Sumber: Shutterstock

,

Liburan ke Makassar? Ayo Wisata Bahari ke 4 Tempat yang Cantik dan Eksotis Ini

4 Taman Laut di Makassar – Indonesia dikenal sebagai negara maritim, yang mana dua per tiga dari negara ini dikelilingi oleh perairan. Tak hanya terdiri dari 17.000 pulau, Indonesia juga diberkahi dengan lautan yang menawan. 

Sayang banget kan, kalau keindahan alam Indonesia ini nggak dieksplorasi? Salah satu caranya, kamu bisa menikmati dengan berwisata ke berbagai objek bahari yang populer di Sulawesi Selatan. Seperti Taman Laut di Makassar misalnya.

Karena taman laut wilayah Indonesia punya pesona yang memukau, tak heran jika olahraga dan aktivitas di bawah laut kini jadi semakin disukai. Liburan ke kawasan pegunungan memang menyenangkan, tapi keindahan isi laut seperti punya magnet tersendiri yang memanggil para turis untuk berdatangan.

Buktinya, nggak cuma wisatawan lokal aja lho, sobat tiket, yang menggemari wisata bahari ini. Banyak juga turis mancanegara yang memburu taman laut Indonesia demi untuk diving, snorkeling dan scuba diving.

4 Taman Laut yang Mempesona di Makassar

Seperti yang sobat tiket ketahui, perairan Indonesia ini menyimpan harta karun berharga. Pasalnya, sekitar 18% dari total terumbu karang yang ada di dunia terdapat di dalam perairan Indonesia. Semuanya tersebar dari wilayah Barat ke Timur bahari Indonesia.

Saat wisata bahari, sobat tiket bisa mengeksplor wilayah pantai, menyusuri lautan, hingga snorkeling untuk menyapa pesona bagian bawah lautnya yang jernih. Seperti di Tanjung Bira contohnya. Kamu bisa berpetualang ke gugusan pulau-pulau mungil yang menakjubkan di wilayah Makassar. Ada Pulau Lae Lae Kecil dan Pulau Khayangan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Dan tak ketinggalan, ada juga Taman Laut Takabonerate yang magis dan eksotis juga berhasil menghipnotis para wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung. Bahkan saking indahnya, kawasan ini dijuluki sebagai sepenggal surga dunia yang tersembunyi. Jadi bikin penasaran, kan?

1. Tanjung Bira

Taman Laut di Makassar - Tanjung Bira
Sumber: Shutterstock.com

Berjarak kurang lebih 200 km dari Makassar, Pantai Tanjung Bira ini bisa kamu tempuh dengan berkendara selama 5-6 jam dari pusat kota. Kamu bisa menyewa kendaraan mulai dari roda empat hingga sepeda motor dari Kota Makassar untuk menuju ke lokasi pantai.

Berada di Kecamatan Bonto, Bahari, Kabupaten Bulukumba, travelling ke pantai ini cocok buat kamu yang ingin menikmati suasana pantai dengan tenang dan damai. Karena saat ini kawasan Tanjung Bira masih belum seramai pantai-pantai di Bali atau Lombok.

Jalan-jalan ke Tanjung Bira, kamu akan disambut oleh pesona tiga gradasi warna laut biru turquoise nan jernih. Uniknya lagi, pasir putih di Tanjung Bira juga dikenal sangat halus seperti tepung. Ini nih yang menjadi ciri khasnya yang nggak bakal kamu temukan di pantai lain.

Jangan lupa kunjungi spot terkece dan paling Instagramable, yaitu Tebing Appalarang. Dan nikmati indahnya alam sekitar dari ketinggian Tanjung Bira. Asyik juga lho untuk menikmati matahari terbit dan tenggelam dengan damai di sini.

Selain berenang dan naik banana boat, kamu juga bisa diving dan snorkeling di perairannya yang teramat jernih. Bahkan, kamu bisa mampir ke Pulau Kambing dan Pulau Liukang Loe yang dapat ditempuh dengan kapal laut sekitar 20 menit. Asyik banget ya! Mau main ke sini? Yuk ajak teman atau keluarga kamu juga ke Tanjung Bira ini.

2. Taman Laut Takabonerate

Sekarang kita menuju ke Taman Laut Takabonerate. Berlokasi di sebelah tenggara pulau Selayar, taman laut yang berbatasan langsung dengan Laut Flores ini berjarak sekitar 300 kilometer dari Makassar. Dari Makassar ke bandara H. Aroeppala di kepulauan Selayar bisa ditempuh selama 45 menit lalu berlanjut disambung dengan kapal laut selama 7-8 jam.

