Tourist Attractions in Penang

,

8 Tempat Wisata di Penang Paling Diminati Turis Dunia

Tempat Wisata di Penang – Penang adalah salah satu destinasi wisata yang paling populer di Malaysia. Banyak sekali tempat wisata seru yang bisa kamu temukan di sini. Tak hanya itu, Penang juga dikenal memiliki banyak pilihan kuliner lezat yang bisa kamu cicipi.

Berbicara soal tempat wisata, Penang punya banyak koleksi seperti kuil, tempat bersejarah, museum, hutan lindung, serta deretan pantai yang sangat cantik. Semua tempat itu bisa membuat kunjungan kamu ke Penang semakin berkesan tentunya.

Wisata di Penang yang Tak Terlupakan

Kalau kamu datang ke Penang dengan waktu yang terbatas dan ingin tahu tempat mana saja yang harus dikunjungi, maka berikut ini tiket.com berikan beberapa referensinya. Di tempat-tempat tersebut kamu bisa merasakan suasana khas Penang yang sesungguhnya.

Selain itu, tempat wisata di Penang yang disebutkan di bawah ini juga bisa dikunjungi oleh semua orang, jadi kamu bisa mengajak teman atau keluarga kamu liburan ke tempat-tempat berikut ini. Langsung saja kita simak daftarnya ya.

1. Penang Hill

Tempat Wisata di Penang

Penang Hill adalah sebuah tempat yang berada di ketinggian sekitar 821 meter di atas permukaan laut. Tempat ini bisa jadi pilihan tempat yang sangat cocok kalau kamu ingin menikmati angin sejuk dari suasana perkotaan yang panas.

Dari atas Penang Hill, pada cuaca yang cerah kamu bisa melihat dengan jelas gunung Langkawi dan Kedah utara. Kemudian di malam hari, kamu juga bisa melihat pemandangan Georgetown yang dihiasi cahaya lampu. Super keren pastinya!

Banyak orang yang datang ke sini untuk menikmati udara sejuk bebas polusi dan pemandangan yang tiada duanya. Di sini kamu bisa juga jalan-jalan di bawah pepohonan yang tingginya mencapai 30 meter sambil memandangi burung liar yang beterbangan.

2. Cheong Fatt Tze Mansion

Cheong Fatt Tze Mansion merupakan rumah dari seorang pengusaha asal China di sekitar awal tahun 1890an. Bangunan ini menunjukkan arsitektur China terbaik pada abad ke-18 dan 19 di mana pembangunannya sangat mengutamakan desain feng shui.

Cheong Fatt Tze Mansion yang terletak di 14 Leith Street ini dibangun dalam waktu lebih dari tujuh tahun. Di dalam sini terdapat lima buah halaman dengan dasar berbahan granit, 38 kamar, 7 tangga, dan 22 jendela dengan kaca berwarna.

Kalau kamu cari tempat wisata di Penang yang instagramable, maka kamu bisa banget datang ke Cheong Fatt Tze Mansion ini. Warga di sekitar kawasan memanggil tempat ini dengan sebutan Blue Mansion.

3. Penang Bridge

Penang Bridge merupakan sebuah jembatan gantung yang panjangnya mencapai 13,5 kilometer. Jembatan ini menghubungkan Penang dengan daratan di Seberang Perai, serta merupakan salah satu ikon terkenal dari Penang.

Penang Bridge memang bukan tempat untuk melihat pemandangan, melainkan jembatan inilah yang jadi pemandangannya. Sebelum ada jembatan juga dikenal dengan sebutan Jambatan Pulau Pinang ini, dulunya orang menyebrang ke Penang harus menggunakan kapal ferry.

Jembatan ini adalah jembatan jalan toll terpanjang di Malaysia dan juga terpanjang keempat di Asia Tenggara. Untuk melewati Penang Bridge, kamu hanya akan membayar satu kali ketika memasuki kawasan Penang.

