, ,

Pulau Bintan, Tetangga Singapura Dengan Segudang Pesona

Terletak bersebelahan dengan Pulau Batam, Pulau Bintan menyimpan banyak sekali destinasi yang menarik. Di tempat ini, Sobat Tiket bisa melakukan aktivitas seperti berselancar di ombak yang bergulung-gulung, snorkeling, diving, hingga menikmati resort mewah yang dibangun oleh Pemerintah Indonesia dan juga Singapura. Selain wisata pantai dan laut, kamu juga bisa mendapat wisata budaya dan religi yang sangat unik serta menikmati kearifan penduduk setempat.

Kalau kamu bosan atau bingung mau melakukan apa untuk menghabiskan cuti dan waktu liburan, tetangga dekat Singapura ini bisa menjadi destinasi pilihan yang seru. Nah, sebelum kamu memutuskan untuk pergi liburan ke Bintan, yuk simak dahulu beberapa tempat seru yang bisa kamu kunjungi di Bintan.

1. Pantai Trikora
Pantai Trikora adalah pantai terpanjang di kawasan timur Pulau Bintan. Garis pantai tempat ini mencapai 25 kilometer sehingga kawasannya dibagi menjadi 4 bagian. Setiap bagian memiliki pondokan-pondokan nyaman, pasir putih yang sangat halus serta pantai biru yang selalu melambai untuk segera kamu datangi dan ceburi.

trikora
Via anekatempatwisata.com

Di pantai ini kamu bisa melakukan banyak sekali aktivitas menyenangkan. Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi sehingga cocok untuk snorkeling dan juga berenang. Selain dua aktivitas situ, kamu juga bisa memancing atau sekadar tiduran di pondokan yang bisa kamu sewa selama seharian sampai puas.

2. Pantai Lagoi
Pantai Lagoi adalah kawasan seru lainnya yang bisa kamu temui di Pulau Bintan. Pantai ini berhadapan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Sehingga kamu pun bisa melihat dua negara itu sembari menikmati pantai yang indah ini. Lakukan kegiatan mengasyikkan seperti snorkeling, memancing, berenang, hingga membakar ikan hasil pancingan di pinggir pantai yang indah.

lagoi
Pantai Lagoi. Sumber.

Oh ya, kawasan Pantai Lagoi terdiri dari dua tempat, pertama pantai yang gratis dan yang kedua pantai pribadi. Pantai yang kedua dikelola sebuah resort sehingga kamu harus membayar jika ingin masuk ke sana. Selain itu, semua pembayaran pada resort itu menggunakan dolar Singapura. Benar-benar ada secuil Singapura di Pulau Bintan.

3. Desa Sri Bintan
Kamu yang suka dengan suasana pedesaan asli melayu yang ada di kawasan Bintan, coba datanglah ke Desa Sri Bintan. Di tempat ini kamu bisa menemukan desa yang masih asri dan mempertahankan adatnya. Kamu bisa berkeliling di kawasan ini sembari melakukan trekking di Gunung Bintan yang cukup menguras adrenalinmu.

tugu durian
Tugu Durian Desa Sri Bintan. Via sotonkqu

Oh ya, selain berisi desa yang unik juga tempat untuk menjelajah. Kawasan ini juga dikenal sebagai surganya durian yang sangat nikmat. Bahkan sebagian orang menyebut kawasan ini sebagai negerinya durian jatuh. Di tempat ini kamu bisa menikmati durian segar yang jatuh dari pohonnya karena sudah masak. Penggemar durian, bersiaplah makan durian sampai mabuk.

4. Vihara Avalokitesvara Graha
Kawasan Pulau Bintan memiliki penduduk keturunan Tionghoa yang cukup banyak. Tidak pelak, kawasan ini juga memiliki bangunan peribadatan masyarakat Tionghoa bernama Vihara Avalokitesvara. Vihara ini terletak sekitar 14 kilometer dari Tanjung Pinang dan selalu ramai dikunjungi oleh banyak sekali wisatawan baik domestik maupun mancanegara setiap hari.

vihara
Vihara. Via bintan-resort.com

Yang menjadikan vihara ini unik dan selalu dikunjungi oleh banyak orang adalah megahnya bangunan. Konon, tempat peribadatan ini terbesar di Asia Tenggara dengan patung Dewi Kuan Yin Phu Sa yang memiliki tinggi 16,8 meter dan berat 40 ton. Patung ini bersepuh emas 22 karat sehingga terlihat sangat memesona.

5. Pulau Penyengat
Meski tidak terletak di pulau utama, Pulau Penyengat berjarak hanya sekitar 2 kilometer dari Pulau Bintan. Untuk sampai ke sini, kamu bisa menyewa perahu motor yang setiap hari mengantar banyak wisatawan dari dan ke Pulau Penyengat. Oh ya, pulau penyengat berukuran 2.000 meter untuk panjang dan lebar 850 meter sehingga bisa dijelajahi semua isinya dalam sehari.

penyengat
Via batampos

Pulau Penyengat memiliki banyak sekali bangunan bersejarah. Kawasan ini pernah menjadi saksi kehancuran Imperium Melayu yang terdiri dari Kesultanan Johor, Pahang, Siak, dan Lingga. Di sini pernah terjadi juga perang saudara perebutan tahta Kesultanan Johor di masa lalu. Karena peristiwa bersejarah itu, pada tahun 1995 silam, UNESCO menganugerahi Pulau Penyengat sebagai Situs Warisan Budaya Dunia.

Inilah berbagai destinasi pilihan di Pulau Bintan yang keren dan layak untuk kamu kunjungi. Sebelum kamu traveling ke Singapura atau pun Malaysia, lebih enak sih jelajahi terlebih dahulu Bintan yang punya segudang pesona ini.Yuk, liburan!