,

Awas Jatuh Cinta! Inilah Daya Tarik Pantai Teluk Asmara

Pesona alam di Malang Selatan memang luar biasa. Deretan pantai cantik yang ada di sana nggak kalah menarik dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Di antara sekian pantai di Malang, Pantai Teluk Asmara merupakan salah satu pantai paling menawan.

Buat kamu yang hobi mantai, main ke Pantai Teluk Asmara bisa jadi cara terbaik untuk mengisi waktu liburan. Penasaran seperti apa daya tarik dari objek wisata yang satu ini? Pastikan kamu membacanya sampai habis, ya!

Cara Menuju Pantai Teluk Asmara

Sumber: Shutterstock

Pantai Teluk Asmara berlokasi di Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang. Bila berangkat dari kota Malang, jarak yang dibutuhkan untuk tiba di lokasi yaitu sekitar 2 jam 13 menit.

Dari pusat kota, arahkan kendaraan menuju daerah Kepanjen-Turen-Sumbermanjing Wetan. Sesampainya di Jalur Lintas Selatan, ambil rute menuju Pantai Clungup hingga menemukan perempatan. 

Lurus aja menuju Pantai Goa Cina. Sekitar 500 meter dari perempatan kamu akan menemukan pintu masuk Pantai Teluk Asmoro. 

Harga Tiket dan Fasilitas Pantai Teluk Asmara

Untuk menikmati pemandangan Pantai Teluk Asmara, berikut detail biaya yang harus kamu keluarkan

  • Tiket masuk Pantai Teluk Asmoro Rp10.000* per orang
  • Parkir kendaraan roda empat Rp10.000*
  • Parkir motor Rp5.000*

Meski termasuk objek wisata baru, fasilitas di Pantai Teluk Asmara cukup memadai. Ada kamar mandi untuk basuh diri setelah bermain air di pantai, gazebo untuk bersantai, musala, dan camping ground.

Jadi, buat kamu yang mau berkemah di Pantai Teluk Asmara ini bisa banget, sobat tiket. Menariknya, di sini juga ada tempat penyewaan alat-alat camping seperti tenda dan matras. Kalau begitu, nggak perlu khawatir deh kalau ada peralatan kemah yang ketinggalan. 

Punya Pemandangan Mirip Raja Ampat

Sumber: Shutterstock

Dibuka sejak tahun 2017, Pantai Teluk Asmara berhasil menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Kalau sobat tiket ingin pergi ke Raja Ampat, tapi ongkos masih pas-pasan, kamu bisa mengunjungi Pantai Teluk Asmara sebagai gantinya.

Coba tengok bagaimana cantiknya Pantai Teluk Asmara. Dari ketinggian kamu bisa melihat gugusan pulau karang yang penuh pepohonan tampak mengapung di atas air pantai yang berwarna biru kehijauan. Nggak cuma satu, tapi ada beberapa, lho.

Pemandangannya pun semakin cantik dengan perpaduan warna langit biru serta pasir pantai berwarna putih. Rasanya nggak berlebihan kalau tempat ini disebut mirip dengan pemandangan Raja Ampat.

Uniknya lagi, kalau kamu perhatikan ternyata perbukitan di sekitar pantai tampak membentuk tanda hati. Dari sanalah asal mula pantai ini dinamakan Teluk Asmara.

Mirip dengan pantai selatan pada umumnya, Pantai Teluk Asmara juga punya ombak yang besar. Jadi, buat kamu yang ingin berenang, nggak disarankan melakukannya di sini. Tapi kalau sekadar main air di bibir pantai masih bisa kok. 

Seru Buat Foto-Foto

Sumber: Shutterstock

Saat ini berfoto menjadi agenda wajib yang harus dilakukan saat pergi ke tempat wisata. Fenomena ini pun mengundang pihak pengelola pariwisata berlomba-lomba menciptakan spot foto unik. Tujuannya tentu saja untuk menarik perhatian pengunjung.

Tak terkecuali Pantai Teluk Asmara. Di beberapa area, kamu bakal menemukan spot-spot foto super kece. Yang paling unik sih spot foto di area bukit.

Di sana kamu akan menemukan tulisan Bukit Pantai Teluk Asmara sebagai hiasannya. Sementara itu, bagian tengah antara tulisan Bukit dan Pantai Teluk Asmara terdapat gardu pandang berbentuk hati.

Spot ini pun makin terlihat memesona karena latar belakangnya merupakan pemandangan laut lepas dan perbukitan karang. Sembari berfoto, menikmati keindahan alam yang tersaji di depan mata bisa membuat pikiran dan tubuh rileks.

