7 Tempat Wisata Belanja di Penang, Apa yang Kamu Cari? Semua Ada!
Shutterstock

,

7 Tempat Wisata Belanja di Penang, Apa yang Kamu Cari? Semua Ada!

Sobat tiket akan liburan ke Penang? Bukan hanya surga untuk wisata kuliner, liburan kamu juga akan semakin lengkap dengan wisata belanja saat liburan di Penang, kota historik yang cantik ini.

Beli barang-barang lucu untuk oleh-oleh atau sekadar kenang-kenangan. Selain itu, ada juga nih, orang-orang yang sengaja datang ke suatu negara karena memang hobi melakukan wisata belanja, lho! Apakah kamu salah satunya?

Penang Surga Belanja, Bukan Cuma Liburan

Penang a.k.a Pulau Pinang, merupakan Negara Bagian Malaysia yang memiliki tempat wisata menarik, sebut saja Kuil Kek Lo Si dan Jembatan Penang atau Penang Bridge yang pasti ramai saat momen liburan.

FYI, Penang juga asyik banget buat wisata belanja. Kota ini punya beberapa pusat perbelanjaan bagi kamu si shopaholic. Nggak usah bingung, cek 7 tempat wisata belanja di Penang yang terkenal berikut ini!

1. Gurney Plaza, Duduk-Duduk di Pantai Usai Belanja

Gurney Plaza Penang berada satu kawasan dengan Gurney Drive, pusat makanan terkenal di Penang. Tempat belanja 7 lantai ini memiliki beraneka macam gerai seperti mal pada umumnya, termasuk toko pakaian, elektronik hingga bioskop. Lengkap banget!

7 Tempat Wisata Belanja di Penang, Apa yang Kamu Cari? Semua Ada!
Shutterstock

Untuk menemani wisata belanja yang seru, para pelancong juga disuguhi wisata kuliner makanan kaki lima, hawker food khas Malaysia, yang bisa kamu nikmati di Gurney Drive, terletak di tepi pantai Gurney.

Pantai ini merupakan pantai di tengah-tengah kota, George Town, yang tidak memiliki fasilitas bermain air, hanya sebagai pusat kuliner. Lelah belanja di Gurney Plaza, jangan lupa untuk mampir ke sini dan santap seafood Malaysia, ya!

Alamat: Jl. Dr Gurney No 107, Pulau Tikus, George Town 10250, Penang, Malaysia

Jam Operasional: 10.00 – 22.00

Cara menuju ke sini: Naik Rapid Bus 304 dari Bukit Gedung, turun di halte Gurney Drive. Atau Rapid Bus 103 dari KOMTAR, Penang.

2. Belanja di Gedung Tertinggi, KOMTAR

Gedung KOMTAR atau Kompleks Tun Abdul Razak merupakan gedung tertinggi di Penang. Tapi, tenang sobat tiket, meski gedung tertinggi, harga barang-barang di sini relatif terjangkau bahkan bisa ditawar, lho!

KOMTAR pun merupakan pusat perbelanjaan yang cukup lengkap, apapun yang kamu mau bisa dicari di tempat ini. Selain itu, kafe-kafe di KOMTAR juga seru banget buat nongkrong, pas untuk anak-anak muda.

7 Tempat Wisata Belanja di Penang, Apa yang Kamu Cari? Semua Ada!
Shutterstock

Ditambah pemandangan pulau yang bisa kamu lihat dari gedung 60 lantai ini, wisata belanja makin berkesan! Di KOMTAR ada terminal rapid bus yang rutenya lengkap. Jadi, kalau mau berkeliling Penang usai belanja, sobat tiket nggak perlu jauh-jauh ke halte lagi, deh!

Alamat: Lebuh Tek Soon, George Town, George Town 10100, Penang, Malaysia

Jam Operasional: 10.30 – 21.00

Cara menuju ke sini: Semua rute bus berhenti di KOMTAR, salah satunya Bus Rapid Penang 401 dari Bandara Internasional Penang.

3. Beli Kue Kering di Campbell Street Market

Siapa bilang kue kering cuma muncul saat lebaran? Di Campbell Street Market Penang, kue kering menjuarai etalase di tiap toko oleh-oleh. Salah satu kue yang paling banyak dijual adalah pia khas Malaysia, Ban Heang, yaitu pia berisi durian, coklat hingga keju.

Selain pia, di sini juga tempatnya roti canai. Namun untuk yang beragama Islam, jangan lupa perhatikan label halal pada kemasan dulu sebelum membeli, ya.

Ada juga souvenir dan aksesoris khas Penang dengan harga yang relatif terjangkau. Pasar bergaya Victoria ini banyak disesaki juga oleh pedagang sayur, buah-buahan, dan ayam potong.

