Tempat Wisata di Lamongan

,

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Lamongan, Ajak Keluarga Kamu ke Sini!

Wisata Lamongan – Indonesia bukan hanya soal kota-kota besar metropolitan lho, sobat tiket. Kamu biasanya akan mengincar beberapa kota besar kan untuk menjadi destinasi liburan kamu? Namun, tidak ada salahnya kok untuk menjadikan beberapa kota lainnya, seperti Lamongan ini untuk menjadi tempat liburan yang seru juga.

Jika sobat tiket masih sangat jarang mendengar tempat wisata yang ada di Lamongan, kali ini kamu bisa mendapatkan referensi tempat wisata di sana nih. Ternyata, tempat asal Soto Lamongan ini juga memiliki banyak tempat wisata alam yang indah lho!

Bahkan, tidak hanya tempat wisata alam berupa pantai saja lho, tapi Kabupaten Lamongan ini juga dikenal dengan wisata religi dan sejarahnya. Yuk, langsung aja cari tahu referensi tempat wisata Lamongan yang patut untuk dikunjungi.

6 Tempat Wisata di Lamongan, Mulai dari Alam Hingga Religi

Lamongan merupakan Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Masyarakat luas memang lebih mengenal Kabupaten ini dari makanan khasnya, yaitu Soto Lamongan. Namun, siapa sangka bahwa Lamongan juga memiliki tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. Seperti berikut ini nih, sobat tiket!

1. Goa Maharani dan Maharani Zoo

Goa Maharani atau yang kini berganti nama menjadi Maharani Zoo merupakan salah satu tempat wisata populer di Lamongan. Jika kamu ke Lamongan bersama dengan keluarga dan membawa serta anak-anak, maka Maharani Zoo menjadi destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi.

Jika kamu masuk ke dalam Goa Maharani, maka kamu akan menemukan keindahan stalaktit dan stalagmit yang luas dan dengan lampu penerangan yang cukup. Jadi, mau berfoto-foto di dalam goa ini juga nggak masalah, sobat tiket.

Sedangkan Maharani Zoo Lamongan ini memiliki banyak jenis hewan yang bisa menjadi tempat hiburan bagi anak-anak. Seperti beruang madu, orang utan, harimau putih, jerapah, gajah, wallaby, singa, dan masih banyak lagi. Anak-anak pasti akan senang sekali deh diajak ke tempat ini.

Fasilitas di Goa Maharani dan Maharani Zoo ini juga sudah cukup lengkap, meliputi toilet, area parkir yang luas, tempat pembelian souvenir, serta rumah makan. Puas banget deh main-main di tempat wisata ini bersama dengan keluarga.

Alamat: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62264

Harga Tiket Masuk: Rp52.500 (weekdays) & Rp70.000 (weekend).

2. Pantai Kutang

Sobat tiket ingin mencari tempat wisata alam seperti pantai? Nggak perlu khawatir dong, karena Lamongan juga punya wisata pantai yang indah banget! Pantai Kutang adalah salah satu pantai yang bisa kamu kunjungi untuk seru-seruan main air bareng teman atau keluarga tercinta.

Dibalik nama uniknya ini, ada keindahan pantai yang bikin kamu betah banget deh main di sini berlama-lama. Fasilitas yang disediakan di pantai ini pun membuat para pengunjung merasa semakin nyaman bermain di Pantai Kutang ini.

Tersedia beberapa fasilitas yang memadai. Seperti tempat duduk di sekitar pantai bagi kamu yang ingin menyaksikan keindahan Pantai Kutang dan jembatan panjang yang dibuat mengelilingi hutan mangrove. Serta ayunan di bawah pohon mangrove yang terlihat instagramable.

Keunikan Pantai Kutang ini adalah pasirnya yang berpasir putih halus, dan juga terdapat pemandangan bawah laut berupa karang besar saat air laut sedang surut. Ingin mendapatkan momen selfie yang kece? Datanglah saat sore hari dan matahari mulai terbenam.

Alamat: Kentong, Labuhan, Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62263

Harga Tiket Masuk: Gratis.

3. Museum Sunan Drajat

Dari wisata pantai, kamu bisa beralih ke tempat wisata sejarah sekaligus religi nih, sobat tiket. Ada Museum Sunan Drajat yang menyimpan benda-benda peninggalan Sunan Drajat. Museum yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan ini menyimpan beberapa benda yang biasa digunakan Sunan Drajat untuk menyebarkan Agama Islam pada zaman dulu.

