Tempat Wisata di Bintan - featured wonderful Indonesia

,

11 Tempat Wisata di Pulau Bintan yang Menakjubkan

Nama Pulau Bintan pastinya udah nggak asing lagi di telinga para pecinta wisata, terutama bagi mereka yang sering mengunjungi kawasan Provinsi Kepulauan Riau. Pulau Bintan yang merupakan pulau tempat Kota Tanjungpinang berada ini memang punya pesona luar biasa yang bikin turis terkagum-kagum, Sobat Tiket. Ada banyak tempat wisata di Pulau Bintan yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan liburan bersama teman atau orang tercinta kamu.

Kalau Sobat Tiket punya ide buat liburan ke Pulau Bintan, simak deh 11 tempat wisata di Pulau Bintan yang keren banget di bawah ini.

11 Tempat Wisata di Pulau Bintan yang Keren Banget

  1. Teluk Lagoi

Tempat Wisata di Pulau Bintan - Teluk Lagoi

Tempat wisata di Pulau Bintan pertama yang harus kamu datangi saat berwisata ke sana adalah Teluk Lagoi. Teluk Lagoi atau Lagoi Bay yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan ini punya keindahan yang tiada duanya, Sobat Tiket. Pemandangan alam di Teluk Lagoi menjadi semakin memikat karena adanya Sungai Sebong, hutan bakau, dan tentu saja hamparan pasir putih sejauh mata memandang. Kamu mau juga nggak berkunjung ke tempat wisata di Bintan yang satu ini, Sobat Tiket?

  1. Gunung Bintan

Meskipun Pulau Bintan sangat terkenal dengan keindahan nuansa pesisirnya, Gunung Bintan yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Bintan ini memiliki puncak setinggi 340 meter dari permukaan laut. Kamu bisa menemukan air terjun yang cantik saat mendaki Gunung Bintan. Buat kamu yang hobi mendaki, kamu pasti bakal merasa tertantang untuk mendaki Gunung Bintan. Nggak cuma itu, jika kamu datang ke kawasan Gunung Bintan saat bulan Juli-Agustus, kamu berkesempatan untuk mencicipi durian asli Pulau Bintan yang menggoda selera.

  1. Crystal Lagoon

Tempat Wisata di Pulau Bintan - Crystal Lagoon

Ini nih tempat wisata di Pulau Bintan super fenomenal yang udah jadi buah bibir banyak masyarakat dunia. Crystal Lagoon adalah bagian dari Treasure Bay, kota resort di tepi pantai yang dibangun megah di Pulau Bintan. Crystal Lagoon adalah sebuah kolam raksasa berukuran 800 meter. Airnya berwarna biru dan sebening kristal. Selain bisa memuaskan diri dengan berenang, kamu juga bisa mencoba beberapa wahana permainan air yang menarik banget buat dicoba di Crystal Lagoon. Nah, makin penasaran banget kan buat berkunjung ke tempat wisata di Pulau Bintan ini, Sobat Tiket?

  1. Bintan Mangrove

Pesona hutan mangrove selalu bisa menjadi destinasi wisata andalan untuk melepas penat. Begitu pula dengan pesona wisata hutan mangrove yang pastinya memikat para wisatawan untuk menyusurinya. Kamu bisa menyibak hijaunya hutan mangrove dengan menaiki perahu kecil menyusuri Sungai Sebong. Ada tiga zona alias kawasan berbeda yang menyusun Bintan Mangrove, yaitu zona atau kawasan asin, tawar, dan payau. Kamu tertarik untuk menyusuri tempat wisata di Pulau Bintan yang keren banget ini juga nggak, Sobat Tiket?

  1. Pantai Trikora

Tempat Wisata di Pulau Bintan - Pantai Trikora

Salah satu pesona Pulau Bintan yang udah terkenal banget sampai ke mancanegara adalah Pantai Trikora. Konon kabarnya, Pantai Trikora dinamai demikian karena nama tersebut merupakan singkatan dari Tri Komando Rakyat, dan pantai ini disebut sebagai pusat pertahanan wilayah Indonesia yang terluar pada masa pemerintahan Ir. Soekarno. Pantai Trikora adalah sebuah pantai dengan air yang jernih dan pemandangan pepohonan hijau yang indah. Ombak di Pantai Trikora juga nggak terlalu besar sehingga kamu bisa berenang di kawasan pesisir Pulau Bintan yang cantik ini.

  1. Pulau Penyusuk

Berlokasi dekat dengan Pulau Bintan, Pulau Penyusuk menjadi salah satu pesona wisata yang membuat turis berbondong-bondong datang ke Pulau Bintan. Pulau Penyusuk adalah sebuah pulau yang bisa dicapai dengan 40 menit perjalanan melalui laut dari Pantai Trikora Satu, Bintan. Pantai di Pulau Penyusuk merupakan pantai dengan garis pantai sepanjang 5 km yang berbentuk seperti huruf U terbalik. Tentunya, keindahan Pulau Penyusuk juga nggak terlepas dari keberadaan banyak bebatuan granit besar yang membuat pemandangan pantai di pulau ini terlihat berbeda dari pantai yang lainnya.