Kerennya, kawasan wisata yang memiliki 17 pulau ini dijuluki sebagai “sepotong surga dari Sulawesi”. Ini dikarenakan Takabonerate terbentuk dari gugusan karang (atol) yang menyerupai cincin. Dan yang lebih membanggakan, saat ini Takabonerate menjadi atol ketiga terbesar yang ada di dunia. Atol Kwajifein di Kepulauan Marshall menduduki peringkat pertama, sedangkan yang kedua adalah atol Suvadiva di Maladewa.

Dulunya, Taman Laut Takabonerate merupakan sisa-sisa dari letusan gunung berapi yang tenggelam ke dasar lautan. Menyelam di bawah lautnya, kamu akan disambut oleh panorama terumbu karang dan ekosistem yang sangat menakjubkan! Itulah sebabnya banyak traveler yang berlomba-lomba merasakan sensasi snorkeling di sini.

Kawasan Taman Nasional Takabonerate Indonesia, atau yang diketahui dunia sebagai National Marine Park Takabonerate ini juga dikenal sebagai tempat ikan hiu untuk bertelur dan meninggalkan anak-anaknya. Wah, seru banget kan, sobat tiket?

3. Pulau Lae Lae Kecil

Taman Laut di Makassar - Pulau Lae Lae
Sumber: Shutterstock.com

Berlokasi tidak jauh dari pesisir Pantai Losari, pulau mungil ini wajib kamu kunjungi saat liburan. Dari Pantai Losari, tepatnya Dermaga Kayu Bangkoa di depan Benteng Rotterdam, gugusan pulau kecil ini bisa ditempuh hanya dalam waktu 10 menit dengan menggunakan perahu. Tempatnya yang tak jauh dari kota dan berseberangan dengan pelabuhan Soekarno-Hatta ini juga mempermudah kamu untuk mengaksesnya.

Pasir pantainya yang putih dengan jernihnya air laut dan debur ombak menderu membuat taman laut menyepi sejenak dari keriuhan kota. Nggak jarang juga para wisatawan lokal yang sengaja datang ke sini untuk memancing di dermaganya lho, sobat tiket.

Nah, saat kamu jalan-jalan ke taman laut ini, kamu pasti akan melihat banyak kepiting, kerang dan juga penyu yang bertelur di pesisir pantai Pulau Lae Lae Kecil. Selain itu, kamu juga bisa sekalian mengunjungi Pulau Samalona di sebelahnya yang tak kalah eksotis. Tertarik berlibur ke sini?

4. Pulau Khayangan

Menuju Khayangan island yang cantik, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 10 menit karena jaraknya yang berdekatan. Dari Kota Makassar, kamu hanya tinggal berperahu selama 15 menit untuk sampai ke pulau eksotis ini, karena jaraknya hanya sekitar 0,8 km saja.

Di pesisir pantainya, kamu bisa duduk-duduk di gazebo dengan berteduhkan pepohonan rindang. Sambil menikmati biru laut yang jernih sejauh mata memandang, bikin betah dan nggak mau pulang!

Selain itu, di pulau kecil yang luasnya kurang lebih 1 hektar ini juga ada fasilitas kolam renang dan penginapan dengan biaya yang tentunya ramah di dompet. Pas banget jika memboyong keluarga dan orang tersayang untuk trip ke sini.

Keindahan Alam Taman Laut Makassar yang Masih Terjaga

Bangga banget kan, sobat tiket, dengan Indonesia? Sebagai negara maritim, Sulawesi Selatan khususnya Makassar ternyata punya banyak destinasi bahari yang luar biasa cantik dan istimewa. Keindahan alam taman lautnya yang masih terjaga betul-betul bikin terhenyak karena pesonanya yang menakjubkan.

Mau berwisata bahari ke taman laut lainnya? Coba jelajahi pemandangan bawah laut di Indonesia yang menakjubkan lainnya. Panoramanya bikin berdecak kagum! Dan buat kamu yang udah nggak sabar mau liburan ke taman laut di Makassar, nggak perlu khawatir karena kamu bisa pesan tiket pesawat ke Makassar di tiket.com. Kalau udah nyaman dan ceria di perjalanan, liburan pun jadi lebih tambah menyenangkan!