4. Penang Butterfly Farm

Penang Butterfly Farm yang berlokasi di Teluk Bahang ini merupakan salah satu destinasi wisata paling populer yang ada di Penang. Tempat ini pertama kali dibuka pada tahun 1986 dan hingga sekarang memiliki luas yang mencapai delapan hektar.

Penang Butterfly Farm adalah tempat penangkaran kupu-kupu yang memiliki banyak koleksi spesies yang bervariasi. Tak hanya itu, di sini juga ada banyak koleksi serangga lain yang bisa kamu pelajari.

Di dalam taman ini masih ada juga Tropical Fruit Farm yang merupakan kebun buah-buahan dengan lebih dari 250 jenis buah berbeda. Di sini kamu bisa temukan buah durian juga. Jangan lupa untuk mencicipi buah segar yang ada di situ ya.

5. Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si adalah kuil Buddha terbesar yang ada di Malaysia. Saking besarnya, kawasan ini dibagi menjadi tiga zona berbeda. Di bagian tengahnya terdapat kuil, taman, pagoda, dan empat paviliun dewa.

Kuil ini berada di atas sebuah bukit di Air Itam. bangunan ini sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu. Taman-taman yang ada di kawasan ini juga sangat cantik dan terawat sehingga kamu bisa bersantai sambil menikmati suasana yang sejuk.

6. Leong San Tong Khoo Kongsi

Khoo Kongsi juga merupakan salah satu destinasi wisata di Penang yang paling populer. Banyak wisatawan yang datang ke sini, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Semua ingin melihat betapa kerennya bangunan yang sudah dibangun sejak kira-kira 650 tahun lalu ini.

Kongsi adalah sebuah bangunan yang digunakan oleh keluarga China dengan marga yang sama untuk berkumpul dan berdoa. Di masa sekarang ini, sebuah kongsi memiliki fungsi utama lebih sebagai pendukung aksi solidaritas.

Dibangun oleh klan Leong San Tong yang berasal dari desa klan Sin Kang di provinsi Hokkien, kongsi ini awalnya dibangun dengan tujuan untuk memperlihatkan hasil dari kesuksesan keluarga Khoo.

7. Fort Cornwallis

Fort Cornwallis adalah sebuah benteng pertahanan yang juga merupakan salah satu ikon paling terkenal di Penang. Lokasinya dekat dengan Esplanade dan Penang Clocktower. Tempat ini bentuknya menyerupai bintang dan menjadi salah satu struktur tertua di Penang.

Di dalamnya adalah sebuah patung perunggu dari Captain Francis Light yang berdiri dekat dengan pintu utama Fort Cornwallis. Selain itu di bagian dalamnya ada juga penjara, barak, tempat penyimpanan senjata, dan pelabuhan kecil.

8. Penang Road

Bisa dibilang Penang Road ini adalah jalanan yang paling penting di kawasan ini. Jalan ini menghubungkan antara Lebuh Farquhar yang ada di utara, dan Jalan Gurdawa yang ada di selatan.

Di jalan ini setiap bulannya juga diadakan Little Penang Street Market. Jadi kalau kamu datang ke sini pada hari minggu di akhir bulan, kamu bisa belanja banyak barang unik, dan makanan khas daerah ini.

Ada banyak pedagang yang berjualan, mulai dari barang-barang kerajinan tangan hingga makanan ringan. Tapi yang paling menarik minat pengunjung adalah pertunjukan seni, live music, dan penampilan seni visualnya.

Maksimalkan Liburan Kamu di Penang

Itu dia, 8 tempat wisata di Penang Malaysia yang wajib kamu kunjungi. Sebenarnya masih ada lagi banyak wisata di sana, namun kamu bisa prioritaskan tempat-tempat di atas karena sangat recommended. Jangan lewatkan juga trik jitu liburan ke luar negeri dengan bujet minim. Kalau tempat nginep, kamu bisa pesan hotel di Penang dengan murah dan mudah hanya di tiket.com.