,

Rujak Cingur Surabaya, Enaknya Bikin Kamu Nggak Berhenti Makan!

Kalau ditanya, apa makanan khas Surabaya? Sudah pasti jawabannya rujak cingur! Makanan yang satu ini telah menjadi ikon kuliner Surabaya sejak lama. Perjalananmu bakal terasa kurang lengkap kalau ke Surabaya tanpa mencoba rujak cingur.

Nah, kamu yang belum pernah mencicipinya pasti penasaran dengan bentuk serta cita rasanya. Selengkapnya tentang rujak cingur sampai 4 warung rujak cingur terpopuler di Surabaya bisa kamu temukan di sini.

Kuliner Legendaris Surabaya

Sumber: Shutterstock

Rujak cingur, mendengar namanya saja bisa bikin perut keroncongan. Makanan asli Surabaya ini sangat tersohor di kalangan wisatawan. 

Rujak cingur sendiri merupakan penganan yang dibuat dari campuran bumbu kacang dan petis, sayur, buah, lontong, serta cingur. Ya, cingur menjadi primadona di dalam makanan ini. Ibarat makan nasi tanpa lauk, rujak tanpa cingur terasa kurang nikmat.

Kamu yang bukan orang asli Surabaya tampaknya bakal bingung memahami kata cingur. Cingur itu apa sih?

Cingur merupakan sebutan untuk bagian moncong atau mulut sapi. Sebelum diolah menjadi rujak, cingur akan direbus terlebih dahulu sampai matang. Teksturnya cukup unik ketika dimakan, padat dan kenyal.

Saat membeli rujak cingur, kamu biasanya akan ditanya, “Mau rujak matengan atau campur?” Wah, apa lagi itu maksudnya?

Jadi, di Surabaya terdapat 2 jenis rujak cingur yang bisa kamu pilih. Rujak cingur matengan dan campur. Perbedaannya terletak pada isiannya.

Rujak matengan biasanya terdiri dari cingur, sayur kangkung dan taoge yang telah direbus, tahu dan tempe goreng, timun, serta lontong. Sementara, kalau kamu pesan rujak cingur dengan tambahan buah-buahan seperti bengkuang, nanas, dan mangga, itu namanya rujak campur.

Terasa Nikmat dengan Campuran Petis di Dalamnya

Sumber: Shutterstock

Sama halnya dengan cingur, petis merupakan bahan yang wajib ada dalam pembuatan bumbu rujak. Bumbu berwarna hitam dengan aroma khas ini memang menjadi kunci utama dalam membuat beberapa makanan asli Surabaya seperti rujak cingur, lontong balap, tahu campur, dan lontong kupang.

Bicara soal petis, sobat tiket tahu nggak gimana awal mula petis dibuat? Kalau di Jawa Timur, petis mulanya tercipta akibat ketidaksengajaan.

Saat itu nelayan daerah pesisir mendapatkan hasil tangkapan kupang dan udang berlebih.  Dikarenakan ke dua bahan tersebut bisa rusak bila tidak segera ditangani, alhasil istri para nelayan pun mencoba untuk mengawetkannya dengan cara merebus serta diberi lelehan gula batok.Begitulah awalnya petis dibuat. 

Selain Surabaya, petis juga menjadi bumbu wajib bagi sejumlah masakan di Madura. Berbeda dengan petis di Surabaya yang umumnya berwarna hitam, petis Madura cenderung merah kecokelatan dan rasanya lebih asin. Hal ini disebabkan karena bahan yang digunakan berbeda.

Dalam pembuatan bumbu rujak cingur, petis akan diuleg (dihaluskan menggunakan cobek) bersama kacang goreng, cabai rawit, gula jawa, bawang putih goreng, dan pisang batu yang masih muda.

Bumbu yang sudah jadi kemudian dituang di atas isian dan siap untuk disantap. Seporsi rujak cingur paling enak disantap bersama kerupuk blek. Lezat!

4 Rujak Cingur Paling Populer di Surabaya

Sumber: Shutterstock

Menemukan warung rujak cingur di kota Surabaya bukan perkara sulit. Kamu bisa menjumpai banyak penjual rujak cingur di setiap sudut kotanya. Mulai dari rujak cingur yang dijajakan dengan berkeliling maupun menetap di warung sederhana.

Namun, untuk menemukan rujak cingur dengan cita rasa lezat dan unik, maka kamu wajib mampir ke 4 warung rujak cingur berikut ini. 

