,

Memborong ke 3 Tempat Belanja Oleh-Oleh Kekinian Khas Makassar, Serunya Tak Terlupakan!

Tempat Belanja Oleh-oleh di Makassar – Setelah asyik liburan, pasti deh sobat tiket kepikiran mau pulang bawa oleh-oleh apa untuk orang rumah, teman atau pacar. Oleh-oleh memang menjadi satu hal yang wajib dibeli untuk buah tangan atau sekadar kenang-kenangan. Nah kalau di Makassar, di mana aja sih tempatnya?

Sebagai salah satu kota terbesar, keindahan Makassar memang memikat hati banyak wisatawan. Ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan ini memang punya segudang kekayaan alam. Berbagai obyek wisata di dalamnya pun sangat menarik untuk dijelajahi.

Selain itu, Kota Daeng ini juga merupakan kampung halaman dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Dengan tata letak yang sangat indah, Makassar yang dulunya bernama Ujung Pandang ini bisa menjadi destinasi wisata yang asyik.

Oleh-oleh Menarik dari Makassar, Beli di Mana?

Keragaman budaya yang terdapat di Makassar membuatnya kaya akan berbagai benda unik dan tradisional. Di Sulawesi Selatan, ada empat suku yang terdiri dari Makassar, Toraja, Bugis dan Mandar. Inilah yang membuat oleh-oleh dari Makassar jadi kian beragam.

Mulai dari penganan khasnya hingga beragam hasil kerajinan yang indah, semua bisa didapatkan dengan mudah. Ada berbagai opsi menarik yang bisa sobat tiket pilih seperti abon rasa raos, otak-otak ikan, kopi Toraja, kacang sembunyi, sirup markisa, hingga sarung tenun Bugis.

Sejumlah pusat oleh-oleh Makassar bisa sobat tiket temukan di beberapa titik lokasi. Pusat pertokoan Somba Opu sudah sejak dulu selalu ramai pengunjung. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang mampir untuk membeli beraneka macam souvenir.

Letaknya yang berdekatan dengan Pantai Losari Makassar juga semakin memudahkan pengunjung untuk mencapainya.

1.  Belanja Sambil Menikmati Kopi di Toko Ujung

Toko Ujung terletak di Jl. Somba Opu. Lokasinya cukup dekat dengan Pantai Losari. Jika sobat tiket penyuka kopi, maka singgah ke tempat ini merupakan pilihan tepat. Toko Ujung menyediakan kopi khas dari Makassar yang diproduksi sendiri lho.

Sudah sejak dulu kopi Toraja dikenal dengan kenikmatan dan kualitas rasanya. Kopi Toraja ini dikenal dunia dan bahkan Jepang menganggapnya sebagai kopi berkelas lantaran aroma dan rasanya yang unik.

Menariknya lagi, sekitar 40 persen kopi Toraja ini beredar di Negeri Sakura. Kopi Toraja unggul karena ditanam dari tanah yang ketinggiannya lebih dari 1200 meter dari permukaan laut. Inilah faktor yang menyebabkan kualitas kopi Toraja punya karakter kuat dan enak.

Sobat tiket yang jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa coba beli oleh-oleh di sini ya! Menariknya lagi, setelah heboh abis belanja kalap di sini, kamu bisa langsung sekalian ngopi di kedai kopinya. Itu lho, sobat tiket, yang pernah jadi tempat syuting film Filosofi Kopi 2: Ben & Jody tahun 2017.

Alamat: Jl. Somba Opu No. 36, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111.

Waktu Operasional: Buka setiap hari, pukul 08.00 – 22.00.

2. Memborong Buah Tangan di Toko Keradjinan

Toko Keradjinan ini menjual berbagai souvenir jenis keterampilan tangan khas Makassar. Meski berfokus ke hasil kerajinan, namun toko ini juga menyediakan beraneka jenis camilan serta snack khas Ujung Pandang. Yang tentunya semua dibanderol dengan harga terjangkau.

Di sini, kamu bisa belanja kue-kue khas Bugis yang manis seharga Rp14.000an. Selain itu terdapat juga kue putu kacang, baje kacang, kue bawang-bawang (nennu-nennu) hingga kue tori dan minyak kayu putih dan minyak gosok cap tawon. Semua berada di kisaran harga Rp17.000an sampai Rp 28 ribu.

