rumah makan seafood di Makassar
Sumber: Shutterstock.com

,

Ini Dia 5 Rumah Makan Seafood Terkenal di Makassar, Siap-Siap Food Coma!

Sobat tiket penggemar seafood? Jalan-jalan ke Makassar, wajib hukumnya wisata kuliner. Selain aneka hidangan khas Makassar seperti coto, seafood juga jadi menu andalan yang bisa kamu coba.

Sebagai kota pesisir, Makassar punya hasil laut melimpah. Sobat tiket dapat menjumpai deretan rumah makan seafood di penjuru kota. Semua bahan makanan laut segar siap diolah menjadi berbagai macam hidangan yang menggugah selera. Siap-siap makan sampai kenyang deh kalau lagi ada di Makassar! 

Makan Seafood Sampai Kenyang di Makassar

Sudah sejak lama Makassar dikenal sebagai salah satu tujuan wisata kuliner. Masakan khas Makassar memiliki cita rasa unik dengan bumbu-bumbu berani yang memberikan sensasi bersantap beda. Siapa sih yang bisa menolak godaan sop konro daging sapi? Begitu juga dengan kuah coto kental yang nikmat dimakan dengan buras dan semangkuk es pisang ijo.

Sama halnya dengan aneka hidangan bahari yang disajikan di berbagai rumah makan seafood di Makassar, kaya bumbu rempah dengan beberapa pilihan sambal. Sobat tiket bisa menikmatinya bersama sepiring nasi hangat dan tumis sayur pilihan. Sepiring nasi hangat nggak cukup lho.

Kali ini tiket.com punya 5 rekomendasi rumah makan seafood di Makassar. Ayo kita simak ulasannya!

1. Dari Pantai Losari, Lanjut Makan di Rumah Makan Nelayan

rumah makan seafood di Makassar
Sumber: Shutterstock.com

Berlokasi di Jalan Ali Malaka No. 25, sobat tiket yang sedang singgah di Pantai Losari bisa lanjut makan-makan di Rumah Makan Nelayan. Kisaran harga makanan yang dihidangkan juga termasuk bersahabat, kok. Jadi nggak bakal buat kantong sobat tiket bolong.

Wajar kalau rumah makan ini jadi pilihan utama di kalangan wisatawan, terutama mereka yang datang beramai-ramai dengan keluarga. Banyak wisatawan sepakat, belum sah liburan ke Makassar kalau belum cicipi seafood Rumah Makan Nelayan.

Lalu, menu apa aja sih yang jadi andalan? Sobat tiket penggemar pedas, cobain aja ikan bakar atau ikan goreng rica-rica. Pedasnya bikin nagih! Lalu, ada sup ikan woku hadir sebagai pilihan sajian bercita rasa asam, pedas, dan segar.

Sobat tiket bisa mengajak keluarga atau teman untuk makan siang atau makan malam di sini. Namun, datang sebelum jam makan tiba ya, supaya kamu kebagian tempat duduk dan antriannya nggak terlalu panjang.

2. Icip-icip Ikan Berkulit Keras Bak Tempurung di Rumah Makan Ratu Gurih

rumah makan seafood di Makassar
Sumber: Shutterstock.com

Berada di Jalan Lamadukelleng No. 9, Rumah Makan Ratu Gurih juga jadi tempat rujukan para penggemar seafood Makassar. Menu ikan bakar dengan aneka sambal khas Makassar sudah pasti jadi hidangan wajib. Ada empat jenis sambal yang bakal bikin kamu ingin cepat-cepat melahap semuanya.

Namun, buat sobat tiket yang suka ikan goreng tepung, Rumah Makan Ratu Gurih punya menu unik. Ikan kudu-kudu adalah ikan berkulit keras bak tempurung. Bentuknya kotak dan wajah ikannya memang agak serem sih. Siapa sangka, daging ikannya lembut dan manis. Diolah dengan cara goreng tepung, sobat tiket bisa cocol-cocol pakai aneka sambal. Enak deh!

Ingin cari menu lainnya? Sobat tiket boleh mencoba kepiting lada hitam, udang saus mentega, kerang saus padang, atau ikan gurame bakar. Oya, kalau kamu ingin ruang makan yang lebih privat, di Rumah Makan Ratu Gurih tersedia beberapa ruangan yang bisa disewa, seperti untuk arisan, ulang tahun, atau sekadar kumpul keluarga.

