,

Jelajah Pulau Ketawai, Surga di Bangka Tengah

Apa kamu pernah mendengar tentang Pulau Ketawai? Surga di Bangka Tengah ini merupakan tempat yang sempurna buat menikmati keindahan alam bawah laut dan bersantai dengan tenang. 

Pasir putih dan lembut dengan gradasi air laut berwarna biru tua, biru muda dan hijau akan membuatmu terpukau akan keindahannya. Suasana di sini tenang, serasa ke pulau milik pribadi!

Jejeran pohon kelapa yang rindang jadi spot paling cocok untuk melindungimu dari terpaan sinar matahari. Pohon-pohon ini tumbuh di sepanjang pantai, membuat pulau ini terlihat sangat hijau dari kejauhan. 

Menjelajahi Pulau Ketawai

Pulau ini memang belum terkenal banget dikalangan wisatawan lokal. Akan tetapi, hal tersebut bisa jadi nilai plus karena berarti tempatnya cukup tenang. Lelah dengan hiruk pikuk kota? Bisa nih kabur ke Ketawai. 

Mengunjungi pulau ini memang lebih enak kalau rame-rame soalnya sewa perahu motor untuk mencapai pulau itu nggak dihitung per kepala. Selain itu, kamu bisa camping juga. Seru kan? Kuy, dibaca ulasan tiket.com tentang Ketawai. 

Tentang Pulau Ketawai

Pulau ini tidak berpenghuni dan hanya dijaga oleh satu orang penjaga. Luas pulaunya sekitar 28 hektar dan masuk wilayah Desa Kurau, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah. 

Sepanjang pulau, kamu akan menemukan ratusan pohon kelapa yang ditanam oleh penduduk Desa Kurau. Pohon kelapa ini tumbuh subur dan buah-buahnya suka berjatuhan di tepian pantai tanpa ada yang mengambilnya. 

Pantai cantik Ketawai sudah mendunia lho, terutama dikalangan peserta kompetisi olahraga perahu layar kelas internasional seperti Sail Komodo, Sail Morotai dan Sail Karimata karena dijadikan tempat singgah. 

Walaupun pulau ini tidak berpenghuni, fasilitas seperti kamar mandi dan mushola ada lho. Kamu bisa langsung mandi setelah berenang maupun snorkeling di sini. Selain itu, terkadang ada pedagang yang menjual makanan dan minuman. Akan tetapi mereka nggak tinggal di Pulau Ketawai. 

Ada baiknya kamu bawa bekal juga ya dan pastikan bawa air yang cukup supaya tidak dehidrasi. 

Pulau ini tidak terlalu ramai, jadi cocok buat kamu yang ingin mencari ketenangan. Biasanya banyak wisatawan mancanegara naik yacht ke Pulau Ketawai di akhir tahun karena mereka ikutan sailing. Nah, baru deh cukup ramai pulaunya. 

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Ketawai

Dengan airnya yang jernih dan cukup tenang, kamu bisa main air atau snorkeling dan juga bersantai di atas pasir pantai yang bersih. Berikut beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pulau Ketawai 

1. Berenang dan Snorkeling

Pulau Ketawai

Pantai di pulau ini jernih dan ikan-ikan bisa kamu lihat berenang kesana kemari dengan mata telanjang. Spektakuler banget! Makanya, kamu harus berenang menikmati kesegaran airnya. Kalau nggak bisa berenang, main air di pinggiran pantai juga menyenangkan kok. 

Pantai ini ombaknya cukup tenang jadi kamu nggak perlu khawatir. Buat kamu yang bisa snorkeling, wajib banget buat menikmati keindahan alam bawah laut! Oh ya, kamu harus bawa peralatan snorkeling sendiri ya soalnya nggak ada yang menyewakan di sini. 

Kalau mau menyelam juga bisa sih. Ada spot-spot bagus di sekitar pantai pulau tapi harus didampingi sama penyelam profesional ya. 

2. Minum Kelapa Muda

Pulau Ketawai

Dengan ratusan pohon kelapa, stok kelapa segar di sini nggak habis-habis deh, sobat tiket. Harus banget nih menikmati kelapa muda yang dijamin seger banget sambil rileks di tepi pantai. 

Kalau mau, kamu bilang ya sama penjaga pulaunya. Ngomong-ngomong, kelapanya langsung dipetik lho dari pohonnya. Nikmatnya!

