Stasiun Kereta di Indonesia Antik

,

6 Stasiun Kereta di Indonesia dengan Bangunan Antik, Bikin Nostalgia!

Kamu suka naik moda transportasi kereta api? Selain murah dan seru, naik kereta api juga memberikan pengalaman tak terlupakan karena banyaknya cerita asyik saat perjalanan. Buat kamu yang suka naik kereta, kamu udah tahu belum kalau ada banyak stasiun kereta di Indonesia dengan bangunan antik yang menarik banget?

Selain digunakan sebagai tempat pemberhentian kereta, bukan rahasia lagi kalau berbagai stasiun kereta di Indonesia juga bisa jadi lokasi untuk foto yang instagramable. Nah, buat Sobat Tiket yang suka naik kereta, berikut ini ada list stasiun kereta di Indonesia dengan bangunan paling antik yang keren banget.

6 Stasiun Kereta di Indonesia dengan Bangunan Paling Antik

  1. Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Kereta di Indonesia Antik - Jakarta Kota

Siapa sih yang nggak tahu betapa antiknya Stasiun Jakarta Kota? Stasiun yang berlokasi di sekitar kawasan Kota Tua Jakarta ini sudah ada sejak masa kolonial Belanda. Nama lain dari Stasiun Jakarta Kota ini dahulunya adalah Stasiun Beos yang mengacu pada nama Stasiun Batavia BOS Bataviasche Oosterspoorweg Maatschapij.

Kalau kamu tiba di Stasiun Jakarta Kota, kamu akan menemukan nuansa kuno yang antik banget, Sobat Tiket. Stasiun Jakarta ini sudah dibangun sejak tahun 1870 dan ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh Pemerintah DKI Jakarta.

  1. Stasiun Semarang Tawang

Stasiun Kereta di Indonesia Antik - Stasiun Semarang

Nama Stasiun Semarang Tawang tentunya udah nggak asing lagi di telinga kamu yang sering naik kereta api ke Jawa Tengah. Stasiun Semarang Tawang yang merupakan stasiun kereta api kelas besar ini juga punya bangunan unik yang bikin bernostalgia ke masa lalu.

Gimana nggak, Stasiun Semarang Tawang punya bangunan khas kolonial Belanda. Stasiun Semarang Tawang dibangun oleh Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Peresmiannya dilakukan sejak tahun 1814 untuk menggantikan stasiun pendahulunya yaitu Stasiun Semarang NIS. Kebayang kan antiknya?

  1. Stasiun Cirebon

Stasiun Kereta di Indonesia Antik - Cirebon

Stasiun kereta di Indonesia selanjutnya yang punya bangunan antik adalah Stasiun Cirebon. Bangunan Stasiun Cirebon telah menjadi bangunan cagar budaya yang dijaga sebagai salah satu aset sejarah yang berharga, Sobat Tiket. Yang membuat Stasiun Cirebon ini menjadi semakin menarik, ada pemandangan Gunung Ciremai di latar belakang stasiun ini.

Kalau kamu berjalan-jalan menyusuri bangunan stasiun kereta di Indonesia yang antik ini, kamu akan menemukan sudut-sudut stasiun dengan unsur bergaya Belanda yang dominan. Dari mulai plafon dan ornamen lantainya yang antik, kamu bisa serasa terlempar ke masa lalu saat berkunjung ke Stasiun Cirebon. Mau coba?

  1. Stasiun Tugu Yogyakarta

Stasiun kereta di Indonesia - Stasiun Tugu

Kamu tentunya tahu kalau Jogja punya dua stasiun kereta api besar yaitu Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan. Nah, Stasiun Tugu atau yang juga sering disebut Stasiun Jogja ini adalah stasiun kereta kelas besar di jantung Kota Yogyakarta.

Stasiun ini sudah diresmikan sejak tahun 1887 sehingga bangunannya masih kuno khas era kolonial. Bangunan Staisun Tugu memiliki gaya art deco dan pastinya bisa jadi latar belakang foto yang antik banget buat kamu, para pecinta fotografi.

Mau berkunjung ke Stasiun Tugu?

  1. Stasiun Bandung

Stasiun Kereta di Indonesia Antik - Stasiun Bandung

Ada lagi nih stasiun kereta di Indonesia yang punya bangunan bernuansa kuno tapi menarik banget. Yap, Stasiun Bandung! Stasiun Bandung adalah stasiun kereta di Indonesia kelas besar yang sudah diresmikan sejak tahun 1884. Karena sudah lama dibangun dan memiliki nilai sejarah yang tinggi, bangunan Stasiun Bandung ini sudah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya.

Stasiun yang juga sering disebut sebagai Stasiun Hall ini berada di perbatasan antara Kelurahan Pasirkaliki dan Kelurahan Kebonjeruk. Tentunya, kalau kamu mau jalan-jalan ke Bandung, kamu bisa beli tiket kereta api ke Stasiun Bandung ini untuk memulai perjalananmu. Seru kan?

  1. Stasiun Solo Jebres

Jalan-jalan naik kereta ke Solo, jangan lupa singgah sejenak ke Stasiun Solo Jebres. Stasiun kereta di Indonesia yang lebih sering disebut Stasiun Jebres ini melayani penumpang untuk kereta api kelas eksekutif, kelas campuran, kelas ekonomi AC premium, kelas ekonomi AC plus, dan kelas ekonomi AC.

Stasiun Solo Jebres adalah salah satu stasiun kereta di Indonesia dengan bangunan megah. Arsitektur dari Stasiun Solo Jebres bergaya Indische Empire dan dipengaruhi aliran Neo-Klasik. Kebayang banget kan kayak apa menawannya bangunan Stasiun Jebres ini, Sobat Tiket?

Setelah tahu kalau ada banyak stasiun kereta di Indonesia yang punya bangunan antik super estetik, kamu bisa meluangkan waktu liburan kamu untuk mencicipi perjalanan seru dengan kereta api.

Beli tiket kereta api murah di tiket.com untuk memulai perjalanan kamu dengan moda transportasi yang keren banget ini. Pesan tiketmu dan segera mulai perjalanan tak terlupakan dengan kereta api. Kalau kamu bingung mau pesan tiket kereta kelas apa, kamu bisa cek jenis kelas kereta api yang bisa kamu pilih.

Jadi, kamu mau naik kereta ke mana, Sobat Tiket?