FEATURE
Sumber: Shutterstock.com

,

Mau Liburan Bersama Keluarga di Jogja, Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata yang Paling Cocok

Momen berlibur bersama anak pastinya tidak akan terlupakan. Di tengah kesibukan pekerjaan sebagai orang tua, kesempatan untuk bersantai bersama keluarga biasanya jarang bisa didapatkan. Dibutuhkan sedikit upaya supaya liburan impian bisa diwujudkan segera.

Jogja adalah salah satu destinasi wisata yang cocok untuk berlibur bersama anak dan keluarga. Kota ini memiliki sejumlah tempat wisata berkonsep edukatif yang menarik untuk dieksplorasi. Selain itu, ada pula beberapa objek wisata yang menawarkan berbagai opsi aktivitas seru.

10 Tempat Wisata Ramah Anak di Jogja

Di kalangan wisatawan, Jogja adalah destinasi yang hits dan populer. Namun, bukan hanya untuk orang dewasa, anak-anak pun dapat bersenang-senang di kota ini. Nah, sebagai rekomendasi bagi kamu, berikut 10 tempat wisata ramah anak yang bisa kamu kunjungi.

1. Tebing Breksi dengan Dinding Berukir Indah

Tebing Breksi
Sumber: Shutterstock.com

Tebing Breksi terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Untuk mencapai tempat wisata ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit berkendara dari pusat kota. Namun, dari objek wisata Candi Prambanan, jarak Tebing Breksi hanya sekitar 15 menit.

Sebelum menjadi objek wisata, Tebing Breksi adalah kawasan pertambangan batu kapur. Tebing bekas galian tambang tersebut kemudian diukir sedemikian rupa sehingga menghasilkan hiasan dinding yang indah. Ukiran inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung.

2. The Lost World Castle, Objek Wisata di Utara Jogja

The Lost World Castle
Sumber: Shutterstock.com

Di Lereng Gunung Merapi, ada sebuah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, yaitu The Lost World Castle. Lokasinya di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan. Untuk mencapai tempat ini, kamu harus menuju ke arah utara sejauh 30 Km dari pusat kota.

Di The Lost World Castle, ada sebuah bangunan megah yang berbentuk seperti Benteng Takeshi. Ada pula sejumlah spot yang unik dan menarik lainnya yang cocok dijadikan sebagai latar berfoto. Salah satunya, Paradise Gate, tangga yang menjulang ke atas dan dilengkapi dengan sebuah gapura.

3. Taman Pintar Yogyakarta Sebagai Tempat Wisata Edukatif

Taman Pintar
Sumber: Shutterstock.com

Kamu wajib mengajak Si Kecil ke Taman Pintar saat liburan di Yogyakarta. Objek wisata ini memiliki sejumlah wahana yang seru untuk dieksplorasi. Beberapa di antaranya berada di dalam Gedung Oval. Di sini, kamu dapat mencoba Generator Pedal atau mengenal Zona Tata Surya.

Selain itu, di Taman Pintar Yogyakarta, kamu juga dapat mengajak anak untuk belajar melukis gerabah, melihat atraksi air menari, mengenal hewan air di akuarium air tawar, dan berbagai aktivitas seru lainnya. Selain bermain, di tempat ini anak dapat belajar berbagai pengetahuan menarik.

4. Bersenang-senang di Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark
Sumber: Shutterstock.com

Sindu Kusuma Edupark adalah tempat rekreasi yang dibangun pada 2014 lalu. Di kawasan seluas 7 hektare tersebut, ada sejumlah wahana bermain yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. 

Salah satu yang paling terkenal adalah wahana Cakra Manggilingan. Tinggi wahana ini adalah 48 meter. Cakra Manggilingan adalah bianglala paling besar dan tinggi di Indonesia hingga saat ini. Ada 28 kapsul yang berputar di porosnya, masing-masing dapat diisi oleh 4 orang.

5. Bermain Air di Jogja Bay Waterpark

Ingin bersenang-senang sambil bermain air dengan anak? Datang saja ke Jogja Bay Waterpark yang terletak di Jalan Utara Stadion, Maguwoharjo. Ada berbagai wahana seru yang akan memberikan pengalaman baru bagi kamu dan seluruh anggota keluarga di sini.

