianut sebagian penduduk. Sebagai rekomendasi, berikut 5 tempat wisata budaya hongkong yang bisa dikunjungi,

1. Wong Tai Sin Temple

Kuil ini merupakan rumah bagi tiga agama, yaitu Taoism, Budha, dan Konghuchu. Inilah yang menjadi alasan mengapa Wong Tai Sin Temple dijuluki sebagai kuil yang dapat mengabulkan semua doa.

Begitu menginjakkan kaki di sini, bangunan penuh ornamen ala kuil di China daratan bisa kamu lihat. Nama kuil sendiri diambil dari nama seorang biksu yang lahir pada abad keempat dan konon menjadi dewa di Heng Shan.

Pada tahun 1915, Liang Ren-an, yang juga dikenal sebagai pendiri kuil ini membawa gambar suci Dewa Wong Tai Sin dari Provinsi Guangdong, China Selatan ke Hongkong. Gambar tersebut sampai sekarang masih diletakkan di salah satu bagian kuil.

Bagi yang menggemari Fengshui, kamu pasti menyadari bahwa struktur bangunan melambangkan 5 elemen bumi, yaitu elemen metal, air, kayu, api, dan bumi. Selain bangunan, halaman dan kebun kuil juga tidak kalah menarik.

Alamat                      : 2 Chuk Yuen Village, Wong Tai Sin, Kowloon, Hongkong

Jam operasional        : 07.00 – 17.00

2. Big Buddha

Big Buddha atau dikenal juga dengan nama Giant Buddha Statue adalah tempat wisata budaya lain yang cukup menarik di Hongkong. Big Buddha sendiri terletak di Ngong Ping Village di Lantau Island.

Untuk mencapai desa tersebut, salah satu kendaraan yang dapat digunakan adalah cable car. Cable car ini cukup ikonik karena lintasannya termasuk yang terpanjang di Asia dan melewati lautan serta bukit tinggi.

Bagi yang fobia dengan ketinggian, menaiki cable car mungkin akan menjadi pengalaman menyeramkan. Jika tidak mampu menaiki kendaraan ini, jangan khawatir. Sobat tiket masih bisa menaiki bus yang haltenya terletak di bawah stasiun cable car.

Dari halte atau stasiun cable car, untuk mencapai Big Buddha kita masih harus berjalan kaki. Patung Buddha raksasa berada di puncak sehingga pengunjung masih harus menaiki 268 anak tangga untuk melihat dari dekat patung perunggu tersebut.

Dari puncak, kamu bisa melihat lanskap Pulau Lantau lengkap dengan bentang alamnya yang menawan. Di bagian bawah patung, pengelola juga menyediakan ruangan yang menampilkan sejarah pembuatan Big Buddha.

Selain patung Buddha raksasa, di tempat ini juga terdapat tempat peristirahatan para biksu sekaligus tempat makan siang yang disebut Po Lin Monastery. Tentu saja menu yang disajikan merupakan menu vegetarian.

Alamat                      : Ngong Ping Village, Lantau Island, Hongkong

Jam operasional         : 10.00 – 17.30

3. Clock Tower

Sebagai salah satu peninggalan masa kolonial yang masih tersisa, Clock Tower merupakan cagar budaya sekaligus ikon Hongkong masa kini. Dulunya, menara jam ini merupakan bagian dari Kowloon-Canton Railway Terminus.

Memiliki tinggi sekitar 44 meter, Clock Tower terlihat jelas dari Pelabuhan Victoria. Jadi begitu sampai di Hongkong, menara ini merupakan hal pertama yang dilihat para turis sebagaimana Patung Liberty di Amerika Serikat.

Saat ini, kawasan di sekitar Clock Tower dikenal sebagai tempat berkumpul atau duduk-duduk para turis mancanegara. Karena selain berada di lokasi yang strategis, Clock Tower juga mudah dijangkau oleh semua alat transportasi di Hongkong.

