Traveling with Baby

,

Tips Traveling dengan Bayi, Ini 7 Hal yang Harus Diperhatikan

Tips Traveling dengan Bayi – Traveling seru bersama keluarga tentunya akan selalu jadi momen yang kamu tunggu-tunggu. Apalagi kalau traveling-nya ke tempat-tempat yang udah lama jadi impian buat dikunjungi.

Salah satu kebahagiaan tersendiri saat traveling bareng keluarga adalah kesempatan untuk membawa serta si kecil yang masih bayi. Memang ada beberapa orang tua yang bimbang untuk membawa bayi saat traveling. Alasannya bisa bermacam-macam, mulai dari khawatir si kecil rewel, repot harus membawa perlengkapan bayi, dan masih banyak lagi.

Padahal ada beberapa tips traveling bersama bayi yang bisa kamu ikuti kalau mau liburan bareng si kecil. Tenang aja, tips traveling dengan bayi di bawah ini bisa bikin kamu nyaman liburan dengan buah hati tanpa merasa was-was. Apa aja tipsnya?

5 Tips Traveling dengan Bayi

  1. Siapkan Perlengkapan Bayi saat Packing

Tips Traveling dengan Bayi - Perlengkapan Bayi

Ini adalah tips traveling dengan bayi yang pertama. Tips traveling dengan bayi yang satu ini tentu menjadi kebutuhan paling penting yang harus diperhatikan oleh orang tua. Siapkan perlengkapan traveling bayi saat packing sebelum berangkat, ya.

Kamu perlu membawa beberapa barang khusus untuk perlengkapan traveling bayi, di antaranya adalah membawa tisu basah dan tisu kering, membawa baju ganti, diapers, jaket bayi, topi, kaos kaki, dan kain yang bersih untuk membaringkan bayi apabila dibutuhkan dalam perjalanan.

Jangan lupa juga untuk membawa alat pompa ASI dan perlengkapannya. Letakkan semua kebutuhan bayi saat traveling ini dalam satu tas khusus agar mudah untuk mencarinya saat dibutuhkan.

  1. Membawa Obat-Obatan

Ini adalah tips traveling dengan bayi yang tidak boleh dilupakan juga. Bagaimana pun, tubuh bayi masih sangat rentan untuk mengalami sakit jika terpapar udara luar atau faktor lainnya saat traveling. Maka dari itu, jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan khusus untuk bayi. Kamu bisa membawa balsam bayi atau minyak telon untuk mencegah bayi kedinginan atau sakit saat traveling.

  1. Membawa Gendongan Bayi

Tips Traveling dengan Bayi - Membawa Gendongan Bayi

Tips traveling dengan bayi yang ketiga adalah membawa gendongan bayi. Gendongan bayi traveling akan sangat membantu untuk membuat si kecil merasa nyaman saat traveling. Pilih gendongan bayi yang kuat untuk mengajak si kecil jalan-jalan. Membawa gendongan bayi akan mengurangi kemungkinan lehermu pegal-pegal saat traveling bersama si kecil, sekaligus akan membuat bayi nyaman sehingga tidak rewel dalam perjalanan.

  1. Membawa Stroller

Tips Traveling dengan Bayi - Stroller

Sebenarnya kamu bisa memilih salah satu untuk membawa gendongan bayi atau stroller. Namun, kamu juga bisa memilih untuk membawa dua-duanya apabila memungkinkan.

Jika kamu traveling naik pesawat bersama si kecil, kemungkinan maskapai menentukan batas ukuran bagasi kabin yang bisa kamu bawa naik pesawat. Apabila stroller bayi berukuran lebih besar dari ketentuan bagasi kabin yang diperbolehkan, bisa saja stroller jadi harus dimasukkan sebagai bagasi terdaftar. Jadi, jangan lupa untuk mempertimbangkan ukuran stroller bayi yang ingin kamu bawa sebagai salah satu perlengkapan traveling bayi.

  1. Membawa Mainan Bayi

Tips Traveling dengan Bayi - Mainan Bayi

Tentu saja, ada kalanya si kecil akan bosan dan rewel jika diajak traveling dalam waktu yang lama. Maka dari itu, pertimbangkan untuk membawa mainan yang bisa menghibur bayi saat berada dalam perjalanan. Bawa mainan bayi yang simpel seperti mainan karet atau boneka kecil. Sangat mudah, bukan?

  1. Pilih Tempat Duduk Paling Depan di Pesawat

Tips Traveling dengan Bayi - Tempat Duduk Paling Depan di Pesawat

No.6 ini adalah tips traveling dengan bayi yang harus kamu perhatikan jika ingin traveling bersama bayi dengan naik pesawat. Memilih tempat duduk paling depan di pesawat tentu memungkinkan kamu untuk mendapatkan ruang kaki yang lebih besar.

Jika tiba-tiba kamu membutuhkan ruang untuk mengganti popok bayi di pesawat, kamu bisa membaringkan bayi dengan alas kain bersih yang kamu bawa dari rumah. Kamu juga bisa memakai baby airplane seat agar bayi lebih nyaman saat diajak melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang.

  1. Mencari Penginapan yang Nyaman

Traveling dengan bayi memang butuh banyak persiapan khusus. Tidak ketinggalan, kamu juga harus memerhatikan penginapan yang nyaman untuk bayi agar si kecil merasa seperti di rumah. Hindari memesan penginapan di kota tujuan yang tidak sesuai dengan kebutuhan bayi, misalnya memesan penginapan dengan sharing room atau penginapan dengan lingkungan yang terlalu berisik.

Tips traveling dengan bayi yang terakhir ini menentukan kenyamanan bayi selama kamu ajak traveling, sehingga bayi tidak akan mudah rewel saat jalan-jalan bersama kamu dan pasangan. Untuk persiapan traveling bersama bayi, kamu bisa mencari penginapan yang nyaman dengan pesan hotel murah online di tiket.com.

Sebagai bahan pertimbangan, kamu bisa memilih destinasi wisata yang terdekat dahulu saat pertama kali traveling dengan bayi. Jika bayi ternyata mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru saat traveling, untuk selanjutnya kamu bisa membawa si kecil jalan-jalan ke destinasi yang berjarak lebih jauh dari destinasi saat traveling pertama.

Bagaimana, mudah bukan tips traveling dengan bayi di atas untuk diterapkan?

Buat kamu yang sedang menunggu kelahiran buah hati, kamu juga bisa membaca artikel Syarat Ibu Hamil Naik Pesawat sebagai panduan buat kamu yang ingin traveling saat sedang hamil.

Semoga jalan-jalanmu menyenangkan, ya!