Pasar Barang Antik Jakarta
Sumber: Shutterstock

,

7 Tempat Berburu Barang Antik di Jakarta, Cocok untuk Kolektor!

Salah satu agenda yang tidak bisa dihilangkan kalau mau pelesiran ke Jakarta adalah belanja. Puluhan mal di ibu kota siap dijelajahi sampai puas. Mau beli produk fashion atau gadget yang murah hingga merek terkenal? Semuanya ada dan siap dipilih sesuai bujet.

Selain mal megah yang berisi produk bermerek, Jakarta juga punya sentra barang antik loh, sobat tiket. Kamu bisa belanja aneka produk yang sudah jadul, unik, dan kadang susah ditemukan di tempat lain. Tertarik untuk shopping ke sini?

Sentra Barang Antik yang Terkenal di Jakarta

Kalau sobat tiket ingin berburu barang antik yang unik, menarik, dan bisa digunakan untuk pajangan di rumah, Jakarta adalah gudangnya. Berbagai produk vintage seperti guci, lampu, hiasan, hingga lempengan hitam pun ada. Ayo, simak daftarnya di bawah ini!

1. Berburu Aneka Pakaian Lawas di Pasar Senen

Warga ibukota mengenal Pasar Senen sebagai pusatnya fashion jadul yang nyentrik. Meski pakaian di sini tergolong second hand alias bekas, kualitasnya masih oke loh, sobat tiket. Bahkan, banyak produk berusia puluhan tahun yang masih layak pakai.

Kalau kamu ingin mencari pakaian vintage era 70-an sampai awal 2000-an, semuanya ada di sini. Sebelum membeli pastikan untuk memilih dengan baik dan harus jeli. Perhatikan jahitannya apakah ada yang lepas atau sobek.

Selain pakaian, Pasar Senen juga menjual aneka jaket lawas dan juga sepatu unik seperti sepatu boots dengan heels tinggi. Sobat tiket bisa datang Pasar Senen pagi hingga siang hari karena mayoritas penjual akan tutup pada pukul 17.00 WIB.

Alamat Pasar Senen: Jl. Stasiun Senen No. 101, RW. 3, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

2. Gudang Buku Langka, Blok M Square

Blok M
Sumber: Shutterstock

Bagi pencinta buku, bisa menemukan novel lawas atau koleksi komik langka yang sudah dicari-cari adalah momen yang nyenengin banget. Oleh karena itu, saat pelesiran ke Jakarta jangan lupa untuk mengunjungi Blok M Square khususnya bagian lantai dasar.

Tempat ini menjajakan buku bekas yang kualitasnya masih baik. Kalau sobat tiket jeli dan tidak capek untuk menyisir, buku-buku langka juga bisa kamu temukan di sini. Ada koleksi majalah dan tabloid lawas juga dijual dalam bentuk bundel besar.

Kemampuan menawar barang sangat dibutuhkan kalau ingin berbelanja di sini. Kalau sobat tiket bisa menawar dengan harga bagus, barang-barang langka yang kamu inginkan bisa diborong semuanya. Seru banget, kan?

Alamat Blok M Square: Jl. Melawai 5 No. 3, RW. 1, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

3. Menyisir Galeri Antik di Jalan Ir. H. Juanda, Ciputat

Sobat tiket bisa menemukan deretan galeri antik yang menjual produk kuno di sepanjang Jalan Ir. H. Juanda, Ciputat. Sebagian besar galeri yang ada di sini menjual aneka ukiran kayu tradisional hingga produk mebel yang berusia puluhan tahun.

Sobat tiket yang hobi mengoleksi benda-benda kuno seperti keris, perangko, hingga perabot masa lalu, semuanya juga ada di sini. Benda antik berusia ratusan tahun pun dijual di beberapa galeri dengan harga cukup tinggi. 

Sebelum meluncur ke jalan ini pastikan membawa uang yang cukup karena akan tergoda untuk mengoleksi benda-benda yang sangat unik dan punya nilai tinggi. Kamu harus jeli saat melihat, mengenali benda yang dijual, dan pintar menawar.

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda, Cempaka Putih, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten.

