,

Pantai Akkarena Makassar, Keindahan Sunsetnya Bikin Kamu Susah Move On!

Bicara soal Makassar, banyak orang teringat soal wisata baharinya yang eksotis dan memesona. Sepanjang pesisir kota Makassar, para wisatawan bakal menjumpai beragam macam pantai dengan keindahannya masing-masing.

Salah satu yang mencuri hati banyak wisatawan adalah Pantai Akkarena. Selain keindahan alamnya, pantai ini juga dilengkapi fasilitas yang memadai. Mulai dari rumah makan, penginapan, hingga penyewaan tempat bersantai buat menikmati sunset.

Indahnya Pantai Akkarena di Kala Senja

Pantai ini juga terkenal dengan sunset alias matahari terbenamnya yang luar biasa indah. Setiap sore, wisatawan bakal dimanjakan dengan cahaya lembayung senja yang berpadu sempurna dengan warna lautan.

Suasana romantis itu menarik hati banyak wisatawan, lho. Jadi, kalau sobat tiket ingin berkunjung ke pantai ini, pastikan untuk datang saat petang menuju malam. Lalu, ada keindahan apa lagi selain sunset di sini? Simak pembahasan dari tiket.com di bawah ini!

Cerita Romantis di Balik Sunset Akkarena

sunset di pantai akkarena
Sumber: shutterstock.com

Jika dilihat, pantai Akkarena ini memiliki keunikan tersendiri dengan hamparan pasir hitamnya. Hal ini menjadi pembeda pantai ini dengan pantai umumnya yang memiliki pasir berwarna putih. Namun, hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak pengunjung.

Keindahan pantai ini makin sempurna dengan dermaga panjang yang menyediakan tempat duduk dan lampu taman. Suasananya romantis banget! Romantisme ini pun melahirkan sebuah cerita, konon jika sepasang kekasih mengabadikan gambar di dermaga pantai ini, cinta mereka akan bertahan lama.

Uniknya, semakin sore, suasana di pantai ini akan makin ramai lho, sobat tiket. Kamu bisa menyewa tempat istirahat bersama keluarga nih, sembari menikmati sunset dan kuliner yang ada di sana. Suasana romantis ini pun makin berkesan dengan kehadiran hiburan musik.

Selain Pantai Losari, Pantai Akkarena juga menjadi ikon wisata yang jadi primadona di Makassar. Bahkan, pantai ini sedang naik daun di kalangan wisatawan lho, sobat tiket. Hal ini disebabkan Akkarena merupakan tempat wisata bahari yang ramah untuk keluarga. Di sini, tersedia berbagai fasilitas yang bikin momen liburan bareng keluarga makin seru.

Nah, salah satu fasilitas yang bikin pantai ini selalu ramai adalah kawasan yang ramah anak-anak. Namun, nggak hanya keluarga yang menjadi pengunjung utama pantai ini. Saat sore hari tiba, kamu akan menjumpai banyak pengunjung pantai yang merupakan pekerja yang baru saja pulang dari kantor.

Hal ini dikarenakan Akkarena berlokasi di pusat kota Makassar. Sehingga banyak orang dari berbagai kalangan pun dengan mudah menjangkau pantai ini.

Sejarah Pantai Akkarena

Pantai ini punya sejarah yang menarik buat disimak lho, sobat tiket. Sebelum diberi nama Akkarena, objek wisata ini dinamai Tanjung Bunga. Setelah cukup lama menggunakan nama ini, akhirnya sebuah perusahaan kontraktor asal Sulawesi Selatan datang dan mengambil alih kawasan ini. Tanjung bunga dibangun menjadi wisata baru yang lebih ramah wisatawan.

Sejak saat itu, pantai ini dilengkapi restoran, kafe, resort, dan segala kebutuhan wisatawan lainnya. Dulunya, sebagian besar dari kawasan ini adalah rawa lho, sobat tiket. Namun, perusahaan kontraktor tersebut mengajukan reklamasi. Barulah sisa kawasan tersebut ditambahkan perumahan dan jalan raya sebagai fasilitas penunjang.