Selain spot foto yang ada di atas bukit, ada juga spot foto dengan hiasan tulisan Teluk Asmara dan ornamen hati di tengah-tengahnya. Di bagian bawahnya ada panggung berbentuk hati sebagai pijakan untuk berfoto.

Saat air laut surut, bebatuan karang yang ada di sekitar pantai akan menampakkan diri. Sambil bermain air, kamu bisa melihat ikan-ikan kecil berenang dan bersembunyi di balik karang. Mengabadikan momen dengan latar belakang air pantai yang surut pun nggak begitu mengecewakan. Asal sudut pengambilan gambarnya dilakukan dengan tepat.

Cocok untuk Berkemah

Berkemah menjadi cara terbaik untuk menikmati setiap detail keindahan Pantai Teluk Asmara. Setibanya di lokasi kamu bisa mulai menjelajahi area-area menarik yang ada di Pantai Teluk Asmara sambil menunggu sore datang.

Pemandangan cantik saat matahari terbenam menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu saat liburan ke pantai. Saat matahari perlahan-lahan kembali ke peraduan, semburat jingga di langit menjadi pemandangan yang nggak boleh dilewatkan.

Semilir angin pantai lengkap dengan suara ombak yang berdebur menjadikan suasana sunset makin komplet. Saat malam tiba, kamu dan teman-temanmu bisa bercengkrama sambil menikmati seduhan minuman hangat. Kalau nggak mendung, kamu bisa melihat hamparan langit yang bertabur bintang.

Menjelang pagi, suasana ketika sang fajar menyingsing bisa menjadi pembuka hari yang sempurna. Karena momen sunrise berlangsung cepat, kamu bisa juga mengabadikannya melalui jepretan kamera. Hasilnya nggak kalah cantik dengan suasana sunset.

Lokasinya Dekat dengan Sejumlah Pantai Populer di Malang

Sepulang dari Pantai Teluk Asmara, sobat tiket bisa sekalian mampir ke pantai-pantai di Malang lainnya yang lokasinya berdekatan. Tiga pantai berikut ini misalnya. 

1. Pantai Tiga Warna

Pantai ini berlokasi sekitar 21 menit dari Pantai Teluk Asmara. Pemandangannya nggak kalah indah dengan Pantai Teluk Asmara. Sayangnya, kalau mau ke sini kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Pasalnya, per hari hanya dibatasi 100 pengunjung.

Aturan tersebut nggak lepas dari statusnya yang menjadi bagian dari wilayah konservasi hutan lindung. Nggak heran deh kalau lingkungan Pantai Tiga Warna begitu bersih dan asri. Satu hal yang nggak boleh dilewatkan kalau berkunjung ke sini adalah snorkeling. Terumbu karang yang indah serta aneka biota laut akan menyambut kedatanganmu. 

2. Pantai Clungup

Pantai Clungup masih berada di area yang sama dengan Pantai Tiga Warna. Kalau masih punya banyak waktu, sekalian aja ke sini. Ombak di pantai ini cukup tenang karena terhalang pulau-pulau kecil di depannya.

Mau berenang atau sekadar main air di sekitar pantai pun bisa dilakukan. Sama halnya dengan Pantai Tiga Warna, lingkungan Pantai Clungup terbilang bersih dari sampah-sampah pengunjung. Kalau ke sini, pastikan kamu juga menjaga kebersihan lingkungannya, ya! Jangan buang sampah sembarangan.

3. Pantai Goa Cina

Selain dua alternatif di atas, dari Pantai Teluk Asmara kamu juga bisa berkunjung ke Pantai Goa Cina yang lokasinya berada sekitar 17 menit berkendara. Kabarnya, di sana ada sebuah gua yang dulu pernah digunakan oleh pendeta  keturunan Cina untuk bertapa.

Hamparan pasir putih serta beberapa pulau karang kecil di sekitar pantai menjadi daya tarik utama Pantai Goa Cina. Pemandangannya pun cukup indah untuk dijadikan sebagai latar belakang berfoto.

Oh iya, pengunjung yang datang nggak diperkenankan untuk berenang di sini mengingat ombak yang besar serta arus bawah laut yang kuat. 

Pantai di Malang Memang Juara

Berencana untuk singgah di pantai sekitar Pantai Teluk Asmara? Kalau iya, membawa kendaraan pribadi adalah pilihan terbaik agar perjalananmu lebih nyaman.

Biar nggak pusing cari kendaraan, sewa mobil dengan aplikasi tiket.com bisa jadi solusi. Selain menyediakan harga sewa yang bersaing, jenis kendaraannya juga beragam. Selamat bersenang-senang, sobat tiket!

*harga saat artikel ditulis