Makan seafood lezat di tempat nyaman? Rumah Makan Ratu Gurih pilihan tepat, sobat tiket! 

3. Lezatnya Ikan Napoleon di Rumah Makan Seafood Apong

rumah makan seafood di Makassar
Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket bisa meluncur ke Jalan Boulevard No. 52, Makassar untuk menyantap aneka hidangan laut. Ada begitu banyak variasi menu yang bikin lidah kamu bergoyang. Karena berasal dari seafood segar, rasanya semakin lezat dengan olahan bumbu spesial.

Salah satu menu andalan Rumah Makan Seafood Apong adalah ikan napoleon. Harganya memang sedikit mahal, tetapi sobat tiket nggak akan rugi deh. Rasanya sebanding kok dengan harga itu. 

Ikan lain yang bisa kamu pilih adalah mahi mahi, kakap putih, kakap merah, dan kerapu. Bisa diolah macam-macam lho, seperti ikan bakar atau goreng, tinggal pilih mana bumbu favorit sobat tiket. Misalnya, rica-rica, asam manis, dan saos padang.

Begitu juga dengan kepiting. Mau ukuran sedang ada, ukuran jumbo juga boleh! Sobat tiket yang suka udang atau cumi juga bisa memuaskan hasrat di Rumah Makan Seafood Apong. Karena letaknya dekat Mall Panakkukang, nggak heran kalau rumah makan ini terbilang ramai dikunjungi pengunjung, baik dari dalam kota maupun luar kota.

4. Ikan Kakap Bakar Menggoda di Rumah Makan Lae-Lae

Berada tepat di pusat kota Makassar, Rumah Makan Lae-Lae nyaris nggak pernah sepi pengunjung. Ikan segar jadi keunggulan rumah makan yang beralamat di Jalan Datu Museng ini. Pasokan ikan segar tersebut diambil dari nelayan perairan Spermonde.

Rumah Makan Lae-Lae juga menawarkan berbagai pilihan ikan segar, udang, dan cumi-cumi. Sobat tiket tentu saja bisa memilih sendiri jenis ikannya, lengkap dengan variasi olahan dan sambal empat rasanya.

Namun, sobat tiket wajib memesan ikan kakap bakar kalau singgah di rumah makan ini. Tidak perlu banyak bumbu, tetapi cita rasa asli ikan bakar segar justru terasa lebih nikmat di lidah. Pas banget untuk kamu yang nggak suka bumbu atau rempah-rempah terlalu tajam. Jangan lupa pesan tumis sayuran sebagai pelengkap hidangan ya! 

5. Kepala Ikan Kuah Kuning di Rumah Makan Ulu Juku

Sobat tiket yang penasaran dengan pallumara khas Makassar, wajib mampir ke Jalan Prof. Dr. Abdurrahman Bassalamah No. 99A, persisnya di Rumah Makan Ulu Juku. Pallumara adalah kepala ikan kuah kuning yang terasa segar dan bumbu meresap sampai ke tulang.

Rasa pallumara memang unik. Gurih, pedas, manis, dan asam berbaur jadi satu. Apalagi, kalau sobat tiket menyantapnya dengan sepiring nasi hangat. Hmmm…dijamin ingin makan lagi dan lagi!

Oya, Rumah Makan Ulu Juku juga menyediakan jasa katering dan ruang meeting. Sobat tiket bisa memesan ruang tersebut sewaktu-waktu untuk acara kumpul keluarga, menjamu tamu dari luar kota, atau merayakan hari spesial lainnya. Satu hal yang pasti, makan di Ulu Juku memang lebih seru beramai-ramai! 

Pesan Hotel di Makassar Lewat tiket.com Aja!

Sobat tiket ingin eksplorasi kuliner khas kota Makassar dengan mudah? Pesan hotel di Makassar lewat tiket.com aja. Ada banyak pilihan akomodasi yang terletak di pusat kota dan dekat dengan berbagai rumah makan seafood di Makassar. Harganya juga beragam, bisa kamu sesuaikan dengan bujet yang ada.

Dengan menginap di hotel yang letaknya strategis, kamu bisa makan sampai kenyang dan puas. Jangan lupa cicipi juga jajanan tradisional Makassar ya, supaya petualangan kulinermu semakin komplit! Selamat makan-makan!