Selain pantai berpasir hitam yang memukau, ada banyak fasilitas lain yang bakal bikin kunjunganmu ke pantai ini makin seru. Kamu bisa mencoba wahana permainan air seperti banana boat dan jetski. Dua permainan ini jadi favorit banyak wisatawan. Nggak heran antriannya bisa cukup panjang.

Dermaga “Matahari Terbenam”

sunset di pantai akkarena
Sumber: shutterstock.com

Selain wahana permainan air, kamu juga bisa mengunjungi sebuah spot selfie instagramable yang menarik. Kalau kamu senang berburu sudut-sudut cantik buat OOTD, tempat bernama Jembatan Selfie ini bakal pas banget buat kamu, sobat tiket.

Pihak pengelola sengaja membangun sebuah jembatan yang bisa disebut juga sebagai dermaga. Nah, dermaga ini sendiri menjadi sisi paling romantis di Pantai Akkarena saat senja tiba. Dermaga ini memiliki panjang sekitar 150 meter dengan lebar 5 meter. Selain jadi tempat berfoto, dermaga ini juga menjadi tempat banyak kapal bersandar.

Uniknya, banyak orang yang menyebut tempat ini sebagai “dermaga cinta”. Ceritanya ini bermula dari sebuah kisah dua sejoli saat dermaga ini baru saja selesai. Saat itu dua wisatawan tersebut pergi ke dermaga. Kemudian salah satu dari mereka menyatakan perasaannya di tengah senja yang terbenam.

Namun, terlepas dari cerita tadi, suasana di dermaga ini saat matahari terbenam sungguh sangat memukau. Hal ini menjadi sebuah daya tarik utama dari Pantai Akkarena yang terkenal dengan kecantikan matahari terbenamnya yang tiada dua di Makassar.

Setelah puas menikmati keindahan sunset Pantai Akkarena yang memesona, kamu bisa mencoba kuliner di sini. Nggak perlu khawatir, di sini tersedia beberapa resto dan kafe yang menawarkan berbagai jenis kuliner menggoyang lidah.

Selagi menikmati sajian kuliner di tempat, kamu akan dihibur pertunjukkan live music. Pertunjukkan ini akan hadir setiap Sabtu dan Minggu. Jadi, bisa menjadi tempat seru buat menghabiskan malam minggu kamu di Makassar nih, sobat tiket.

Lokasi dan Cara Ke Pantai Akkarena

Pantai Akkarena berlokasi di Jl. Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Tarnalate, Kota Makasar, Sulawesi Selatan. Asiknya, pantai ini berada di kawasan pertengahan kota, nggak jauh dari Pantai Losari dan Mall GTC.

Nah, buat kamu yang sedang mencari penginapan, pantai ini juga menyediakan beragam penginapan. Mulai dari hotel, resort, bahkan hingga homestay. Kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan budget nih!

Harga Tiket Masuk Pantai Akkarena

Buat menikmati indahnya sunset di pantai ini, kamu cukup membayar tiket masuk sekitar Rp10.000 per orang. Harga ini belum ditambah harga tiket parkir ya, sobat tiket, yaitu Rp10.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk motor.

Sedangkan buat beberapa wahana permainan, kamu juga harus membayar lagi. Harganya berkisar sekitar Rp20.000 – Rp25.000 per permainan. Pantai Akkarena dibuka setiap hari, mulai dari pukul 06.00 hingga pukul 22.00. Namun, pada hari-hari tertentu jam operasional akan ditambah menjadi 24 jam.

Indahnya Sunset di Pantai Akkarena Sulit Dilupakan

Meski pasir pantainya nggak seindah pantai lainnya, namun keindahan sunset Pantai Akkarena menjadi daya tarik sendiri. Kalau kamu ke Makassar, tentunya pantai ini nggak boleh terlewat dikunjungi.

Setelah menikmati sunset sambil berburu foto di sini, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata instagramable di Makassar ini, lho. Tertarik buat berwisata ke Makassar? Buruan pesan tiket pesawat ke Makassar lewat tiket.com!