Bangunan menara sendiri merupakan bangunan asli yang telah dibangun sejak berpuluh tahun silam. Jadi jangan heran jika menara ini disebut sebagai bagian dari sejarah Hongkong.

Jika ingin melihat sisi unik Clock Tower, berkunjunglah saat malam hari. Karena ketika mentari terbenam, cahaya lampu dari gedung di sekitar akan membuat bangunan menara tampak lebih gagah.

Alamat                      : 10 Salisbury Road, Tsim Sha Tsui, Hongkong

Jam operasional         : 24 jam

4. Ten Thousand Buddhas

Tempat ikonik lain yang memiliki nilai budaya dan religius di Hongkong adalah Ten Thousand Buddhas yang berlokasi di Sha Tin New Territories yang ditemukan pada tahun 1950. Di tempat ini terdapat 5 kuil, 4 paviliun, dan 1 pagoda.

Untuk mencapai tempat suci ini, kamu harus menaiki 430 anak tangga dan jalan setapak yang menanjak. Selama perjalanan, di sekitar kamu akan melihat puluhan patung Buddha berukuran manusia berwarna emas.

Patung-patung ini akan menemani perjalananmu ke puncak, tempat di mana Ten Thousand Buddhas berada. Selama mendaki, berhati-hatilah terhadap monyet-monyet yang terkadang lewat atau berkeliaran di sekitar.

Meskipun mungkin saat mendaki kita merasa kelelahan, tetapi begitu sampai di puncak pemandangan yang indah serta menawan akan menyambut. Selain melihat sekitar 12.800 patung Buddha dapatkan pula kesempatan untuk menaiki pagoda setinggi 9 lantai.

Alamat                      : Pai Tau, Hongkong

Jam operasional         : 09.00 – 17.00

5. St. Andrews Church

Gereja Anglican yang dibangun pada tahun 1904 ini sama seperti Clock Tower. Menjadi salah satu peninggalan bersejarah dari era kolonial membuat St. Andrews Chuch menjadi cagar budaya dan ikon Hongkong.

Bangunan gereja sendiri sarat dengan gaya bangunan gotik dari era Victoria. Hampir semua bagian bangunan masih sama dengan bangunan asli yang dibangun berpuluh tahun silam. Bahkan bagian altar dan jendela, tetap menggunakan kaca dari tahun 1906.

Meskipun gereja bersejarah ini sempat mengalami kerusakan parah karena angin topan. Tetapi beberapa kali pemugaran membuat bangunan tetap kokoh. Hanya ada beberapa bagian yang dihilangkan dan berbeda dengan yang dibangun pada tahun 1904.

Selain hall utama dan altar, daya tarik lain tempat ini adalah asrama pendeta 2 lantai yang dibangun pada tahun 1909. Asrama ini sendiri terdiri dari dua bangunan yaitu The Amah’s quarter dan Verger’s Cottage.

Alamat                      : 138, Nathan Road, Kowloon Hongkong

Jam operasional         : 07.30 – 22.30

Eksotisme Budaya Hongkong yang Menawan

Meskipun tidak tertulis secara khusus, sebaiknya saat berkunjung ke beberapa tempat suci sekaligus cagar budaya di atas, gunakan pakaian yang nyaman dan sopan. Apabila ingin berfoto, sebaiknya minta izin atau tetap berlaku sopan.

Meskipun beberapa tempat di atas tidak menarik biaya, tidak ada salahnya untuk mendonasikan sebagian uang kita. Selain tempat wisata budaya di atas, kamu juga bisa menjelajahi spot bersejarah lainnya.

Jika tertarik mengunjungi Hongkong, sebaiknya kunjungi tempat ini saat momen-momen liburan tertentu seperti tahun baru misalnya. Karena pada saat itu, Hongkong akan lebih menawan dengan berbagai pertunjukan di setiap sudut kota.

Jangan lupa untuk memesan tiket pesawat di tiket.com ya, dan dapatkan promo menarik untuk liburan yang lebih hemat.