Alamat: Lebuh Campbell, George Town, Penang, Malaysia

Jam operasional: 07.00 – 21.00

Cara menuju ke sini: Bus Rapid Penang 11, 201, 203 tujuan Campbell Street Market.

4. Gadget-Gadget Murah di Prangin Mall

Masih berada di George Town, Prangin Mall terkenal dengan gadget-gadgetnya yang murah. Selain gadget, banyak juga gerai-gerai fashion dan tak ketinggalan, tempat-tempat asyik buat hangout.

7 Tempat Wisata Belanja di Penang, Apa yang Kamu Cari? Semua Ada!
Shutterstock

Selain belanja, di sini juga bisa wisata kuliner. Mulai dari restoran cepat saji hingga gerai-gerai makanan khas Penang. Jangan lupa untuk membeli souvenir dan aksesoris kenang-kenangan untuk keluarga di rumah ya, sobat tiket.

Alamat: Jl. Dr. Lim Chwee Leong, George Town, Penang, Malaysia

Jam Operasional: 10.00 – 22.00

Cara menuju ke sini: Jika kamu mampir ke KOMTAR, menuju ke Prangin Mall hanya perlu berjalan kaki selama 5 menit. 

5. Batu Ferringhi Night Market, Penang yang Hidup di Malam Hari

Jika sobat tiket baru sempat berbelanja malam hari, jangan cemas, karena Batu Ferringhi Night Market buka hingga pukul 01.00 malam! Terletak di Jl. Pantai Batu, sesuai namanya, tempat ini bak pasar malamnya Penang.

Kamu bisa menemukan semua di sini, mulai dari souvenir untuk oleh-oleh, seperti postcard, kaos hingga gantungan kunci. Sobat tiket bisa kulineran juga, lho. Lampion-lampion merah menyala yang dipajang untuk dijual, menjadi bukti bahwa Penang tetap hidup di malam hari.

Alamat: Jl. Pantai Batu, Taman Pantai Batu, 11200 Tanjong Bungah, Penang, Malaysia

Jam Operasional: 19.00 -01.00

Cara menuju ke sini: Bus Rapid 101 menuju Batu Ferringhi.

6. Queensbay Mall, Salah Satu Terbesar di Penang

Sobat tiket, jangan menciut duluan begitu mendengar mal terbesar di Penang ini, ya. Walaupun arsitekturnya megah dan modern, di sini kamu tetap bisa tawar menawar harga, kok! Setidaknya ada 400 toko di sini, yang tersebar di lima lantai.

Shutterstock

Bagian dalam Queensbay Mall yang berbentuk silinder dan terang ini didominasi oleh toko-toko pakaian, aksesoris hingga restoran dan kafe yang tentunya seru banget buat nongkrong!

Alamat: Persiaran Bayan Indah 100, 11900 Bayan Lepas, Penang, Malaysia

Jam Operasional: 10.30 -22.30

Cara menuju ke sini: Naik Bus Rapid 401E yang menuju Jeti.

7. Kulineran Hingga Belanja Kain di Little India

Nah, kalau yang satu ini, sobat tiket pasti tahu, kan? Perkampungan India atau Little India ini memang terkenal di Penang. Selain karena Kuil Sri Veeramakaliamman-nya yang populer, Little India pun harus sobat tiket sambangi jika ingin belanja oleh-oleh di Penang. Terutama, jika sobat tiket ingin berbelanja kain. 

Karena ini perkampungan India, kain sari pun dijual di sini. Pemilik toko pun biasanya wanita-wanita India yang mengenakan pakaian sari lengkap dengan aksesorisnya. Tak ketinggalan, kuliner khas India seperti Nasi Kandar bisa sobat tiket temukan di sini.

Alamat: Lebuh Pasar, George Town, 10450 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

Jam Operasional: 11.00 – 21.45

Cara menuju ke sini: Bus Rapid 401 jurusan Balik Pulau – Jeti.

Berlibur ke Penang untuk Wisata Kuliner dan Belanja

Pulau Penang yang ramai, namun, tetap memberikan suasana Melayu yang eksotis, bakal menjadi salah satu momen liburan terbaik di hidup kamu. Ayo susun itinerary kamu, jangan lupa catat tempat kuliner ala street food di Penang bagi kamu yang doyan makan.

Tunggu apa lagi, sobat tiket? Untuk kamu yang ingin traveling on a budget, jangan khawatir. Pesan tiket pesawat dengan promo agar liburan kamu makin hemat dan bisa memborong saat shopping ke 7 tempat wisata belanja di Penang!