Jogja Bay Waterpark adalah wahana bermain air yang paling besar di Asia Tenggara. Didesain dengan konsep perkampungan ala bajak laut Eropa dan nuansa Tropical Lust, Jogja Bay sangat menarik. Kamu bisa datang ke objek wisata ini mulai pukul 08.00 hingga 18.00 tiap hari.

6. Menikmati Keseruan Bermain di Kids Fun Yogyakarta

Hingga saat ini, ada sekitar 23 wahana yang tersedia di Kids Fun Yogyakarta. Beberapa di antaranya adalah Aqua Bike, Bumper Car, Kereta Ulat, Flying Fox, dan Funny Boats. Tiap wahana dirancang semenarik mungkin serta dilengkapi dengan standar keamanan.

Kids Fun Yogyakarta buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00. Untuk menikmati berbagai keseruan di tempat wisata yang berlokasi di Jl. Wonosari Km 10 ini, kamu perlu membayar tarif masuk sebesar Rp85.000 hingga Rp105.000 per orang*.

7. Mengenalkan Anak Pada Binatang di Kebun Binatang Gembira Loka

Ajaklah Si Kecil untuk berkenalan dengan berbagai jenis binatang di Kebun Binatang Gembira Loka. Objek wisata ini terletak di Jl. Kebun Raya No. 2, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede. Kebun Binatang Gembira Loka buka tiap hari, termasuk pada weekend dan hari libur nasional.

Mengajak anak untuk berkunjung ke kebun binatang pasti akan sangat menyenangkan. Selain dapat belajar tentang seluk-beluk makhluk hidup, kamu juga dapat mengajak anak untuk menikmati berbagai wahana permainan air yang tersedia.

8. Berpose di Upside Down World yang Unik

Upside Down World merupakan objek wisata yang unik dan berbeda dari yang lain. Di sini ada sejumlah spot dengan desain rumah yang terbalik. Mulai dari ruang tamu, kamar tidur, hingga dapur, didesain sedemikian rupa sehingga tampak seperti aslinya.

Upside Down World berlokasi di Jl. Ring Road Utara, Puyeran, Maguwoharjo. Untuk menikmati sensasi berbeda di tempat wisata ini, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp80.000 (dewasa) dan Rp40.000 (anak-anak)*.

9. Jalan-Jalan Sore di Taman Pelangi

Nikmati keindahan sore hari bersama keluarga di Taman Pelangi yang terletak di kawasan Monumen Jogja Kembali. Disebut Taman Pelangi karena tempat ini menyajikan keindahan lampion berwarna-warni. Selain menikmati suasana, kamu juga dapat berwisata kuliner di tempat ini.

Taman Pelangi buka tiap hari mulai pukul 17.00 hingga 22.00. Untuk masuk ke area taman, kamu harus membayar biaya masuk sebesar Rp15.000-Rp20.000 per orang*. Tempat wisata ini cocok bagi anak-anak karena tersedia area playground yang seru.

10. Mengenal Koleksi Pesawat di Museum Dirgantara Mandala

Ingin melihat-lihat berbagai koleksi pesawat yang dimiliki oleh Angkatan Udara Indonesia? Kamu bisa berkunjung ke Museum Dirgantara Mandala. Museum ini menyimpan sejumlah pesawat tempur beserta replikanya. Bukan hanya produksi luar negeri, tetapi juga produksi dalam negeri.

Museum Dirgantara Mandala ini terletak di kompleks Pangkalan Udara Adisutjipto, sekitar 6 Km dari pusat kota Jogja. Museum dibuka pada 08.30-15.00 tiap hari. Sementara itu, tiket masuk ke dalam museum adalah Rp3.000 per orang*.

Nikmati Momen Istimewa Bersama Anak

Bagi kamu yang sering disibukkan dengan urusan pekerjaan, tidak ada salahnya meluangkan waktu sejenak untuk berlibur bersama anak dan keluarga. Kamu dapat mengajak anak untuk bersenang-senang di sejumlah tempat wisata ini.

Supaya perjalanan wisata lebih aman dan nyaman, kamu harus mempersiapkan diri dengan matang. Salah satunya dengan memesan tiket pesawat di tiket.com. Di sini, kamu dapat menikmati layanan penjualan tiket yang mudah dan praktis. Bahkan, kamu pun bisa mendapatkan promo terbaik pada momen-momen khusus. Jadi, ayo ajak Si Kecil berlibur ke Jogja sekarang.

*harga saat artikel dibuat