Kue-kue ini juga merupakan hasil olahan industri rumah tangga lho, sobat tiket. Jadi kamu belum tentu bisa menemukannya di tempat lain, terutama dengan rasa yang sama.

Nggak cuma itu aja, di sini kamu bisa belanja pernak-pernik cantik yang khas Sulawesi Selatan seperti kapal perahu phinisi Bulukumba dengan berbagai ukuran. Harganya pun relatif terjangkau yakni sekitar Rp225.000 – Rp.265.000.

Mau bawa pulang sarung berbahan katun dan motif sutera? Dengan merogoh kocek sebesar Rp30.000 – Rp40.000, sobat tiket sudah bisa mendapatkan buah tangan khas Makassar yang terkenal ini. Ada juga sandal motif dan tas seharga Rp25.000 yang cantik lagi unik.

Toko Keradjinan masih terletak di Jl. Somba Opu dan bersebelahan dengan Toko Ujung. Kedua toko ini hanya dipisahkan oleh satu jalan pemisah yang mengarah ke pantai. Jika sobat tiket kebetulan keluar dari tol pelabuhan, toko ini sudah bisa dijumpai dengan menempuh perjalanan selama 25 menit.

Alamat: Jl. Somba Opu No. 34, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90174.

Waktu Operasional: Buka setiap hari, pukul 08.00 – 22.00.

3. Mengunjungi Toko Cahaya yang Legendaris

Salah satu pusat tempat belanja oleh-oleh di Makassar lainnya adalah Toko Cahaya Oleh-Oleh Makassar. Toko yang satu ini terbilang legendaris karena sudah eksis sejak tahun 1905, didirikan oleh Tjang King. Tepat sekali, sobat tiket. Toko Cahaya memang merupakan toko oleh-oleh pertama di Ujung Pandang.

Ada berbagai buah tangan dan souvenir khas Kota Daeng yang bisa kamu dapatkan di sini. Panganan ringan khas lokal Makassar pun tersedia dengan berbagai pilihan. Kacang telor, kacang disko, kacang rempah, otak-otak, selai sari kaya, manisan buah-buahan kering, kue dan dampo durian, hingga sirup markisa, semua tersedia.

Aneka pernak-pernik khas lokal seperti sarung syal sutra dari Bugis, kaos, miniatur perahu phinisi, sampai gantungan kunci dan kerajinan perak lainnya pun semua ada. Pokoknya, di sini kamu bisa leluasa memilih berbagai oleh-oleh untuk orang-orang tersayang dan keluarga.

Toko Cahaya pusat berada di tengah Kota Makassar dan dekat dengan berbagai lokasi wisata kuliner. Suasananya yang nyaman dengan ketersediaan berbagai produk yang lengkap ini dijamin akan membuat momen belanjamu jadi semakin seru!

Alamat: Jl. Sulawesi No. 181 (dulu bernama Jl. Tempelstraat).

Cabang terdapat di Jl. Nusantara dan Jl. Perintis Kemerdekaan.

Waktu Operasional: Buka setiap hari, hingga pukul 22.00.

Asyiknya Belanja Oleh-oleh di Tiap Sudut Kota Daeng

Sebenarnya, menemukan tempat belanja oleh-oleh di kota Angging Mammiri ini terbilang mudah. Selain ketiga tempat di atas, sobat tiket juga bisa berburu oleh-oleh khas Kota Daeng ini di sejumlah tempat lainnya.

Terdapat sejumlah tempat favorit para milenial Makassar. Contohnya seperti Pusat Grosir Butung, New Makassar Mall, Pasar Senggol di Jalan Hati Murni yang dikenal dengan produk busana, Mall Panakkukang, Makassar Town Square (Mtos) hingga Mall Ratu Indah (MARI).

Akses ke semua tempat ini juga mudah untuk dijangkau, baik dengan menggunakan kendaraan umum maupun jasa transportasi online. Agar mobilisasi kamu semakin mudah, sewa mobil di Makassar via tiket.com bisa menjadi pilihan yang tepat, sobat tiket.

Nah, sekarang kamu nggak bingung lagi kan, sobat tiket? Ada banyak banget kok pilihan tempat untuk belanja oleh-oleh khas di Makassar. Sebagai tambahan referensi liburanmu, coba cek 4 tempat yang cantik dan eksotis untuk wisata bahari di Makassar.