,

Melihat Sunset di Pulau Lae Lae Makassar, Cantiknya Bikin Terbayang-Bayang!

Surga Sunset di Pulau Lae Lae Makassar – Berencana untuk liburan ke salah satu pantai dan menikmati sunset? Nusantara kita yang indah ini punya begitu banyak pantai yang cantiknya bikin terpana. Tak hanya bibir pantainya saja yang mempesona, lautannya pun tampak begitu indah.

Indonesia yang wilayah perairannya lebih luas ketimbang daratannya ini memang punya banyak destinasi wisata bahari. Terutamanya di wilayah Indonesia bagian Timur. Nusantara tak hanya punya Kuta Bali serta Pantai Senggigi dan Gili Trawangan di Lombok saja. Pesona perairan di tanah Sulawesi pun tak kalah memikatnya.

Seperti yang terdapat di Makassar ini. Keindahan pantai-pantainya kini semakin mendunia. Para wisatawan asing semakin banyak berdatangan memburu eksotismenya. Mulai dari Pantai Losari, Pantai Galesong, Pantai Kuri Indah, Tanjung Bira, hingga Pantai Akkarena.

Selain itu, kekayaan maritim Indonesia juga bisa dinikmati dengan berwisata ke Pulau Khayangan, Pulau Samalona dan Taman Laut Takabonerate yang menawan. Tak heran jika banyak turis lokal maupun mancanegara yang berdatangan memboyong pasangan dan keluarganya untuk rekreasi ke pantai-pantai di Makassar.

Menyambangi Pulau Lae Lae yang Menakjubkan

Pulau mungil nan eksotis ini berlokasi dekat dengan pesisir Pantai Losari. Pulau Lae Lae berada di sebelah barat Kota Makassar, dengan jarak 1.5 kilometer dari pusat kota. Kamu bisa menempuh perjalanan ke sini dengan menggunakan perahu motor nelayan selama kurang lebih 5 menit. 

Dengan merogoh kocek sebesar Rp30.000 – Rp50.000 per orang*, tempat wisata yang satu ini bisa sobat tiket sambangi melalui Dermaga Kayu Bangkoa atau dari dermaga di depan Benteng Rotterdam. 

Pulau Lae Lae dengan panorama yang permai dan sempurna ini bersebelahan dengan Pulau Samalona. Ombaknya yang tak tenang menambah nikmat suasana berliburmu—cocok untuk rehat sejenak dari penat dan padatnya aktivitas.

Bentuk pulau kecil ini pun terbilang unik, yakni persegi panjang dengan dinding penghalang ombak yang letaknya berada di barat pulau (membentang dari selatan ke utara). Dulunya, Pulau Lae Lae ini digunakan oleh tentara Jepang sebagai daerah pertahanan mereka. Lantas, kegiatan apa saja yang bisa sobat tiket lakukan di sini?

1. Menyapa Ikan Kecil dan Terumbu Karang

Sumber: Shutterstock.com

Salah satu aktivitas seru yang paling digemari para wisatawan di Pulau Lae Lae ialah snorkeling. Kamu bisa menyelam dan menikmati keindahan isi laut sekitar Pulau Lae Lae. 

Berbagai jenis ikan kecil dan terumbu karang tentunya akan menemani acara menyelammu.

Pantai di pulau yang belum banyak terjamah manusia ini memang cocok untuk melakukan aktivitas scuba diving, menyelam dan snorkeling. Airnya yang jernih dan biru kehijauan membuat siapapun tak ingin beranjak pergi. 

Tanpa menyelam, kamu bisa menikmati indahnya biota laut yang tampak jelas dari atas permukaan laut. Dan jika kamu masih penasaran dan ingin all out menjelajahinya, kamu bisa bercengkerama langsung dengan menyelam.

Tapi hati-hati, ya! jangan sampai terumbu karang yang indah jadi terinjak. Sebaliknya, bantu lestarikan keberadaannya dengan tidak merusak serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar lautnya tetap indah.

Untuk menikmati sensasi wisata bawah air yang berbeda di kawasan ini, jangan lupa bawa peralatan yang diperlukan ya, sobat tiket. 

2. Bersantai di Pantai Bob: Asyik dengan Alunan Reggae

Uniknya lagi, kamu bisa melipir ke Pantai Bob yang ada di pulau ini. Di pantai yang kafenya dikelola oleh salah satu penghuni pulau bernama Om Bob ini, kamu bisa bersantai sambil menikmati alunan Reggae music. 

