,

9 Tempat Wisata di Manokwari, “Mutiara” di Papua Barat

Tempat Wisata di Manokwari – Di bagian barat Indonesia, Papua adalah salah satu surga wisata alam yang seolah menyimpan “mutiara” dan menunggumu untuk menemukannya. Pantai dengan pasir putih, air laut yang bening, cakrawala biru, dan hutan hijau semua bisa kamu temukan di satu tempat ini.

Kali ini, tiket.com mau kasih tau beberapa rekomendasi tempat wisata super keren yang ada di kawasan Manokwari, Papua Barat. Ada banyak sekali tempat eksotis yang bisa kamu kunjungi di Manokwari dan semuanya punya sesuatu yang bakal ngasih kamu kesan tak terlupakan.

Tempat Wisata di Manokwari yang Wajib Dikunjungi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Manokwari menyimpan keajaiban alam. Banyak sekali orang datang ke tempat wisata di Manokwari untuk bisa menemukan “mutiara” yang sulit ditemukan di tempat lain itu. Mau tau di mana aja? Ini dia deretan tempatnya.

1. Pulau Mansinam

Kalau kamu ingin mengajak teman-teman atau mungkin seluruh anggota keluarga, maka tempat wisata di Manokwari yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Mansinam. Bisa dibilang objek wisata di sini termasuk ke dalam kategori wisata bersejarah.

Lokasinya berada kurang lebih 6 kilometer dari pusat Kota Manokwari. Salah satu hal yang membuat Pulau Mansinam ini istimewa adalah fakta bahwa tempat ini menjadi saksi sejarah peradaban baru di Papua yang akhirnya menyebar luas ke seluruh Papua.

Di pulau ini ada sebuah patung yang sangat terkenal, yakni patung Yesus. Jika sobat tiket lihat sekilas, patung ini sangat mirip dengan patung yang ada di Rio de Janeiro, Brasil. Di sekitar patung terdapat taman di mana kamu bisa beristirahat sambil menikmati keindahan pemandangan.

2. Gunung Meja

Di Manokwari, ada sebuah tempat wisata berupa gunung yang bentuknya menyerupai sebuah meja. Itulah kenapa gunung ini dinamai dengan Gunung Meja. Tidak seperti pegunungan pada umumnya, gunung ini memiliki puncak yang datar.

Menariknya, lokasi Gunung Meja ini sangat dekat dengan pusat Kota Manokwari, kurang lebih sekitar 3 kilometer. Ketinggiannya juga hanya sekitar 1.000 mdpl sehingga cocok kalau kamu ingin hiking dan menikmati udara pegunungan yang sejuk.

Gunung Meja masih sangat asri, banyak pepohonan yang menjulang tinggi dengan ragam tumbuhan lain yang juga ikut memenuhi. Tempat ini cocok sekali bagi kamu yang ingin bermeditasi karena tidak banyak suara bising yang terdengar.

3. Gunung Arfak

Masih berkaitan dengan pegunungan, ada juga Gunung Arfak yang bisa jadi pilihan tempat wisata di Manokwari. Gunung ini merupakan titik tertinggi yang ada di Provinsi Papua Barat dengan ketinggian sekitar 2.900 meter di atas permukaan laut.

Dari puncak Gunung Arfak, kamu bisa melihat pemandangan Kota Manokwari yang menakjubkan. Kalau mau mendaki gunung ini, jangan lupa gunakan pakaian tebal, ya. Karena suhunya sangat dingin dan bisa mencapai 5 derajat Celcius di pagi hari.

Dari kawasan pegunungan Arfak kamu juga bisa melihat dua danau yang sangat terkenal di Papua, yakni Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji. Kedua danau tersebut letaknya dipisahkan oleh perbukitan sehingga menghasilkan panorama yang menakjubkan untuk disaksikan dan diabadikan.

4. Danau Anggi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Danau Anggi adalah dua buah danau yang berada di kawasan dekat dengan pegunungan Arfak. Kedua danau ini bisa dijangkau sehingga kamu bisa melihat dari jarak yang lebih dekat.