Peninggalan-peninggalan tersebut diantaranya adalah Gamelan Singo Mangkok, Batik Drajat, Daun Lontar dengan huruf Jawa yang berisi Surat Yusuf, dan beberapa koleksi perunggu, kayu jati, terakota, dan lain sebagainya.

Fasilitas yang disediakan pemerintah untuk Museum Sunan Drajat ini juga sudah lengkap kok, sobat tiket. Seperti area parkir, toilet umum, dan juga rumah makan.

Alamat: Drajat, Paciran, Lamongan Regency, East Java 62264

Jam Buka: 08.00 – 18.00

4. Waduk Gondang

Bukan hanya sekedar waduk, namun Waduk Gondang ini juga menjadi destinasi wisata alam yang cukup terkenal di Lamongan. Kamu ingin jalan-jalan di tempat yang rindang, tapi tidak ingin ke taman? Nah, Waduk Gondang ini adalah jawaban yang tepat untuk kamu!

Waduk Gondang merupakan waduk buatan yang di bangun pada tahun 1987, dan diresmikan oleh Presiden RI Soeharto. Pembangunan ini bukan semata-mata tanpa tujuan lho, sobat tiket. Karena, dengan di bangunnya Waduk Gondang, juga terbangun lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Waduk ini pun sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas sebagai penunjang wisatawan, seperti lahan parkir yang luas, fasilitas wisata air berupa perahu motor dan sepeda air untuk berkeliling waduk. Selain itu, juga terdapat kebun binatang mini yang cocok untuk menjadi destinasi wisata keluarga di akhir pekan.

Alamat: Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk: Gratis.

5. Alun-Alun Kota Lamongan

Alun-Alun Kota Lamongan bisa menjadi referensi tempat wisata murah yang bisa kamu kunjungi untuk bersantai. Kapanpun kamu ingin berkunjung, baik pagi, siang, sore, atau malam. Tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin jalan-jalan tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

Alun-Alun Kota Lamongan memang sebelumnya sempat ditutup selama setahun, namun sejak bulan Februari 2019, tempat ini kembali dibuka dengan wajah barunya. Kini, ada banyak spot menarik yang membuat alun-alun ini terlihat lebih menarik. Mulai dari tempat duduk untuk bersantai, taman yang cantik, gazebo, taman bacaan, dan juga kolam air mancur yang menawan.

Alamat: Alun-alun lamongan, Jl. Lamongrejo, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62213

6. Wisata Bahari Lamongan

Tempat wisata di Lamongan yang terakhir adalah Wisata Bahari Lamongan atau yang juga dikenal dengan WBL. Wisata Bahari Lamongan ini menjadi tempat rekreasi terbesar yang ada di kawasan pesisir Pantai Jawa lho, sobat tiket. Saat ke Lamongan bersama keluarga, WBL bisa menjadi rekomendasi tempat wisata keluarga yang seru banget buat dikunjungi.

Soal wahana permainan di sini, kamu nggak perlu meragukannya. Karena terbilang cukup lengkap, dan bisa dinikmati oleh semua kalangan usia. Seperti kolam renang, gokart, flying fox, speed flip, kano, sepeda air, banana boat, ATV, Goa dan Maharani Zoo, dan masih banyak lagi wahana seru di sini.

Tentunya, taman rekreasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang memadai untuk para pengunjung. Seperti Toilet, ruang ganti, musholla, tempat istirahat, hingga area kuliner. Jangan lupa mampir ke WBL saat kamu berada di Lamongan ya, sobat tiket!

Alamat: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62264

Jam Operasional: 08.30 – 16.30 waktu setempat.

Harga Tiket Masuk: Rp75.000 (weekday), Rp100.000 (weekend)

Jalan-Jalan Bareng Rombongan, Pergi Aja ke Lamongan!

Lagi merencanakan liburan bareng rombongan keluarga atau teman-teman? Coba dong kali ini kamu rencanakan untuk pergi ke Lamongan. Selain punya kuliner yang lezat, tempat-tempat wisata di atas juga keren untuk dikunjungi kan?

Pergi ramai-ramai, nggak perlu bingung pesan tiketnya. Karena, kamu bisa pesan tiket kereta ke Lamongan di tiket.com. Selain pergi liburan dan mengunjungi tempat wisata di Lamongan, sepertinya mencicipi Kuliner Surabaya yang Enak juga bisa menjadi referensi liburan kamu selanjutnya nih, sobat tiket!