1. Rujak Cingur Bu Mella

Sobat tiket, kamu pernah dengar kabar rujak cingur seharga Rp60.000* yang sempat viral beberapa bulan lalu nggak? Benar, keberadaan rujak cingur bu Mella ini terkenal karena harga seporsinya yang begitu mahal.

Eiits, tunggu dulu. Mematok harga sebesar Rp60.000* untuk seporsi rujak cingur bukannya tanpa alasan, lho. Pasalnya seporsi rujak cingur bu Mella bisa dinikmati oleh 4 orang. Sekarang kebayang kan seberapa banyak isinya?

Setelah viral, rujak ini pun diburu oleh mereka yang penasaran. Kabarnya, kamu bahkan perlu menunggu hingga 3 jam untuk seporsi rujak cingur karena antreannya begitu mengular.

Selain porsinya yang besar, keunggulan rujak cingur bu Mella adalah bumbu dan cingurnya yang banyak. Makan di sini dijamin bakal bikin perutmu kenyang!

Alamat: Jl. Raya Wiguna Timur, Gunung Anyar

2. Rujak Cingur Ahmad Jais

Sebenarnya harga Rp60.000* untuk rujak cingur bu Mella terbilang wajar mengingat porsinya cukup untuk 4 orang. Kalau sobat tiket tahu, masih ada rujak cingur yang lebih mahal dari Bu Mella, yaitu Rujak Cingur Ahmad Jais.

Seporsi Rujak Cingur Ahmad Jais dijual seharga Rp70.000*. Meski mematok harga fantastis, tapi jualannya begitu laris dan sering menjadi langganan tokoh nasional sampai turis mancanegara.

Lalu, apa yang membuat rujak ini sangat mahal?

Alih-alih menggunakan kacang tanah untuk bumbu rujak seperti yang dilakukan pedagang pada umumnya, Rujak Cingur Ahmad Jaiz memanfaatkan kelezatan kacang mete dalam pembuatan bumbunya.

Selain itu, cingur yang disuguhkan juga melimpah dan tanpa aroma amis. Kenyalnya juga pas, nggak begitu alot.

Alamat: Jl. Achmad Jais No.40, Peneleh, Kec. Genteng, Kota SBY

3. Rujak Cingur Genteng Durasim

Rekomendasi warung rujak cingur selanjutnya adalah Rujak Cingur Genteng Durasim. Menurut cerita, warung ini sudah ada bahkan sebelum Indonesia merdeka, lho. Nggak salah kalau Rujak Cingur Genteng Durasim termasuk kuliner legendaris yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Surabaya.

Nggak berhenti sampai di situ, warung ini juga punya keunikan lain, yaitu cobek yang digunakan usianya sudah lebih dari 70 tahun. Rujak cingur umumnya tidak menggunakan mi sebagai isiannya, tapi di Rujak Cingur Genteng Durasim ini kamu bisa menemukannya. Rasanya pun nggak kalah nikmat dengan dua rujak sebelumnya.

Seporsi Rujak Cingur Genteng Durasim dijual seharga Rp45.000*. Kalau ke sini kamu juga bisa pesan menu sup buntut yang nggak kalah menggoda.  

Alamat: Jl. Genteng Durasim No.29, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY

4. Rujak Cingur Joko Dolog

Buat sobat tiket yang ingin menikmati rujak cingur dengan harga yang lebih bersahabat, silakan datang langsung ke Rujak Cingur Joko Dolog. Harga seporsi rujak cingur di sana hanya Rp20.000*.

Warung rujak ini sudah ada sejak 1970-an. Meski termasuk usaha turun temurun, namun cita rasanya nggak pernah berubah. Sampai sekarang tetap lezat dan sering menjadi langganan penikmat rujak cingur.

Tertarik untuk mencoba? 

Alamat: Jl. Taman Apsari No. 25, Embong Kaliasin, Surabaya

Siap Berburu Rujak Cingur Surabaya?

Sobat tiket, kini untuk menikmati rujak cingur di Surabaya bisa lebih praktis dengan tiket.com. Kamu bisa mendapatkan tiket penerbangan ke Surabaya dengan harga terbaik. Selain itu, penawaran eksklusif berupa potongan harga yang tersedia akan menjaga pengeluaranmu supaya tidak membengkak.

Setelah kenyang dengan seporsi rujak cingur, kamu bisa mulai mengeksplorasi sejumlah tempat wisata keluarga di Surabaya. Mulai dari Atlantis Land Kenjeran sampai Wisata Mangrove Wonorejo, semua tempat tersebut bakal membuat momen liburanmu jadi berkesan.

Liburan sebentar lagi tiba? Ke Surabaya aja!

*harga saat artikel dibuat