Perkembangan Kereta Api di Indonesia

,

Serba-Serbi Perkembangan Kereta Api di Indonesia

Siapa Sobat Tiket yang sering menggunakan kereta api sebagai sarana transportasi liburan? Kereta dipilih menjadi pilihan masyarakat Indonesia karena menawarkan kenyamanan, kecepatan dan yang paling penting, anti macet. Tapi tahukah kamu bagaimana perkembangan kereta api di Indonesia dari dahulu sampai sekarang?

Kereta api di Indonesia melalui sejarah yang panjang untuk menjadi seperti sekarang. Intip yuk, di sini!

Sejarah Kereta Api di Indonesia

Perkembangan Kereta Api di Indonesia - Sejarah Kereta Api

Pada tanggal 17 Juni 1864, sejarah kereta api di Indonesia lahir dengan rute Stasiun Samarang – Stasiun Tanggung. Pembangunan dilakukan di masa pemerintahan Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Ludolph Anne Jan Baron Sloet van de Beele. Kemudian, sejarah kereta api di Indonesia berlanjut ke 3 tahun berikutnya yakni, pada 10 Agustus 1867. Pada tahun tersebut, 3 kota di Jawa Tengah yakni, Semarang, Solo, Yogyakarta berhasil terhubung dengan rute kereta api.

Ketika Indonesia berhasil meraih kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, terjadi sejarah kereta api di Indonesia lainnya yaitu mengambil alih penguasaan kereta api oleh Jepang. Puncaknya, pada tanggal 28 September 1945 aksi pengambil alihan dkantor pusat kereta api di Bandung, kini diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia.  Pada tahun yang sama dibentuklah DKARI atau Djawatan Kereta Api Republik Indonesia yang merupakan cikal bakal dari PT. Kereta Api Indonesia (Persero).

Kereta Api Indonesia Sekarang

Perkembangan Kereta Api di Indonesia - Kereta Api Sekarang

Sekarang, kereta api menjadi salah satu transportasi umum pilihan para masyarakat Indonesia. Armada yang sudah semakin banyak dengan beragam fasilitas selalu ditingkatkan oleh PT. KAI demi kepuasan pelanggan. Dengan kemajuan teknologi, pesan tiket kereta api pun bisa dilakukan secara online, sehingga masyarakat bisa memesan tanpa perlu ke stasiun.

Berbagai layanan kereta dari PT. KAI mulai dari, kereta kelas Eksekutif, Campuran dan Ekonomi, kereta api lokal, hingga kereta api langsung menuju bandara kini tersedia. Fasilitas dalam gerbong kereta pun sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan, televisi, hingga makanan tersedia selama perjalanan. Hingga tahun 2016, PT. KAI telah memiliki sebanyak 420 unit lokomotif, 578 unit KRL atau kereta listrik, 121 unit KRD atau kereta diesel, 1.607 unit kereta penumpang dan 6.782 unit gerbong.

Jalur Kereta Api Indonesia

Perkembangan Kereta Api di Indonesia-Jalur Kereta Api Indonesia

Untuk daop kereta atau daerah operasi kereta api di Indonesia, terdapat 9 daop di pulau Jawa. Adapun beberapa daop tersebut antara lain:

Daerah Operasi Kereta Stasiun yang Dilalui
Daerah Operasi I Jakarta Stasiun Jakarta Kota – Stasiun Nambo
Daerah Operasi II Bandung Stasiun Padalarang dan Stasiun Sukabumi
Daerah Operasi III Cirebon Stasiun Haurgeulis, Stasiun Pegaden Baru
Daerah Operasi IV Semarang Stasiun Tegal, Stasiun Pemalang
Daerah Operasi V Purwokerto Stasiun Prupuk dan Stasiun Kroya
Daerah Operasi VI Yogyakarta Stasiun Lempuyang, Stasiun Klaten, Stasiun Wonogiri
Daerah Operasi VII Madiun Stasiun Madiun dan Stasiun Nganjuk
Daerah Operasi VIII Surabaya Stasiun Surabaya Gubeng dan Surabaya Pasarturi
Daerah Operasi IX Jember Stasiun Klakah dan Stasiun Jatiroto.

Tidak heran dengan perkembangan kereta api di Indonesia, kini masyarakat sering memesan tiket kereta untuk liburan. Karena, fasilitas yang sudah lengkap dan jadwal yang tepat waktu, Sobat Tiket bisa mencoba menggunakan kereta api sebagai alternatif transportasi liburan. Jika belum pernah naik kereta api, Sobat Tiket bisa mencari tahu langkah-langkah naik kereta api bagi pemula.  

Perkembangan Kereta Api di Indonesia - KAI Expo

Jadi, tunggu apalagi? Langkah selanjutnya adalah Sobat Tiket bisa berburu harga tiket murah kereta api dan berbagai discount untuk liburan di KAI Expo pada tanggal 3 – 4 November di ICE BSD. Jangan lupa kunjungi booth tiket.com di sana ya, Sobat Tiket! Yuk, pesan tiket kereta api melalui aplikasi tiket di smartphone sekarang!