tips belanja di Tanah Abang

,

Tips Belanja di Tanah Abang, Murah Meriah Nggak Bikin Kantong Jebol

Tanah Abang adalah surganya belanja barang murah di Jakarta. Pasar grosir yang terletak di Jakarta Pusat ini tak hanya menyediakan barang fashion secara grosiran lho. Sobat tiket juga bisa beli eceran juga biar bisa makin hemat.

Lalu bagaimana caranya berbelanja yang baik dan benar di Tanah Abang? Nah, supaya nggak salah strategi, tiket.com kasih contekannya buat kamu. Ayo simak tips belanja di Tanah Abang berikut ini.

Tips Belanja di Tanah Abang

Supaya sobat tiket semakin nyaman saat belanja di pasar Tanah Abang Jakarta, ada baiknya intip dulu delapan tips berikut ini.

1. Belanjanya di Hari Biasa Alias Weekdays

Sudah jadi rahasia umum apabila hari Sabtu dan Minggu itu adalah hari belanja se-Indonesia. Hal ini tak lain dan tak bukan karena Senin – Jum’at masyarakat Jakarta lebih disibukkan dengan aktivitas bekerja. Waktu paling pas untuk berbelanja bagi warga Jakarta kapan lagi kalau bukan hari libur, alias Sabtu dan Minggu.

Kamu yang belanja di hari Senin – Jumat biasanya akan dikenakan harga yang lebih murah. Usut punya usut, ini dikarenakan volume pembeli lebih sedikit, jadi para penjual mau menurunkan harga supaya barang cepat laku. Kamu juga bisa mendapat lebih banyak potongan harga kalau belinya dalam jumlah banyak.

Untuk menghindari padatnya pembeli, bisa juga kamu datang ke sini pada hari-hari biasa saat di tengah bulan. Biasanya tengah bulan itu adalah masa sepi pembeli karena momen tanggal tua alias belum gajian. Sobat tiket pun bisa lebih leluasa berbelanja tanpa harus berdesak-desakan.

2. Pagi Hari Adalah Waktu Terbaik Untuk Berbelanja

Pagi hari itu adalah waktu yang paling pas untuk berbelanja di Pasar Tanah Abang. Selain pengunjungnya belum banyak, suasana pagi di Jakarta masih bisa dibilang sejuk. Kebayang kan harus berdesak-desakan saat suasana panas, belanja pun jadi kurang nyaman.

Alasan lain mengapa kamu disarankan untuk belanja pagi-pagi di Tanah Abang adalah faktor Lalu lintas. Lalu lintas di Jakarta saat pagi hari tidak terlalu padat, sehingga kamu pun bisa terhindar dari kemacetan yang parah. Biasanya nih kalau sudah kejebak macet duluan, mood belanja jadi turun.

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan saat berbelanja di pagi hari, yakni harga yang lebih murah. Para pedagang biasanya rela menjual barang dengan harga murah yang tujuannya sebagai ‘penglaris’. Mau banget kan dapat harga murah!

3. Belanja di Dalam Pasar Blok A dan Blok B

tips belanja di Tanah Abang
Sumber: Shutterstock.com

Seperti kata pepatah, semakin ke dalam pasar biasanya harga barang-barang pun akan semakin murah. Begitupun yang terjadi di pasar Tanah Abang. Semakin ke dalam pasar, barang-barang yang dijual biasanya harganya lebih rendah daripada yang dijual di bagian depan.

Oleh karena itu, berbelanjalah di pasar Tanah Abang blok A atau blok B. Blok bagian depan yang mudah dikunjungi pembeli biasanya fokus dengan barang eceran, sehingga harganya sedikit lebih mahal. Kalau sobat tiket berniat beli barang dalam jumlah banyak, maka Blok A dan Blok B adalah tempatnya.

Setelah sampai di pasar Tanah Abang, segeralah melipir ke bagian belakang untuk menemukan pedagang yang menjual barangnya dengan harga murah. Hitung-hitung olahraga juga bukan. Badan ramping karena banyak gerak, hati pun bahagia.

4. Gunakan Sepatu yang Nyaman Saat Berbelanja

Berhubung sobat tiket akan banyak berjalan kaki saat berbelanja, ada baiknya kamu menggunakan alas kaki yang nyaman. Hindari menggunakan sepatu atau alas kaki yang memiliki tumit tinggi supaya betis tidak cepat pegal.

Sobat tiket bisa menggunakan sepatu flat atau hak datar supaya tidak cepat lelah. Pakai sepatu kets atau sneakers juga boleh, Sepatu tertutup ini bisa menghindarkan kaki kalian dari injakan pengunjung apabila suasana pasar sedang padat dan berdesak-desakkan.

