Liburan di Bali Nyepi

,

Tips Liburan di Bali Saat Sedang Merayakan Hari Raya Nyepi

Apakah sobat tiket sudah tahu kalau di awal bulan Maret ini kita akan merayakan harpitnas? Betul sekali! Kamis tanggal 7 Maret 2019 merupakan libur nasional dalam rangka merayakan hari raya Nyepi. Sedangkan harpitnas akan kita rayakan pada hari Jumat, 8 Maret.

Mungkin beberapa dari sobat tiket sudah mengajukan cuti dan juga merencanakan liburan di tanggal tersebut. Mungkin juga beberapa dari kalian menentukan Pulau Bali sebagai tujuan wisata yang ingin dikunjungi. Benar?

Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Bali saat Nyepi

Nah, bagi kamu yang ingin liburan ke Pulau Bali pada momen hari raya Nyepi, maka ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu agar kamu tidak salah dan mengganggu kekhidmatan dari warga Bali yang sedang merayakannya.

Pertama, kamu tidak diperbolehkan untuk keluar dari rumah atau hotel selama 24 jam, mulai dari tanggal 7 hingga tanggal 8 Maret. Kemudian, kamu juga tidak diperbolehkan membuat kegaduhan selama hari raya Nyepi.

Tapi tenang saja, masih ada beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan tanpa mengganggu prosesi sakral, kalau liburan kamu ke Pulau Bali bertepatan dengan hari raya Nyepi. Mau tau apa saja? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Upacara Melasti

Liburan di Bali Nyepi

Jika kamu kebetulan datang ke Bali 2 atau 3 hari sebelum hari raya Nyepi, maka kamu bisa menyaksikan upacara adat yang disebut dengan Melasti. Upacara ini diadakan dua hari sebelum Nyepi dengan bersembahyang di pinggir pantai.

Upacara Melasti adalah upacara yang dilakukan untuk mensucikan diri dalam rangka menyambut hari raya Nyepi. Upacara ini dilakukan oleh warga Bali untuk membuang “kotoran” dalam hidup dan menghanyutkannya di laut.

Dalam kepercayaan Hindu, air yang terdapat pada danau dan laut dipercaya sebagai air kehidupan karena sudah memberikan kehidupan pada semua makhluk. Oleh karena itu upacara ini dilakukan di tepian pantai.

2. Pawai Ogoh-Ogoh

Liburan di Bali Nyepi

Setelah menyaksikan upacara melasti, ada lagi satu kegiatan yang diadakan oleh warga Bali satu hari menjelang hari raya Nyepi. Kegiatan tersebut adalah pawai ogoh-ogoh. Bisa dibilang pawai ini adalah acara paling seru dalam rangkaian Nyepi di Bali.

Ogoh-ogoh merupakan sebuah patung yang digambarkan dengan bentuk yang besar dan menakutkan. Proses ini melambangkan pengusiran Butha Kala yang diibaratkan sebagai sebuah bentuk kejahatan.

Patung tersebut diarak keliling beberapa daerah di Bali sebelum akhirnya dibakar. Beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menyaksikan pawai ini salah satunya adalah di daerah Ubud. pawai ini biasanya sangat ramai oleh turis baik lokal maupun asing.

3. Ngobrol dengan Teman-Teman

Liburan di Bali Nyepi

Nah, begitu tiba hari raya Nyepi, kamu tidak diperbolehkan untuk keluar dari rumah atau hotel. Meskipun demikian masih ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Seperti contohnya, kamu masih bisa ngobrol sama teman-teman di kamar hotel. Tapi jangan terlalu berisik ya.

Kalian bisa ngobrol, curhat, main games, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan perbekalan yang bisa kalian nikmati selama di hotel. Sebelum Nyepi, kamu bisa membeli beberapa camilan seperti biskuit, snack, dan jajanan lainnya.

4. Nonton Film Series

Liburan di Bali Nyepi

Memang agak aneh kedengarannya. Kamu jauh-jauh datang ke Bali tapi malah diam di hotel nonton film. Tapi demi terlaksananya hari raya Nyepi yang sempurna dan menunjukkan toleransi antar umat beragama yang tinggi di Indonesia, maka kegiatan ini bisa jadi sangat masuk akal.

Dengan begitu pula sekarang kamu bisa memiliki waktu untuk menonton film series yang selama ini belum sempat kamu tonton. Kamu boleh bermalas-malasan seharian di kamar hotel sambil menonton film series dari episode pertama hingga akhir.

5. Baca Buku

Liburan di Bali Nyepi

Selain menonton film series yang panjang, kamu juga bisa memanfaatkan suasana Nyepi yang sangat tenang untuk membaca buku kesukaan kamu. Jadi, jangan lupa untuk membawa buku untuk dibaca ketika di Bali sedang merayakan hari raya Nyepi.

6. Menikmati Malam dan Melihat Bintang

Liburan di Bali Nyepi

Ketika hari sudah mulai gelap, kamu bisa keluar dari kamar hotel dan pergi ke area hotel yang terbuka seperti di pinggiran kolam renang, atau mungkin balkon kamar hotel jika ada. Dari situ kamu bisa menikmati suasana kota yang sangat sepi.

Karena tidak ada kendaraan yang berlalu-lalang di jalanan, udara di Bali juga menjadi lebih sejuk dan bebas polusi. Kesempatan tersebut bisa kamu manfaatkan dengan cara bersantai sambil memandangi langit malam yang penuh bintang.

7. Menikmati Fasilitas Hotel

Liburan di Bali Nyepi

Pada umumnya, hotel-hotel di Bali akan menyediakan paket menginap khusus di hari raya Nyepi sehingga kamu bisa menikmati beragam fasilitas yang ada dalam hotel dalam harga yang lebih terjangkau.

Fasilitas yang biasanya ditawarkan antara lain adalah spa, pijat, dan lain sebagainya. Karena pengunjung yang datang juga relatif lebih sedikit dari biasanya, maka kamu bisa menikmati fasilitas tersebut dengan lebih santai.

8. Omed-Omedan

Liburan di Bali Nyepi

Setelah kamu melalui hari raya Nyepi di hotel, di hari berikutnya adalah sebuah upacara khas Bali yang bisa kamu saksikan. Upacara tersebut disebut dengan omed-omedan di Banjar Kaja, Sesetan, Denpasar Selatan. Biasanya upacara ini dilakukan hingga pukul 5 sore waktu setempat.

Upacara ini melibatkan muda mudi yang berumur 17 hingga 30 tahun dan belum menikah. Dalam bahasa Bali, omed-omedan artinya adalah tarik-tarikan. Para peserta tersebut awalnya mengikuti persembahyangan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan muda mudi yang berhadapan sambil disiram air.

Lakukan Kegiatan Seru dan Tetap Saling Menghormati

Pada hari raya Nyepi, umat Hindu akan melakukan empat pantangan yakni amati karya (tak bekerja), amati lelungan (tak bepergian), amati geni (tidak menyalakan api), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang). Keempat pantangan tersebut dimulai pada pukul 6 pagi selama 24 jam hingga hari berikutnya.

Meskipun demikian, wisatawan yang tidak merayakan Nyepi tetap boleh beraktivitas seperti biasa selama tidak keluar rumah dan tidak membuat keributan. Nah, itu tadi 8 kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat sedang Nyepi. Setelah Nyepi selesai, kamu boleh jalan-jalan lagi ke berbagai daerah. Sebagai contohnya, kamu bisa kunjungi 10 pura indah di Bali.