New Tourist Attractions in Solo

,

9 Tempat Wisata Baru di Solo, Destinasi Terbaik di Surakarta

Tempat Wisata Baru di Solo – Sudah tahukah sobat tiket bahwa Kota Surakarta yang berada di provinsi Jawa Tengah atau yang lebih populer dengan sebutan Kota Solo ini merupakan tempat yang dikenal dengan makanan khasnya, keseniannya, dan juga batiknya?

Kota ini letaknya dekat sekali dengan Kota Jogja. Jika kamu berencana untuk berkunjung ke Solo setelah kamu jalan-jalan di Jogja, maka pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan adalah kereta api yang hanya memakan waktu kurang lebih 1 – 1,5 jam saja.

Tempat Wisata Baru di Solo yang Paling Kekinian

Suasana yang kamu rasakan di Kota Solo tidak akan jauh berbeda dengan Yogyakarta karena memang kedua kota ini berbagi sejarah yang membuatnya terlihat seperti saudara kembar. Meskipun demikian, Solo tetap memiliki daya pikatnya sendiri yang tak akan kamu temukan di tempat lain.

Nah, berikut ini adalah daftar tempat wisata baru di Solo yang bisa kamu kunjungi bersama teman, keluarga, ataupun pasangan. Tempat wisata kekinian di Solo yang disebutkan di bawah ini tentunya instagramable banget, jadi jangan lupa untuk bawa kamera kamu, ya!

1. Pandawa Water World

Tempat Wisata Baru di Solo

Mari kita mulai tempat wisata baru di Solo yang akan membuat kamu basah. Pandawa Water World adalah sebuah tempat wisata wahana air yang sangat seru untuk kamu kunjungi bersama teman-teman atau keluarga, terutama kalau kamu ingin mengajak bermain si kecil.

Di sini banyak sekali area bermain air mulai dari kolam ombak, kolam arus, seluncuran air, kolam anak-anak, dan masih banyak fasilitas lainnya. Tempat ini buka setiap hari Senin hingga Jumat dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore, dan jam 8 pagi sampai jam 6 sore di hari Minggu.

Pandawa Water World terletak di kawasan Solo Baru, yang tepatnya beralamat di Komplek Pandawa Jalan Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Tempat ini hanya berjarak sekitar setengah jam saja dari Stasiun Balapan Solo.

2. Pasar Malam Ngarsopuro

Tempat Wisata Baru di Solo

Buat sobat tiket yang ingin mencari kegiatan malam minggu di Solo, maka pasar malam Ngarsopuro adalah pilihan tempat yang tepat. Sebuah jalan raya yang ada di Solo ditutup untuk kendaraan dan diubah menjadi pasar malam yang sangat keren dan ramai oleh pengunjung.

Sebagaimana pasar pada umumnya, di tempat wisata baru di Solo ini kamu juga bisa berbelanja banyak macam barang mulai dari kerajinan tangan, batik, perhiasan, pernak-pernik, tas, baju, hingga makanan lezat khas Solo. Barang yang dijual di sini kebanyakan hasil dari UMKM Kota Solo.

Semakin meriah, suasana di pasar ini biasanya juga dibuat makin hidup oleh penampilan musik dari musisi jalanan yang sangat berbakat. Suasana malam yang meriah ini bisa kamu rasakan langsung dengan datang ke Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta.

3. Keraton Solo

Tempat Wisata Baru di Solo

Salah satu tempat wisata baru di Solo yang benar-benar wajib untuk kamu kunjungi adalah Keraton Solo. Keindahan serta kebudayaan kental dari kota Solo dapat dipancarkan dengan sangat baik di kawasan Keraton Kasunanan Surakarta ini.

Kawasan Keraton ini merupakan kompleks berisi bangunan yang hingga sekarang masih digunakan sebagai tempat tinggal dari Sri Sunan Pakubuwono. Selain itu di kawasan Keraton ini juga masih mengadakan beberapa tradisi kerajaan sampai sekarang.

Keraton Solo boleh dikunjungi oleh para wisatawan mulai dari jam 9 pagi hingga jam 2 siang, kecuali hari Jumat. Di sini ada museum yang menampilkan patung, keris, dan banyak benda bersejarah lainnya. Alamat Keraton Solo terletak di Baluwarti, Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

4. Bus Tingkat Wisata Werkudara

Dinas Perhubungan Kota Solo menyediakan bus tingkat yang siap untuk mengangkut para penumpang berkeliling dan melihat indahnya pemandangan perkotaan di Solo. Tarif untuk bisa ikut naik dan berkeliling dengan bus tingkat ini juga sangat terjangkau lho, sobat tiket.

Bus tingkat ini dikenal dengan nama bus tingkat wisata Werkudara yang diambil dari sebuah tokoh dalam kisah Mahabarata. Werkudara digambarkan sebagai sosok yang tinggi, berani, dan gagah perkasa. Nama tersebut memang cocok disematkan pada bus merah tinggi ini.

Untuk bisa naik bus tingkat ini dan melihat-lihat tempat wisata baru di Solo, kamu bisa datang ke kawasan Manahan, Solo. Tenang saja karena nanti di tengah perjalanan bus ini akan berhenti sesekali agar kamu bisa turun dan berfoto-foto.