Untuk bisa ke salah satu dari dua danau ini, kamu harus menempuh jarak sekitar 160 kilometer dengan waktu kurang lebih 4 jam. Dengan medan yang berat dan waktu yang lama, pastinya usahamu itu akan terbayar ketika melihat kedua danau Anggi dan suasana menyejukkan di sana.

5. Pantai Bakaro

tempat wisata di manokwari

Setelah menyebutkan beberapa tempat wisata di Manokwari yang bukan pantai di atas, sekarang kita beralih ke menu wisata utama di kota ini, yakni deretan pantainya. Dimulai dari Pantai Bakaro, salah satu pantai yang sangat populer di kalangan turis yang datang ke Papua Barat.

Bukan cuma turis domestik saja, bahkan turis dari luar negeri pun banyak yang ingin mengunjungi Pantai Bakaro karena keeksotisannya. Keindahannya sama seperti pantai lain yang ada di Papua dengan pasir putih dan air laut jernih berwarna biru kehijauan.

6. Pantai Pasir Putih

Sekitar 3 kilometer dari Pantai Bakaro, ada juga Pantai Pasir Putih yang tak kalah populer. Tentu saja kamu sudah punya ekspektasi bagaimana penampilan dari pantai ini. Betul sekali, sesuai namanya, pantai ini punya hamparan pasir putih yang keren banget.

Kamu bisa bersantai di sini sambil menikmati keindahan alam yang masih sangat bersih. Mungkin itu juga salah satu kelebihan yang dimiliki oleh tempat wisata di Manokwari. Tempat yang terpencil membuatnya bisa mengeluarkan potensi terbaiknya untuk membuatmu betah.

7. Pantai Maruni

Di Manokwari bukan cuma ada pasir putih, lho. Kalau kamu ke Pantai Maruni, kamu bisa melihat pesona pantai dengan pasir hitam yang tak kalah menakjubkan. Air lautnya pun juga sangat jernih membuatmu seolah sedang berada di ‘surga dunia’.

Lokasi dari Pantai Maruni ini ada di sebelah selatan dari Kota Manokwari. Kamu bisa menuju ke pantai ini dengan cara naik mobil. Jaraknya sekitar 20 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 – 45 menit.

8. Pantai Amban

tempat wisata di manokwari

Ada banyak sekali pantai di dekat kota Manokwari. Kalau kamu ke bagian utara, kamu bisa mampir ke Pantai Amban. Letaknya berada di dekat Desa Amban, Kabupaten Manokwari, provinsi Papua Barat.

Keindahan dari pantai Amban ini tiada dua karena masih belum banyak orang yang datang ke sini. Meskipun demikian, banyak turis yang menyempatkan diri untuk berkunjung ke pantai ini ketika sedang liburan ke Manokwari.

9. Teluk Doreri

Ingin menjelajah tempat wisata bawah laut di Manokwari? Tempat yang paling tepat untuk itu adalah Teluk Doreri. Dunia bawah laut di tempat ini menyimpan banyak misteri di mana kamu akan menemukan banyak bangkai kapal. Kurang lebih ada 20 bangkai kapal di sini.

Bukan cuma itu saja, Teluk Doreri juga menjadi salah satu tempat di Indonesia yang punya pemandangan bawah laut terbaik. Di sini masih ada banyak sekali terumbu karang yang punya bentuk unik dan cantik.

Jelajahi Keindahan Alam di Manokwari

Untuk bisa menuju ke tempat wisata di Manokwari yang ada di Papua Barat, kamu memang harus melewati perjalanan panjang. Tapi kamu harus percaya, rasa lelah dari perjalanan itu akan terbayar lunas ketika kamu sudah tiba di salah satu tempat di atas. Kalau kamu ingin berpetualang dan menjelajah Manokwari, ayo pesan tiket pesawat di tiket.com yang punya banyak promo buat kamu.