Panorama pesisir dengan pasir yang lembut berlatar belakang langit biru jernih begitu mengesankan. Belum lagi dengan pepohonan yang bertumbuh di sekitaran pantai, menambah unik dan menarik pemandangan.

Kamu juga bisa rebahan di atas hammock yang terikat di dahan-dahan pohon pantainya. Bersantai menikmati desiran angin diiringi alunan musik reggae sampai hari petang betul-betul bakal bikin rileks tubuh dan pikiran. 

Sebagai alternatif lainnya kamu juga bisa berjalan-jalan di sekitar bibir pantai. Tapi harap berhati-hati agar jangan sampai menginjak atau terkena bulu babi. Racun yang terdapat pada duri hewan ini akan terasa menyakitkan jika sampai menusuk kulit.

3. Menikmati Pemandangan Matahari Tenggelam

Sumber: Shutterstock.com

Momen tenggelamnya sang surya di Pulau Lae Lae menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu banyak wisatawan lokal. Sembari menikmati hari petang, pemandangan sunset yang tampak dari sini memang memikat hati dan bisa bikin siapa pun jatuh cinta!

Apalagi untuk sobat tiket yang suka fotografi, jangan lupa untuk mendokumentasikan momen indah ini ya. Tak jarang, banyak pengunjung yang menyewa bale-bale demi kenyamanan menikmati suguhan alam saat senja di pulau ini. 

Sobat tiket juga bisa menyewa bale-bale dengan harga yang terjangkau, yakni sekitar Rp50.000 an*. Tak sedikit pengunjung yang juga bermalam di bale-bale alias pondokan ini. Namun jika kamu mau menginap, sebaiknya siapkan dulu perlengkapan pribadi agar tidak kedinginan di malam hari. Pasalnya, angin akan terasa lebih kencang saat hari sudah malam di kawasan ini.

4. Bermalam di Pulau Lae Lae

Sebagai alternatif lainnya, kamu bisa menemukan sarana penginapan yang terdapat di pulau ini. Tersedia sejumlah penginapan dengan harga ramah dan bersahabat bagi sobat tiket yang hendak bermalam di Pulau Lae Lae. 

Per malamnya, rata-rata harga penginapan akan berada di angka Rp50.000 – Rp150.000*. Selain itu, berbagai tempat makan juga dapat dengan mudah ditemukan untuk kamu kulineran.

Cara Akses ke Pulau Lae Lae

Dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, akses dulu Kota Makassar melalui Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Gunung Bawakaraeng, Jalan Kartini, Jalan Kajolalido. Lalu lanjutkan perjalanan dengan melalui Jalan Arief Rate, Jalan Sultan Hasanuddin, Jalan Pattimura (Pasar Baru), Jalan Ujung Pandang hingga ke Jalan Ribura’ne.

Dari Makassar, gunakan speed boat nelayan selama kurang lebih 5 menit dengan jarak sekira 1.5 kilometer untuk menuju Pulau Lae Lae ini. Biaya yang diperlukan dari Dermaga Kayu Bangkoa ke Lae Lae yakni sekitar Rp30.000 – Rp50.000 untuk sekali jalan. Harga berlaku dua kali lipat untuk pulang pergi dari dermaga-Pulau Lae Lae-dermaga.

Pulau Lae Lae ini juga bisa diakses dari dermaga yang berada di depan Fort Rotterdam. 

Alamat: Lae Lae, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan.

Harga Tiket Masuk:

Buka/ Tutup: 24 jam.

Asyiknya Relaksasi di Surga Sunset Pulau Lae Lae

Gimana, sobat tiket? Sudah siap menjelajahi Pulau Lae Lae untuk menikmati momen cantiknya sunset di sana? Ayo boyong keluarga dan sahabat serta pasanganmu untuk liburan ke sini. Biar perjalanan lebih gampang, pesan tiket pesawat ke Makassar dari tiket.com sekarang. 

Persiapkan liburanmu sematang mungkin dan jangan lupa bawa semua yang diperlukan seperti sunblock, kamera, perlengkapan menyelam dan lainnya. Baca juga rekomendasi taman laut di Makassar yang indah untuk persiapan liburanmu selanjutnya.

Pesan tiket pesawat ke Makassar di tiket.com dulu yuk, sebelum kamu menikmati indahnya sunset di Pulau Lae Lae ini, sobat tiket!

*Harga saat artikel ditulis