5. Pergunakan Tas Pinggang Supaya Tidak Mudah Dicopet Orang

Ini adalah salah satu tips penting bagi sobat tiket yang hendak berbelanja ke pasar Tanah Abang. Berhubung kejahatan bisa terjadi kapan saja, sobat tiket disarankan untuk membawa uang dengan hati-hati. Bawalah uang sesuai dengan kebutuhan, dan jangan lupa menaruhnya di tas pinggang supaya mudah diraih.

Ingat, arahkan tas pinggang ini ke bagian depan supaya lebih mudah diawasi. Dilarang keras untuk menaruh tas pinggang ataupun tas apapun di bagian belakang tubuh, sebab bisa menjadi sasaran empuk bagi para pencopet. Amankan barang-barang yang dibawa semaksimal mungkin.

Sobat tiket juga sebaiknya hindari menggunakan perhiasan berlebih saat berbelanja ke pasar Tanah Abang. Kamu pastinya tidak mau jadi sasaran bagi para penjambret perhiasan bukan? Tinggalkan saja perhiasan seperti gelang dan kalung emas di rumah supaya lebih aman ya.

6. Belilah Barang dalam Jumlah Banyak

Mumpung kamu punya waktu ke Tanah Abang, sobat tiket, rugi banget rasanya kalau kamu cuma beli barang dalam partai kecil. Lebih baik sobat tiket beli banyak dalam partai besar supaya potongan harga yang didapatkan juga berlipat.

Beberapa penjual memang ada yang tidak menjual barangnya secara eceran, namun kamu bisa mengakalinya dengan membeli secara seri. Kamu boleh kok beli hanya setengah seri pakaian, bahkan seperempat seri. Hal ini disesuaikan saja dengan bujet yang kamu miliki.

Jangan lupa untuk mengecek kualitas barang sebelum membeli ya, karena memang ada harga pastinya ada kualitas barang. Semakin mahal harganya, biasanya kualitasnya juga semakin bagus. Jangan hanya mengejar harga murah, maka kamu melupakan kualitas barang yang dibeli.

7. Lakukan Tawar Menawar Sewajarnya

Hal yang lumrah apabila pembeli ingin mendapat barang yang bagus dengan harga yang serendah-rendahnya. Namun, bukan berarti kamu boleh sadis ya nawarnya. Kasihan juga kan penjualnya kalau sampai tidak mendapat untung, ujung-ujungnya malah bikin mereka tersinggung. 

Kamu bisa melakukan teknik menawar dari separuh harga yang ditawarkan kemudian naik hingga sepertiga dari harga penawaran sebelumnya. Saat menawar, sobat tiket bisa bilang kepada penjual bahwa akan menjadi langganan kedepannya kalau penjual mau melepas barangnya dengan harga murah. 

Jangan lupa catat alamat toko dan simpan nomor kontaknya setelah kamu sukses menawar dengan harga yang jauh lebih murah daripada yang ditawarkan. Nggak ada salahnya bukan kembali ke toko yang sudah memberimu diskon besar. 

8. Gunakan Transportasi Publik Saat Menyambangi Tanah Abang

tips belanja di Tanah Abang
Sumber: Shutterstock.com

Berhubung biaya parkir itu mahal saat di mall, terlebih belanja ke Tanah Abang bisa bikin kamu lupa waktu. Tak ada salahnya kalau kamu pergi ke sana menggunakan transportasi publik seperti TransJakarta, KRL, ataupun Angkot. 

Sobat tiket yang ingin ke Tanah Abang menggunakan TransJakarta bisa menggunakan koridor Stasiun Gondangdia – Tanah Abang atau Kampung Melayu – Tanah Abang. Bus Transjakarta ini beroperasi mulai pukul 5 pagi hingga pukul 10 malam. Jadi tidak ada alasan lagi tidak bisa datang pagi ke Tanah Abang karena sarana transportasi sudah tersedia selepas Subuh. 

Wujudkan Belanja Seru di Tanah Abang Jakarta!

Penasaran dengan murahnya barang-barang di pasar Tanah Abang? Kenapa tidak langsung ke sana saja? Sobat tiket yang berasal dari luar kota bisa pesan tiket kereta ke Jakarta di tiket.com.

Tak hanya Tanah Abang, banyak wisata belanja lain yang bisa kamu kunjungi di Jakarta lho. Salah satunya pasar yang menjual barang antik di Jakarta. Jangan lupa mampir! Dijamin wisata belanja kamu pun semakin seru!