,

Potret Cantik Pantai Balekambang, Rasakan Pengalaman Berbeda!

Menyegarkan pikiran dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mengunjungi pantai. Udara segar, langit biru, embusan angin, dan suara deburan ombak menawarkan sensasi menenangkan, membantu kamu melupakan sejenak kepenatan sehari-hari.

Jika mencari pantai di Malang, maka sobat tiket harus ke Pantai Balekambang. Tidak hanya cantik, objek wisata ini memiliki julukan Tanah Lot-nya Jawa Timur. Ada hal menarik apa saja di sini? Baca terus di bawah, ya!

Mengenal Pantai Balekambang

Sumber: Shutterstock

Balekambang adalah salah satu wisata alam favorit di Malang. Hal tersebut disebabkan karena pantai ini memiliki topografi dan lanskap berbeda dari pantai-pantai di pesisir Jawa Timur lainnya. Pantai ini condong ke arah selatan Pulau Jawa.

Transportasi Menuju Pantai Balekambang

Untuk menuju Pantai Balekambang, sobat tiket bisa menaiki transportasi umum atau membawa kendaraan pribadi. Masing-masing cara memiliki kelebihan masing-masing seperti memberikan nuansa petualangan dan menjumpai pemandangan indah selama perjalanan.

Kalau sobat tiket ingin menggunakan transportasi umum, kamu bisa mengarah ke Terminal Arjosari. Kemudian, naiklah angkot jurusan Terminal Gadang. Setelah itu, pilihlah angkot menuju Bantur dan turun di Kecamatan Gondanglegi atau Pagelaran. Terakhir, kamu bisa menyewa jasa ojek untuk menuju pantai.

Sementara kalau sobat tiket ingin membawa kendaraan pribadi, ada dua rute; Malang-Bululawang dan Malang-Kepanjen. Ketika mulai memasuki wilayah Bantur, kamu akan disuguhi hamparan hutan tropis dan jati. Namun, di sini kamu juga harus meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara, karena terdapat banyak tikungan tajam.

Pesona Pantai Balekambang

Sumber: Shutterstock

Pantai Balekambang layak menjadi favorit banyak pengunjung, karena memiliki air sangat jernih serta pemandangan eksotis. Selain itu, kebersihan pantai pun begitu terjaga. Ada pula tiga pulau kecil memesona di sekitar bernama Anoman, Ismoyo, dan Wisanggeni.

Ketiga daratan di tengah laut tersebut dapat diakses menggunakan jembatan sepanjang 100 meter. Dari tepi pantai, pesona Pulau Ismoyo paling terlihat jelas, apalagi di sini terdapat pura bernama Amerta Jati. Berada di tempat peribadahan, sobat tiket tentu harus benar-benar menjaga sikap dan norma.

Ada pula makam pemuka agama islam asal Yogyakarta bernama Syaikh Abdul Jalil. Setiap tanggal 1 Sya’ban, masyarakat sekitar biasa berziarah. Jadi, selain menikmati keindahan alam, di sini kamu bisa sekalian berwisata religi. Sementara itu, Pura Amerta Jati pun difungsikan sebagai tempat upacara Nyepi.

Sejarah Pantai Balekambang

Dulu kawasan sekitar pantai ini adalah hutan dengan pepohonan sangat lebat, sehingga jarang dijamah oleh masyarakat. Semenjak 1978, penduduk Desa Srigonco mulai membuka akses tempat ini dan lima tahun kemudian diresmikan sebagai tempat wisata oleh Bupati Malang yang menjabat saat itu, Eddy Slamet.

Selain penduduk Desa Srigonco, Syaikh Abdul Jalil memiliki andil cukup besar dalam pembukaan akses tersebut, sehingga jenazah beliau disemayamkan di area Pantai Balekambang sebagai tanda terima kasih.

Mitos di Pantai Balekambang

Meskipun simpang siur, terdapatnya mitos pada sebuah objek wisata bisa menarik minat para wisatawan untuk datang. Apalagi, Balekambang merupakan salah satu pantai selatan, sehingga sangat erat dengan hal-hal berbau mistis.

Mitos di Pantai Balekambang adalah jika pasangan belum menikah ke sini, maka hubungan mereka akan kandas di tengah jalan, mirip legenda Candi Prambanan. Kemudian, air laut di sini dipercaya mampu membuat wajah awet muda. Maka, tidak heran sobat tiket akan melihat banyak pengunjung berendam.

