,

Mengunjungi Taman Nasional Doi Inthanon, Surga di Chiang Mai

Pengen liburan ke tempat yang adem-adem? Coba deh kunjungi Chiang Mai, provinsi di sebelah utara Thailand. Disana ada Taman Nasional Doi Inthanon yang indah dan keren banget. Suasananya asri dan sejuk bikin kamu rileks.

Taman nasional ini adalah salah satu destinasi wisata wajib bagi para wisatawan yang mengunjungi Chiang Mai, apalagi kalau suka sama panorama alam. Jangan lupa cek cuacanya ya soalnya dingin lho disini. Kalau mau ke Chiang Mai, jangan ragu booking tiket pesawatnya di tiket.com ya.

Hutan yang masih alami, air terjun dan pagoda yang dibangun di dalam taman nasional adalah sedikit banyak dari daya tarik Doi Inthanon. Melupakan sejenak hiruk pikuk dan panasnya Bangkok menyenangkan lho. Nih, ulasan tiket.com tentang Doi Inthanon.

Tentang Taman Nasional Doi Inthanon

Berlokasi di Chiang Mai di bagian Utara Thailand, Taman Nasional Doi Inthanon merupakan taman nasional terpopuler di Negeri Gajah Putih. Taman ini luasnya 482 kilometer persegi, besar sekali yah.

Taman nasional ini dinamai Doi Inthanon untuk menghormati raja Inthawichayanon, salah satu raja terakhir Chiang Mai yang memiliki kepedulian terhadap hutan di provinsi ini. 

Doi Inthanon merupakan bagian dari pegunungan Himalaya lho dan nggak cuma terkenal di kalangan turis mancanegara tetapi juga turis lokal. Hawanya yang sejuk dan aroma pohon pinus yang segar membuat kamu pengen berlama-lama di sini. 

Keanekaragaman flora dan fauna, air terjun, desa terpencil, sawah dan jalur tracking adalah sekian banyak daya tarik Doi Inthanon yang membuat orang berbondong-bondong ke Chiang Mai. Setidaknya ada 362 spesies burung, 50 jenis reptil dan 65 jenis mamalia di sini, sobat tiket. 

Bunga seperti Anggrek Vanda, Rhododendron dan Pyhycastylis bisa kamu temukan tumbuh di sepanjang Doi Inthanon. Karena cuacanya yang sejuk dan air melimpah, pohon-pohon di sini juga tumbuh dengan subur. 

Taman Nasional Doi Inthanon buka dari jam 06.00 dan tutup jam 16.30 dan harga tiket masuknya 500 baht per orang. 

Yang Bisa Dilakukan di Taman Nasional Doi Inthanon

Ada beberapa pilihan akrivitas yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi taman nasional ini, diantaranya hiking, melihat Royal Pagoda dan air terjun. Kuy, disimak.

1. Hiking

Sumber: Shutterstock.com

Panjang jalurnya sekitar 2.5 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 2,5 sampai 3 jam. Nama jalurnya adalah Kew Mae Pan dan kamu harus ditemani oleh pemandu lokal dari suku Hmong dengan tarif 200 Baht per kelompok. 

Pendakiannya nggak terlalu susah karena jalurnya terawat dengan baik. Sepanjang perjalanan, pemandangannya indah banget, sobat tiket. Pemandunya nggak akan segan-segan untuk mengambil fotomu berpose di tengah kerindangan hutan. 

Kamu juga bisa bersantai di padang rumput sambil melihat pemandangan Chiang Mai dari ketinggian yang luar biasa bagus. Pasti kagum! Perlu dicatat bahwa jalur ini ditutup selama musim hujan dari bulan Juni sampai akhir Oktober.  

Jangan sampai kesempatan ini dilewatkan ya. Nggak akan menyesal!

2. Royal Pagoda

 

 

Sumber: Shutterstock.com

Ada dua royal pagoda yang tidak terlalu jauh dari jalur hiking Kew Mae Pan yaitu Phra Mahathat Naphamethanidon dan Phra Mahathat Naphaphon Bhumisiri. Kedua pagoda tersebut dibangun untuk memperingati ulang tahun Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit ke 60.  

Pagodanya bagus dan dikelilingi kebun yang sangat cantik dengan bunga Digitalis yang bermekaran dan berwarna-warni. Kupu-kupu terbang dengan bebas di taman ini menambah kebunnya terlihat makin indah. 