5. Kereta Api Uap Jaladara

Tempat Wisata Baru di Solo

Jika tadi kamu diajak berkeliling Kota Solo menggunakan bus tingkat, maka sekarang kamu bisa mencoba menggunakan kereta. Kereta yang yang dikenal di Solo dengan sebutan Sepur Kluthuk Jaladara ini merupakan kereta wisata yang dijalankan menggunakan lokomotif uap tua buatan Jerman.

Bersama kereta ini kamu akan diajak melewati jalur rel yang terkenal di Kota Solo, yakni di sisi jalan Slamet Riyadi. Kereta ini mulai beroperasi tahun 2009 lalu dan menjadi kereta uap satu-satunya di Indonesia dengan lintasan rel di tengah kota yang banyak dilalui kendaraan lain.

Kereta ini menerima carteran secara rombongan untuk sekali jalan pulang-pergi. Jika kamu ingin menggunakan layanan kereta ini, maka setidaknya kamu harus memesan seminggu sebelumnya karena untuk menjalankan kereta ini membutuhkan persiapan khusus.

6. Pasar Klewer

Tempat Wisata Baru di Solo

Kurang lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Solo tanpa membeli batik. Nah, lebih menariknya lagi, di Pasar Klewer kamu bisa membeli batik dengan harga yang dapat ditawar. Memang tawar-menawar adalah tradisi yang tidak bisa lepas di hampir semua pasar tradisional di Indonesia.

Setelah kamu berkeliling kota dan mengunjungi banyak tempat wisata baru di Solo, maka kamu bisa datang ke pasar Klewer untuk belanja batik sebagai oleh-oleh. Tak hanya batik, di sini kamu juga bisa berbelanja barang seperti kain, perhiasan, pernak-pernik, dan juga wayang kulit.

Meskipun pasar ini pernah terbakar pada tahun 2014, dan menyebabkan kerugian yang sangat besar, namun pasar ini mampu bangkit kembali dan menjadi primadona untuk tempat membeli beragam produk batik. Pasar Klewer terletak di Jalan Dr. Radjiman, Kauman, Ps. Kliwon, Solo.

7. Kebun Binatang Taru Jurug

Tempat Wisata Baru di Solo

Tahun 2018 kemarin ada sebuah tempat wisata baru di Solo yakni Taman Satwa Taru Jurug yang sekarang bisa kamu kunjungi di malam hari. Ketika malam menjelang, kamu bisa melihat lampion yang jumlahnya mencapai ribuan menerangi dan mempercantik tempat ini.

Lampion tersebut tampak ditempatkan untuk menghias gerbang, jalanan setapak, taman, dan juga wahana permainan yang ada di dalam tempat ini. Beberapa lampion juga ada yang berukuran besar dengan bentuk lucu seperti pohon, ikan, bunga, dan lain sebagainya.

Satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan ketika sedang berada di sini adalah air mancur menari yang berada di bagian tengah taman. Jika kamu ingin ke sini kamu bisa langsung datang ke Jalan Ir. Sutami No. 109, Jebres, Solo.

8. The Heritage Palace

Tempat Wisata Baru di Solo

Tempat wisata baru di Solo yang satu ini dapat membuat kamu merasa seperti sedang berada di benua Eropa. Tempat ini baru mulai dibuka pada tanggal 9 Juni 2018 kemarin, namun sudah berhasil membuat orang penasaran menarik banyak minat pengunjung untuk datang.

Di halaman depan The Heritage Palace terdapat museum transportasi di mana kamu bisa melihat-lihat beberapa mobil kuno yang dipajang. Salah satu mobil yang dipajang di sini adalah mobil Dodge tahun 1984 yang pernah digunakan oleh presiden pertama, Ir. Soekarno.

Selain itu, tempat ini juga masih menyimpan banyak hal seru lainnya seperti Museum Industri, Omah Kwalik, Garden Retro Paradise, Convention Hall, dan juga Kids Town & Food Street. Tempat ini berlokasi di Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo, Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.

9. Grojogan Sewu Tawangmangu

Tempat Wisata Baru di Solo

Kalau sedang membahas tempat wisata baru di Solo, maka salah satu tempat wisata yang paling unggulan di kota ini adalah Grojogan Sewu Tawangmangu. Grojogan Sewu merupakan wisata alam berupa air terjun yang berada di Tawangmangu, Karanganyar.

Ketinggian air terjun Grojogan Sewu ini sekitar 80 meter dengan aliran air yang cukup deras. Karena derasnya aliran air tersebut, maka air terjun ini diberi nama Grojogan Sewu yang dalam bahasa Jawa artinya seribu kucuran air atau ribuan air yang mengalir ke bawah.

Pemandangan yang disajikan di sini sudah tak perlu diragukan lagi. Kamu bisa langsung mengeluarkan kamera kamu untuk foto-foto dengan latar belakang yang keren banget. Cuma hati-hati, ya. Jangan terlalu dekat dengan air terjun kalau kamu tak ingin kamera rusak karena air.

Mana Tempat Wisata Favorit Kamu di Solo?

Solo terkenal dengan slogannya yang berbunyi “Spirit of Java” dan memang kamu bisa merasakan kebenaran slogan tersebut ketika datang ke kota ini. Kamu wajib banget memasukkan Kota Solo dalam daftar kota yang akan kamu kunjungi buat liburan.

Selain tempat wisata baru di Solo yang sudah disebutkan di atas, Kota Solo juga menawarkan makanan khas yang terkenal dan boleh banget kamu cicipi. Jalan-jalan ke Solo lebih seru kalau naik kereta api yang tiketnya bisa kamu beli dengan murah di tiket.com.