  1. Bukit Pasir Busung

Tempat Wisata di Bintan - Bukit Pasir Busung

Pulau Bintan punya sebuah gurun pasir menarik yang merupakan bekas penambangan bauksit. Warga di sekitar tempat wisata di Bintan ini menyebut bukit pasir mirip gurun ini sebagai Bukit Pasir Desa Busung. Yang menjadikan bukit pasir ini menarik adalah warnanya yang berkilau keemasan saat matahari bersinar terik. Tentu saja, tempat wisata di Pulau Bintan ini sangat cocok untuk kamu yang suka berfoto ria, kemudian mem-posting di Instagram. Dijamin deh, followers kamu bakalan takjub dengan keindahan Bukit Pasir Busung yang menjadi latar belakang fotomu.

  1. Telaga Biru Bintan

Tempat Wisata di Pulau Bintan - Telaga Biru

Nggak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Bintan tapi nggak sempat berkunjung ke Telaga Biru Bintan. Tegala Biru Bintan ini berlokasi di Dusun Busung, Kecamatan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Birunya air Telaga Biru Bintan dikepung oleh hamparan pasir dengan luas 6.000 hektar. Kebayang kan, kayak apa kerennya tempat wisata di Bintan yang satu ini, Sobat Tiket?

  1. Senggarang

Kamu ingin tahu seperti apa kehidupan masyarakat etnis Tionghoa di Pulau Bintan? Kalau memang kamu penasaran, sebaiknya kamu menyempatkan diri untuk berkunjung ke Desa Senggarang di Tanjungpinang. Di Senggarang ada sebuah kelenteng tua yang menyimpan sejarah panjang. Penduduk setempat juga percaya bahwa Senggarang merupakan lokasi awal penduduk China bermigrasi ke kawasan Kepulauan Riau di masa lalu. Yang membuat unik, Kelenteng Senggarang berlokasi di pinggir laut sehingga pemandangan sunset yang indah bisa kamu nikmati di sekitar tempat wisata di Pulau Bintan ini.

  1. Pulau Beralas Pasir (White Sands Island)

Tempat Wisata di Bintan - Pulau Beralas Pasir

Ini tempat wisata di Pulau Bintan yang nggak boleh lupa kamu kunjungi juga. Kayaknya nama Pulau Beralas Pasir yang disematkan pada pulau cantik yang satu ini sangat tepat, Sobat Tiket. Gimana nggak, hamparan pasir dengan jajaran pohon pinus tentunya bikin kamu betah sampai enggan untuk pulang. Di Pulau Beralas Pasir, kamu nggak cuma bisa jalan-jalan di tepi pantai aja. Kamu juga bisa melihat terumbu karang yang indah, melakukan tur keliling pulau, snorkeling, diving, bermain kano, atau melihat konservasi penyu. Kebayang kan bakalan sebetah apa kamu kalau jalan-jalan ke tempat wisata di Pulau Bintan ini, Sobat Tiket?

  1. Pulau Penyengat

Tempat Wisata di Pulau Bintan - Pulau Penyengat

Nggak jauh dari Kota Tanjungpinang, ada sebuah tempat wisata di Pulau Bintan unik yang disebut sebagai Pulau Penyengat. Memang benar, belum lengkap rasanya kalau kamu datang ke Pulau Bintan tapi nggak meluangkan waktu kamu buat menyeberang Laut Penyengat ke Pulau Penyengat ini. Salah satu ikon yang menakjubkan di Pulau Penyengat adalah Masjid Sultan Riau yang berdiri megah dengan bangunan berwarna kuning dan hijau. Siapa yang menyangka kalau Masjid Sultan Riau dibangun dengan bahan telur sebagai perekatnya. Wow!

Nah, itu tadi 11 tempat wisata di Pulau Bintan yang wajib kamu kunjungi saat liburan. Tentu aja, kalau mau liburan kamu nggak cuma harus memikirkan destinasinya saja, melainkan juga harus memikirkan penginapan selama berwisata di Pulau Bintan. Kamu bisa pesan hotel dekat Pulau Bintan di tiket.com untuk mendapatkan hotel terbaik yang kamu inginkan.

Persiapkan liburanmu sedetail mungkin, termasuk dengan memerhatikan Tips Packing Buat Kamu yang Doyan Jalan-Jalan.

Jadi, tempat wisata di Pulau Bintan manakah yang kamu pilih buat liburan, Sobat Tiket?