4. Pusat Dekorasi Rumah yang Unik, Pasar Taman Puring

Pasar Taman Puring
Sumber: Shutterstock

Pasar Taman Puring cocok untuk sobat tiket yang suka melakukan dekorasi rumah. Banyak produk antik seperti guci, telepon jadul yang masih pakai nomor putar, hiasan meja, hingga lampu gantung besi yang memiliki ukiran unik.

Mengingat jenis barang antik yang dijual ada banyak dan kemungkinan ada yang imitasi, usahakan memilih dengan hati-hati. Sobat tiket bisa mengajak teman yang lebih paham dengan barang antik agar bisa lebih mudah membedakan mana yang asli dan palsu.

Selain barang antik, kamu juga bisa berbelanja produk lain seperti sepatu formal, kets, dan olahraga. Layanan ganti lensa kamera baru dan bekas juga tersedia sehingga kamu bisa melakukan banyak hal saat menjelajahi Pasar Taman Puring.

Alamat Pasar Taman Puring: Jl. Kyai Maja, RT. 7, RW. 1, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

5. Belanja Sambil Ngemil Jajanan di Cemal-Cemil

Di Jakarta ada satu tempat bernama Cemal-Cemil yang menjual produk antik dan jajanan tradisional. Jadi kamu bukan cuma bisa belanja barang aja, tapi juga jajanan tempo dulu yang sudah sulit ditemukan di banyak tempat.

Berbagai cemilan jadul seperti kuping gajah hingga gulali tersedia di sini. Sobat tiket bisa membawa pulang untuk oleh-oleh atau dimakan langsung di sana sambil menikmati dekorasi toko yang unik dan instagenic.

Benda unik khas 70-an hingga 90-an yang dijual di sini adalah mainan dari kayu, kapal sabun kecil yang bisa dinyalakan dengan lilin, dan berbagai produk dapur yang terbuat dari kayu. Semuanya bisa kamu borong loh, sobat tiket!

Alamat Cemal-Cemil: Jl. Kemang Selatan I No.20, Kemang, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

6. Surganya Kolektor Barang Antik, Jalan Surabaya

Jalan Surabaya
Sumber: Shutterstock

Kawasan Menteng memang dikenal sebagai kawasan perumahan elit. Tapi, di sekitar Jalan Surabaya ada kumpulan pedagang barang antik yang jumlahnya ratusan. Sobat tiket bisa loh jalan-jalan di sekitar ini untuk sekadar melihat produk antiknya.

Mulanya kawasan Jalan Surabaya ini hanya gang biasa. Namun, sejak tahun 1975 pada penjual barang antik mulai berdatangan dan berkumpul seperti pasar. Tepat pada tahun 1988, tempat ini jadi sangat ramai dan resmi jadi sentra barang antik.

Jenis barang antik yang ada Jalan Surabaya cukup beragam. Sobat tiket bisa membeli aneka guci atau hiasan meja yang jadul. Selain itu kaset dari penyanyi lawas, gramofon yang susah dicari, hingga lempengan hitam juga bisa kamu dapatkan. 

Alamat: Jl. Surabaya, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

7. Menawar Seru di Jembatan Item Jatinegara

Para pedagang barang seken di Jembatan Item Jatinegara ada banyak. Mereka memenuhi area trotoar sepanjang 2 kilometer. Barang seken yang dijual sangat beragam mulai dari keperluan rumah tangga, pakaian, sampai kaset pita, dan tustel lawas yang masih berfungsi.

Karena barang yang dijual seken dan lebih banyak produk sehari-hari, berhati-hatilah saat memilih. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi peralatan yang diinginkan sebelum dibeli. Kalau udah ketemu yang dibutuhkan, sobat tiket bisa menawar harganya.

Alamat Jembatan Item: Jalan Jatinegara Timur I RT. 8, RW. 4, hingga ke RT. 10, RW. 2, Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Belanja Barang Antik Sambil Pelesiran

Berburu barang antik memang memberikan kepuasan tersendiri, apalagi kalau bisa menemukan sesuatu yang unik dan bisa dijadikan sebagai salah satu koleksi. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan berburu seru ini saat pelesiran ke Jakarta, ya sobat tiket. Butuh waktu lebih lama di Jakarta untuk bisa mendatangi semua tempat di atas? Kamu bisa dengan mudah pesan hotel murah di Jakarta melalui tiket.com!