Untuk mencapai pagoda, kamu bisa naik tangga atau naik lift. Paling oke mengunjungi tempat ini diantara bulan Maret dan Juni saat musim semi jadi bunga-bunganya sedang mekar dengan sempurna.  

Pemandangan dari sini juga bagus banget karena dekat dengan puncak Doi Inthanon dan bagian barat kebun merupakan tempat yang sangat populer untuk melihat matahari terbenam. 

3. Air Terjun

Sumber: Shutterstock.com

Taman nasional ini memiliki banyak banget air terjun yang cakep-cakep. Ada beberapa air terjun yang wajib kamu kunjungi saat berada di Doi Inthanon. Yang pertama adalah Air Terjun Mae Klang yang paling gampang dicapai sehingga paling ramai oleh wisatawan. 

Air terjun ini letaknya dekat sama gerbang taman nasional. Tinggi air terjun sekitar 30 meter dan kamu bisa berenang di sini atau piknik! Jadi, kalau berencana mampir kesini, kamu bisa beli makanan dulu di dekat pintu masuk air terjun. 

Air terjun kedua adalah Wachirathan. Air terjun ini juga nggak terlalu susah aksesnya dan dekat dengan tempat parkir. Tinggi air terjun sekitar 60 meter dan kamu bisa melihat “pelangi” di bawah air terjun. Oleh karenanya, banyak wisatawan juga nih yang mengunjungi tempat ini. Sayangnya di sini nggak boleh berenang. 

Yang terakhir adalah Air Terjun Mae Ya yang paling bagus cuma agak sulit untuk dicapai. Air terjun ini salah satu yang terbesar dan tercantik di Thailand, lho. Air terjunnya mengalir jatuh dari beberapa tingkatan yang tingginya lebih dari 250 meter. 

Kalau suka fotografi, air terjun ini salah satu spot yang sangat populer karena sangat photogenic. Letak air terjun ini di bagian selatan Doi Inthanon, sekitar 17 kilometer dari checkpoint utama taman nasional ini.  

Cuaca dan Temperatur 

Musim hujan di Chiang Mai biasanya dimulai bulan Mei sampai September dengan intensitas hujan paling tinggi mulai dari bulan Juli sampai September. Musim kemaraunya mulai dari November sampai Februari dan suhu akan lebih dingin di bulan-bulan ini. 

Suhu di puncak Doi Inthanon bisa drop sampai dibawah 0 derajat celcius saat musim kemarau sedangkan kalau musim hujan, biasanya lebih hangat sekitar 20 derajat celcius. Kamu harus cek ramalan cuaca ya saat mau mengunjungi Doi Inthanon apalagi sampai ke puncak biar nggak salah kostum. 

Soalnya, terkadang bisa panas juga suhunya sekitar 25 sampai 30 derajat celcius. Bulan Desember sampai Maret adalah bulan-bulan paling ramai pengunjung dan suhu juga lumayan hangat di bulan-bulan tersebut. 

Cara ke Taman Nasional Doi Inthanon

Kamu harus menyewa kendaraan baik motor maupun mobil di Chiang Mai untuk mencapai taman nasional ini. Kalau mau sewa mobil dengan supirnya biayanya mulai dari 2.200 baht untuk day trip di travel agent. 

Kalau mau naik motor, jangan lupa pakai sarung tangan dan jaket karena cukup berangin. Pintu masuk utama di Road 1009 di Checkpoint 1 Km. 8. 

Jalurnya juga berliku-liku jadi kalau nggak biasa, lebih baik menyewa mobil dengan supirnya. Kamu tidak perlu membayar tiket supir untuk masuk taman nasional. 

Oh ya, kalau kamu sewa kendaraan dengan supir, kamu bisa mampir ke destinasi wisata lain yang tentunya harus didiskusikan dulu saat mau menyewa. 

Pilihan lain adalah ikut tur dengan biaya mulai dari 700 baht per orang. Pastikan tur kamu akan menjemput dan mengantar kamu dari dan ke hotel biar nggak ribet. 

Tuh, kamu pasti tertarik dan nggak sabar buat mengunjungi Doi Inthanon. Siapkan kopermu, pack your jacket dan beli tiket pesawat menuju Chiang Mai di tiket.com. Butuh vitamin sea? Kamu bisa coba ke Krabi di Thailand. Berikut Cara Menuju Krabi dari Bangkok. Mari liburan, sobat tiket!