Aktivitas Menarik di Pantai Balekambang

Di sini, sobat tiket bisa bermain pasir di sepanjang bibir pantai, karena ombak di sini relatif tidak terlalu besar. Namun, saat kondisi alam tidak baik, pengelola akan memberikan peringatan untuk menjauhi pantai.

Ketika air sedang surut, sobat tiket akan dengan mudah melihat indahnya beragam batu karang Ikan hias kecil dan biota laut lainnya pun terlihat berkumpul seolah menyambut kedatangan kamu. Jagalah kelestarian laut ini dengan cara tidak membuang sampah sembarangan atau tindakan ceroboh lainnya.

Aktivitas menarik lain di Pantai Balekambang adalah melihat upacara tradisi adat seperti Suroan Jalanida Puja. Masyarakat sekitar masih memegang teguh budaya ini, sehingga agenda ini akan ada setiap tahun. Jangan sampai ketinggalan ya, sobat tiket!

Tradisi Suroan Jalanida Puja merupakan suatu ritual yang diadakan setiap tanggal 1 September dan bertujuan untuk ketenteraman batin dan keselamatan.

Ingin menguji adrenalin sekaligus memandang pemandangan indah dari atas? Bisa banget! Datanglah ke Pulau Ismoyo untuk bermain flying fox. Kamu cukup membayar Rp. 20.000,- untuk wahana ini. Namun, fasilitas ini hanya dibuka saat akhir pekan atau hari libur nasional.

Setelah lelah menjelajah potret cantik Pantai Balekambang, jangan lupa untuk mengisi perut dengan sajian makanan laut di Pasar Dampit. Di sini kamu bisa membeli makanan laut dalam keadaan mentah atau matang.

Pesona Pantai Balekambang mungkin tidak cukup jika dinikmati dalam satu hari. Oleh karena itu, sobat tiket bisa berkemah di sini untuk melihat matahari terbit atau menunggu sang surya tenggelam. Dijamin kegiatan bermalam kamu memberikan pengalaman tersendiri.

Fasilitas Pantai Balekambang

Fasilitas yang tersedia di sini terbilang cukup lengkap, sehingga dapat menunjang kebutuhan pengunjung. Sebut saja penginapan dan vila, dan tidak heran saat akhir pekan atau hari libur nasional, kamar-kamar pun penuh dipesan.

Tempat parkir, toilet, dan musala dapat kamu temukan dengan mudah, jadi tidak perlu khawatir liburan kamu akan terganggu. Mau bersantai sejenak? Pastikan kamu menemukan bungalo yang ada di pantai ini, ya!

Arena perkemahan, kantor informasi, pendopo, sampai toko oleh-oleh bisa kamu temukan juga di Pantai Balekambang. Oleh-oleh di sini dipatok dengan harga terjangkau, sehingga tidak perlu khawatir kantong sobat tiket jebol.

Tips Berkunjung ke Pantai Balekambang

Sumber: Shutterstock

Saat berwisata alam, sobat tiket perlu melakukan persiapan lebih agar liburan terasa lebih menyenangkan. Tips utama berkunjung ke Pantai Balekambang adalah sangat disarankan datang sejak pagi untuk melihat keindahan matahari terbit sekaligus menghindari terik matahari.

Sebagai pelindung dari sengatan matahari, jangan lupa membawa penutup kepala seperti topi atau payung. Krim tabir surya, body lotion, dan pelembap juga tidak kalah penting untuk melindungi kulit kamu.

Pantai Balekambang memiliki pesona keindahan alam dan daya tarik lain, sehingga sayang sekali kalau kunjungan sobat tiket tidak diabadikan. Oleh karena itu, sebelum berangkat isilah penuh batrei kamera.

Kondisi alam saat ini susah untuk diprediksi. Jadi, untuk meningkatkan keamanan di tempat wisata alam, selalu patuhilah petunjuk dan larangan pengelola setempat agar terhindar dari kemungkinan-kemungkinan buruk.

Jelajah Pantai Lain di Malang?

Keindahan Balekambang memang bisa diacungi jempol. Namun, menjelajah Malang lebih seru dengan mengunjungi pantai lain, sebut saja Watu Leter. Wisata alam ini bahkan pernah diliput acara jalan-jalan dari sebuah stasiun televisi swasta.

Persiapkan segala akomodasi kamu ya sebelum liburan. Berencana berangkat ke sini dengan memesan tiket pesawat ke Malang? Cari semua di tiket.com! Nikmati juga banyak promo menarik untuk liburanmu. Selamat bersenang-senang, sobat tiket! Nikmati juga banyak promo menarik untuk liburanmu. Selamat bersenang-senang, sobat tiket!