tempat wisata di new zealand

,

13 Tempat Wisata di New Zealand yang Paling Spektakuler

Tempat Wisata di New Zealand – Bagi banyak traveler atau wisatawan, baik itu yang berasal dari Indonesia maupun mancanegara, New Zealand adalah salah satu negara yang dimasukkan ke dalam daftar tempat yang mereka wajib kunjungi, setidaknya sekali seumur hidup.

Alam membentuk New Zealand menjadi sebuah tempat yang memiliki banyak sekali pesona yang membuat kamu merasa seperti sedang berada di dunia mimpi. Tak heran tempat ini sering digunakan sebagai set untuk film hollywood yang terkenal, seperti The Lord of the Rings dan The Hobbit.

Tempat Wisata Menarik di New Zealand

Kalau kamu berencana untuk liburan ke New Zealand untuk pertama kalinya, atau mungkin kamu ingin mengulang lagi liburanmu di negara ini, maka kamu wajib banget buat tahu tempat wisata di New Zealand mana saja yang harus kamu kunjungi.

Kali ini tiket.com mau membagikan tempat wisata mana saja yang harus kamu masukkan ke dalam daftar itinerary kamu selama di New Zealand. Pastinya semua tempat yang disebutkan di bawah ini bisa membuatmu takjub dengan potensi dramatis yang dimilikinya.

1. Queenstown

Queenstown adalah sebuah kota yang berada di South Island. Kota ini memiliki reputasi yang sangat terkenal sebagai pusat tempat petualangan di New Zealand. Jika kamu berkunjung ke tempat ini saat musim dingin, maka kamu bisa mencoba bermain ski di tempat yang sangat menakjubkan.

Selain itu, masih ada juga banyak sekali hal menarik yang bisa kamu lakukan di Queenstown selain di musim dingin. Di sini kamu bisa mencoba kegiatan seperti bungee jumping, rafting, jet boat, skydiving, dan semua kegiatan yang bisa memompa adrenalinmu.

Salah satu spot untuk bungee jumping yang terkenal di Queenstown adalah di Kawarau River. Titik lompatnya ada di Jembatan Kawarau yang tingginya 43 meter di atas sungai yang pernah muncul di film The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring ini.

2. Lake Tekapo

Lake Tekapo merupakan sebuah kota kecil yang terletak di tepi Sungai Tekapo. Sungai ini sangat terkenal dengan pemandangan yang sangat memikat dengan warna turquoise dan bentangan pegunungan yang ada di belakangnya.

Lake Tekapo adalah salah satu titik terbaik di New Zealand kalau kamu ingin melihat pemandangan aurora yang menakjubkan. Waktu terbaik untuk bisa menyaksikan langsung fenomena alam itu adalah di sekitar bulan April hingga September.

3. Auckland

Auckland juga menjadi salah satu tempat wisata di New Zealand yang wajib kamu kunjungi. Kota ini merupakan kota terbesar di New Zealand. Kamu bisa memilih untuk mendarat di bandara Auckland dan memulai petualanganmu di New Zealand dari sini.

Di sini kamu bisa melakukan wisata budaya dengan mengunjungi salah satu dari banyak museum yang ada di Auckland. Seperti Auckland Art Gallery yang menghadirkan lebih dari 15 ribu karya seni bersejarah, modern, hingga kontemporer.

Jangan lupa untuk pesan hotel di Auckland dulu sebelum kamu berangkat.

4. Matakana

tempat wisata di new zealand

Masih di Auckland, ada sebuah kawasan bernama Matakana yang sayang banget kalau kamu lewatin. Lokasinya hanya sekitar satu jam saja dari Auckland menuju ke arah utara. Kawasan ini sangat terkenal sebagai surganya wisata kuliner dengan makanan yang bahannya ditanam sendiri oleh warga sekitar dan juga kopi yang meraih penghargaan.

Kalau kamu berkunjung ke Matakana di akhir pekan, pastikan kamu mampir ke Matakana Farmers’ Market di hari sabtu. Di sini kamu bisa beli hasil panen yang masih segar, hingga menu makanan yang benar-benar bikin ketagihan.

5. Matamata

tempat wisata di new zealand

Kalau kamu adalah penggemar film The Lord of the Rings atau The Hobbit, maka kamu wajib banget buat datang ke Matamata. Di sini kamu bisa merasakan hidup di kampung hobbit alias Hobbiton yang ada di dalam kedua film itu.

Jaraknya hanya sekitar dua jam saja berkendara dari Auckland. Di sini terdapat lebih dari 44 rumah hobbit, yang termasuk juga salah satu diantaranya adalah rumah dari Bilbo. Ada juga kafe Green Dragon Inn di mana kamu bisa bersantai sambil pesan minuman.

6. Waitomo Glowworm Caves

Gua Waitomo Glowworm juga tak boleh kamu lewatkan kalau kamu lagi liburan ke New Zealand. Tempat wisata unik ini merupakan sebuah gua yang diterangi oleh ribuan glowworm. Kamu bisa menaiki perahu untuk mengarungi gua ini dan mempelajari sejarah kenapa fenomena ini bisa terjadi.

Waitomo adalah bahasa Maori yang jika diterjemahkan memiliki arti “lubang air”. Gua ini usianya sudah lebih dari jutaan tahun yang lalu dan kini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling dicari di New Zealand.

