,

9 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik, Buat Mudik-mu Aman dan Nyaman

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik – Bulan Ramadhan dan Hari Raya Lebaran memang selalu identik dengan yang namanya mudik lebaran. Sobat tiket yang memiliki kampung halaman, mudik saat lebaran tentu menjadi pertimbangan untuk kamu agar bisa bertemu sanak saudara, kan?

Namun, banyak diantara sobat tiket yang masih ragu untuk bisa pergi mudik lebaran. Bukan hanya soal tiket saja, tetapi juga soal keamanan rumah yang akan ditinggalkan. Memang, rumah kosong yang ditinggalkan untuk mudik seringkali menjadi objek kejahatan. Seperti pencurian barang-barang berharga misalnya.

Hal ini yang membuat kamu mempertimbangkan pergi mudik atau tidak? Kalau iya, kamu harus baca 9 tips meninggalkan rumah saat mudik berikut ini nih, sobat tiket. Supaya rumah tetap aman, dan mudik jadi tenang.

9 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Meninggalkan rumah untuk mudik memang seringkali menimbulkan dilema. Apalagi banyak nya kasus kejahatan yang terjadi akibat rumah yang kosong ditinggal pemilik. Namun, ada cara untuk meminimalisir tindak kejahatan seperti pencurian kok, sobat tiket, yang bisa kamu lakukan. Berikut ini 9 tips meninggalkan rumah saat mudik.

1. Kunci Semua Pintu dan Jendela

Mengunci pintu dan semua jendela yang ada di rumah menjadi perhatian penting untuk pemilik rumah sebelum pergi mudik. Pastikan kamu sudah mengunci semuanya dan jika diperlukan, kamu bisa menggunakan kunci tambahan seperti gembok untuk ruang-ruang penting di dalam rumah.

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Dengan memastikan semua pintu dan jendela sudah terkunci, maka kejadian tak diinginkan seperti masuknya pencuri akan terminimalisir. Jangan lupa untuk membawa semua kunci berharga yang kamu miliki, seperti kunci rumah ataupun kendaraan.

2. Jangan Tunjukkan Rumah Sedang Kosong

Menjadi sangat rawan apabila kamu menunjukkan bahwa keadaan rumah sedang kosong nih, sobat tiket. Seperti lampu yang menyala atau mati sepanjang hari, halaman rumah yang sepi dan kotor, hingga pintu yang tergembok secara terang-terangan.

Hal ini memang tidak bisa kamu pungkiri ya, sobat tiket. Namun, ada cara yang bisa kamu lakukan kok untuk bisa mengatasi hal tersebut. Meminta bantuan pada kerabat atau tetangga yang tidak mudik untuk mengecek keadaan rumah, bisa menjadi salah satu solusinya.

3. Cabut Aliran Listrik dan Gas

Jangan sampai terlupa apalagi diabaikan ya, sobat tiket. Tips meninggalkan rumah saat mudik yang satu ini penting untuk kamu perhatikan. Saat ingin meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama, pastikan aliran listrik dan gas sudah tercabut.

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Mencabut listrik atau kabel dari stop kontak bisa menghindari resiko terjadinya kebakaran akibat korsleting listrik. Jadi sebaiknya, cabut kabel dari perangkat elektronik yang tidak terpakai selama kamu pergi.

Jangan lupa juga untuk mencabut selang regulator pada tabung gas ya, sobat tiket. Hal ini berguna untuk menghindari terjadinya resiko kebocoran gas selama kamu pergi.

4. Pasang Lampu Otomatis

Tips meninggalkan rumah saat mudik satu ini hanya sekedar opsi untuk kamu ya, sobat tiket. Mengingat kamu tidak akan mungkin mengatur mode lampu mati atau nyala di waktu tertentu, maka lampu otomatis sangat membantu kamu.

Biasanya, lampu otomatis bisa mendeteksi pencahayaan kapan harus mati dan menyala. Sehingga keadaan rumah yang kosong tidak akan kentara dari luar. Pasang lampu otomatis di beberapa tempat seperti lampu teras rumah, ruang tengah, ataupun kamar yang terlihat dari arah luar.

5. Lapor Pada RT dan Satpam Setempat

Sesaat sebelum pulang kampung, kamu bisa melapor terlebih dahulu nih, sobat tiket, ke RT, RW dan Satpam setempat. Hal ini tentunya sangat berguna untuk kamu, ketika sedang mudik untuk beberapa waktu lamanya.

Sehingga, RT, RW, dan Satpam di tempat tinggal kamu bisa memberikan pengawasan untuk rumah kamu yang kosong. Jadi, saat ada kejanggalan yang terjadi di rumah kamu, bisa langsung ditindak lanjuti deh.

6. Titipkan Rumah Pada Orang yang Dipercaya

Apabila kamu enggan membayar seseorang untuk menjaga dan mengawasi rumah kamu selama mudik. Maka meminta bantuan kepada kerabat yang tidak ikut mudik bisa menjadi piliha terbaik.

Kamu juga bisa menitipkan kunci rumah kepada tetangga yang kamu percaya untuk sekedar mematikan dan menyalakan lampu. Dengan begitu, rumah kamu tidak akan terlihat seperti kosong dan dapat memancing kejadian yang tak diinginkan.

7. Simpan Barang Berharga di Tempat Aman

Apabila kamu memiliki barang-barang berharga yang disimpan di rumah, seperti perhiasan, sejumlah uang, kunci kendaraan cadangan, hingga surat-surat berharga. Sebaiknya simpan lah di tempat yang menurut kamu paling aman.

Apalagi untuk barang-barang yang tidak memungkinkan untuk dibawa saat kamu mudik nanti. Kamu bisa menyimpan nya di ruangan khusus, atau di tempat penyimpanan barang seperti brankas atau safety box.

8. Bersihkan Rumah Sebelum Pergi

Sebelum pergi mudik, jangan lupa untuk membersihkan rumah terlebih dahulu ya, sobat tiket. Hal ini tentunya akan tetap memberikan kenyamanan saat kamu kembali dari mudik nanti. Sehingga, tidak ada serangga, debu yang berlebih, hingga bau tidak sedap.

Untuk itu, penting untuk kamu menutup semua lubang pembuangan yang ada di rumah kamu, membuang sampah, dan juga membersihkan pekarangan rumah dari daun kering dan sebagainya.

9. Pasang CCTV

Tips meninggalkan rumah saat mudik yang terakhir adalah dengan memasang CCTV atau alarm kebakaran. Fungsi dari pemasangan CCTV tentunya agar kamu tetap dapat memantau keadaan rumah kamu meskipun sedang berada jauh dari rumah.

Sekarang ini sudah banyak CCTV yang dapat terkoneksi dengan smartphone kok, sobat tiket. Jadi, kamu hanya perlu memantau dari layar smartphone kamu mengenai keadaan di dalam rumah ataupun di sekitar rumah.

Pastikan Rumah Aman Saat Mudik

Saat mudik tiba, tentu banyak serangkaian hal yang perlu kamu persiapkan. Selain tiket mudik, keamanan rumah yang akan kamu tinggal selama beberapa hari juga sangat penting. Sehingga, saat berada di kampung halaman nanti, kamu tidak merasa was-was deh, sobat tiket.

Bukan hanya 9 tips meninggalkan rumah saat mudik yang perlu untuk kamu perhatikan, namun begitu juga dengan info mudik lebaran yang tidak kalah pentingnya. Jadikan mudik lebaran kamu dan keluarga di tahun ini menjadi berkesan dan tetap aman ya, sobat tiket.