3. Camping

Buat kamu yang datang ramai-ramai dan memang suka camping, boleh banget nih mendirikan tenda di tepi pantai. Bebas dan gratis. Cuma ya semua peralatannya kamu bawa sendiri ya dan tentunya tetap jaga kebersihan. Sampah-sampahnya dibawa pulang ya, sobat tiket. 

Bagaimana Cara ke Pulau Ketawai?

Pulau Ketawai

Dari kota Pangkal Pinang, kamu bisa naik bus atau angkot menuju Desa Kurau dengan biaya sekitar Rp20.000 per orang. Kalau mau lebih nyaman, kamu bisa menyewa mobil dengan supirnya dengan biaya sekitar Rp150.000. 

Jarak dari pusat kota Pangkal Pinang ke Desa Kurau sekitar 30 kilometer yang bisa dicapai dalam waktu sekitar 1 jam berkendara. Setelah sampai di desa, kamu cari nelayan setempat yang bisa mengantarkanmu ke pulau. 

Tarif sewa perahu motor seharian berbeda-beda, umumnya sih sekitar Rp800.000 pulang pergi dengan kapasitas 10 orang penumpang. Kamu bisa sharing juga dengan wisatawan lain biar lebih murah. 

Perjalanan dari dermaga desa menuju ke Ketawai kurang lebih memakan waktu 45 menit. Sangat disarankan untuk pergi ke Ketawai pagi-pagi soalnya ombak masih tenang. 

Oh ya, kamu juga konsultasi ya sama nelayan lokal mengenai pasang surut air laut. Muara pantai Desa Kurau itu dangkal, sobat tiket. Saat air laut surut, perahu yang menuju ke dermaga maupun masuk ke dermaga bisa kandas. Jadi pastikan kamu minta informasi yang lengkap ya.  Excited mau ke Pulau Ketawai?  Book tiket pesawat di tiket.com ya!

Pulau Kecil di Belitung yang Bisa Kamu Kunjungi

Setelah puas menjelajah Ketawai dan Pulau Bangka, kamu bisa nih langsung ke Pulau Belitung yang tentunya nggak kalah keren. 

Di Pulau Belitung ada pulau kecil yang nggak kalah bagusnya sama Ketawai yang. Namanya Pulau Lengkuas yang terletak di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang. Pulau ini bisa dicapai dalam waktu 30 menit dengan perahu motor. 

Ikon pulau ini adalah mercusuarnya yang masih kokoh dan berfungsi dengan baik walaupun usianya sudah lebih dari 2 abad. Dari atas mercusuar, kamu bisa melihat pemandangan Lengkuas yang super cantik. 

Aktivitas seperti berenang, diving dan snorkeling juga bisa banget dilakukan di sini. Perairan di pulau ini juga nggak terlalu dalam jadi kamu bisa main air dengan tenang. 

Cuaca di pulau ini lumayan panas, jadi bawa air minum yang cukup, topi, kaca mata hitam dan sunblock. Jangan lupa bawa bekal juga dan sampahnya dibawa pulang ya ke pulau utama. 

Pulau Lengkuas sendiri luasnya cuma 1 hektar dan dihuni oleh 3 orang yang merupakan penjaga mercusuar. Kamu bisa keliling pulau, menyusuri pantainya dengan berjalan kaki. 

Sama seperti di Ketawai, kamu juga bisa camping di sini. Pulau ini juga ada listrik tapi hanya menyala dari jam 18.00 sampai 23.00. Kamar mandi dan air bersih ada tapi tidak berlimpah, jadi gunakan dengan bijaksana ya. 

Cara Ke Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas bisa dicapai dari Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi, dan Pantai Tanjung Binga menggunakan perahu motor dalam waktu 30 menit. 

Kamu bisa menyewa perahunya dari warga setempat dengan kisaran harga Rp450.000-Rp550.000 per kapal ukuran kecil. Kapal paling kecil biasanya kapasitasnya bisa sampai 10 orang. 

Seru banget kan wisata baharinya. So, tunggu apa lagi, sobat tiket? Segera pesan tiket pesawatmu ke Bangka Belitung di tiket.com. Suka ada promo lho. Liburan seru dan super asik sudah menanti kamu! Baca juga 6 Museum Unik di Bangka Belitung, biar liburanmu juga bisa nambah pengetahuan dan inspiratif.