7. Christchurch

Kota Christchurch pernah dilanda gempa bumi yang berkekuatan sangat besar pada tahun 2010 dan 2011. Meskipun demikian, kota ini mampu bangkit kembali dan menjadi salah satu tempat wisata di New Zealand yang sangat populer.

Salah satu destinasi wisata yang terkenal di kota ini adalah Christchurch Botanic Gardens yang merupakan sebuah taman botani. Di sini kamu bisa melihat pohon tertua, tertinggi, dan terbesar yang ada di New Zealand.

Ada banyak pilihan tempat menginap di tempat ini. Kamu bisa pesan hotel di Christchurch melalui tiket.com juga lho.

8. Kaikoura

tempat wisata di new zealand

Dengan berkendara selama kurang lebih dua jam ke arah utara dari Christchurch, kamu akan sampai di Kaikoura. Dalam bahasa Maori, ‘kai’ artinya adalah makanan, sedangkan ‘koura’ artinya udang. Tak heran kalau di sini kamu bisa menikmati masakan udang yang lezat.

Daya tarik utama dari Kaikoura bukan cuma udangnya saja, melainkan juga mamalia laut yang bisa kamu temui dari jarak yang lebih dekat. Paus, anjing laut, dan lumba-lumba adalah beberapa satwa laut yang hidup di perairan pantainya.

9. Franz Josef Glacier

Ada satu tempat wisata di New Zealand yang memungkinkan kamu untuk bisa melihat gletser dengan lebih dekat, atau bahkan mendakinya. Tempat tersebut berada di Franz Josef Glacier. Di sini kamu bisa melakukan tur gletser bersama pemandu atau dengan menaiki helikopter.

Tenang saja, di puncak gletser tersebut kamu tak akan menjadi beku kok. Karena tempat ini mendapatkan cukup sinar matahari dan suhu di puncaknya hanya berselisih beberapa derajat saja dengan bagian bawahnya.

10. White Island

White Island adalah gunung berapi di New Zealand yang masih aktif. Hal tersebut menarik minat para adventurers atau wisatawan petualangan dari seluruh dunia. Wisatawan bisa memesan tur udara menggunakan helikopter untuk melihat pemandangan menakjubkan dari gunung berapi ini.

Meskipun terkenal dengan nama White Island, namun sebenarnya nama lengkap dari gunung berapi ini adalah Te Puia o Whakaari, dari bahasa Maori yang artinya adalah “Gunung Berapi yang Dramatis”.

11. Milford Sound

Milford Sound juga merupakan tempat wisata di New Zealand. Lokasinya berada di pesisir barat dari South Island. Tempat ini menyajikan keajaiban alam yang menakjubkan seperti puncak gunung yang menjulang ke langit, air terjun yang mengalir deras, dan satwa liar yang luar biasa.

Cara terbaik untuk menikmati pemandangan dari Milford Sound adalah dengan naik kapal, mengarungi dan memandangi air terjun serta satwa liar yang ada di sana seperti lumba-lumba dan pinguin.

12. Rotorua

Daftar tempat wisata di New Zealand ini tidak lengkap kalau belum menyebutkan Rotorua. Di sini terdapat lembah geothermal Te Whakarewarewa di mana kamu bisa mencicipi makanan yang dimasak dengan teknik geothermal kuno.

Selain itu Te Whakarewarewa ini juga menjadi rumah dari sejumlah gletser yang masih aktif. Termasuk di antaranya adalah Pohutu, gletser aktif terbesar yang ada di belahan bumi selatan.

Nah, mumpung lagi di Rotorua, jangan lupa juga buat mampir ke Agrodome, sebuah lahan pertanian yang luasnya mencapai 350 hektare dan hanya berjarak sekitar 10 menit berkendara saja dari pusat kota Rotorua.

Di Agrodome, kamu bisa bertemu dengan anak-anak hewan ternak yang lucu-lucu yang bisa kamu peluk ataupun ajak berfoto. Selain itu ada juga tur yang mengajak kamu mencicipi buah-buahan segar yang ditanam di lahan ini.

Kalau kamu suka dengan lucunya burung kiwi, kamu bisa datang ke Rainbow Springs Nature Park. Taman yang dibuka sejak tahun 1932 ini merupakan sebuah kebun binatang mini di mana kamu bisa melihat langsung kiwi yang baru menetas dan sejumlah fauna lainnya.

13. Bay of Islands

tempat wisata di new zealand

Bay of Islands adalah tempat wisata di New Zealand paling populer untuk memancing, berlayar, dan kegiatan olahraga air lainnya. Tempat ini bisa dijangkau dengan menggunakan mobil selama kurang lebih tiga jam dari Auckland.

Hal yang sudah pasti kamu lakukan di sini adalah bermain air. Kamu bisa mencoba scuba-diving, atau lebih dekat dengan satwa laut seperti lumba-lumba dan paus. Jika kondisinya memungkinkan, kamu juga bisa berenang bersama lumba-lumba.

Siap-Siap Dibuat Kagum dengan Keindahan New Zealand

Banyak sekali hal seru yang bisa kamu lakukan dan juga pengalaman baru yang bisa kamu dapatkan di New Zealand. Semua tempat wisata yang sudah disebutkan di atas pastinya bisa membuat kamu terkagum-kagum dengan keindahan yang ada di New Zealand. Sebelum berangkat, jangan lupa perhatikan barang yang wajib kamu bawa saat ke luar negeri. Selamat berlibur, sobat tiket!