,

Berkunjung ke Pantai Papuma, Cantiknya Tiada Tara!

Nggak perlu liburan sampai ke Bali untuk mendapatkan pemandangan pantai yang cantik. Jember juga punya Pantai Papuma dengan segala keindahannya, lho. Pantai yang dikenal sebagai objek wisata andalan Jember ini selalu berhasil memikat perhatian pengunjung. Rasanya bakal sangat banget kalau kamu ke Jember tanpa mampir ke Pantai Papuma.  

Objek Wisata Andalan Jember

Sumber: Shutterstock

Nama Papuma diambil dari singkatan “Pasir Putih Malikan”. Konon, penamaan pantai cantik ini nggak lepas dari mitos yang menyelimutinya.

Seperti yang kamu tahu, di sekitar Pantai Papuma banyak banget batu-batu karang yang menonjol. Salah satu di antaranya dulu pernah menjadi lokasi memancing Raden Mursada dan berhasil mendapatkan ikan ajaib Raja Mina.

Di sisi lain, ada yang menyebutkan kalau Raden Mursada juga pernah bertemu ular naga bernama Nogo Rojo. Sang raden pun berhasil menaklukkan ular naga, kemudian memotongnya menjadi tiga bagian. Kabarnya, bagian-bagian tersebut kini menjelma jadi bebatuan yang ada di sekitar Pantai Papuma.

Apapun mitos yang berkembang di Pantai Papuma, yang jelas kawasan pantainya masih asri dan alami, sebuah lokasi yang tepat untuk menghabiskan momen liburan. Buat kamu yang masih bingung mau ke mana akhir pekan nanti, Pantai Papuma bisa menjadi jawaban.

Lokasi Pantai Papuma

Lokasi Pantai Papuma berada sekitar 35 km ke arah selatan dari pusat Kota Jember. Kalau kamu datang menggunakan kendaraan pribadi, butuh waktu sekitar 58 menit untuk tiba di lokasi. 

Tiket Masuk Pantai Papuma

Liburan itu nggak harus mahal, buktinya untuk menikmati pesona Pantai Papuma saja kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp15.000* per orang saat weekdays. Beda lagi kalau kamu datang saat akhir pekan, tiket masuknya dipatok Rp30.000*.

Jika kebetulan kamu bawa rombongan turis mancanegara, tarifnya sekitar Rp17.000* saat weekdays dan Rp30.000* bila datang di akhir pekan.  

6 Aktivitas Seru di Pantai Papuma

Sumber: Shutterstock

Liburan tanpa rencana bisa membuat momen jalan-jalan jadi nggak menarik hingga berubah membosankan. Pastinya, kamu nggak mau berakhir seperti itu, kan?

Buat kamu yang berencana datang ke Pantai Papuma, ini lho, 6 aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sana. Apa saja kira-kira? 

1. Menikmati Pemandangannya yang Indah

Aktivitas pertama yang sudah pasti harus dilakukan ialah menikmati pemandangannya yang indah. Saat tiba, kamu akan disambut oleh hamparan pasir putih yang lembut berpadu dengan warna air laut biru kehijauan.

Nggak jauh dari bibir pantai, kamu bisa melihat gugusan karang besar yang menjulang tinggi dengan bentuk yang unik. Salah satu yang menarik perhatian adalah batu Gunung Kajang. Tingginya kurang lebih 100 meter dan bagian atasnya lebih mengerucut.

Deretan bebatuan inilah yang menjadi ciri khas dari Pantai Papuma dan selalu berhasil membuat orang-orang yang melihatnya jatuh cinta. 

2. Berkemah Sembari Menunggu Matahari Terbit

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati setiap detail keindahan Pantai Papuma. Salah satunya dengan berkemah. Ya, berkemah merupakan aktivitas yang cukup populer di kawasan ini.

Apalagi, kamu nggak perlu khawatir tentang ketersediaan makanan. Bila bekal mulai habis, kamu tinggal membelinya di warung-warung makanan yang ada di sekitar pantai. Oh iya, selama berkemah di Pantai Papuma, usahakan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungannya.

Saat matahari mulai kembali ke peraduannya dan langit berangsur-angsur gelap, kini saatnya menikmati suasana malam Pantai Papuma. Coba tengok ke atas, gemerlap bintang-bintang tampak cantik menghias hamparan langit. Belum lagi, suara ombak yang berdebur membuat suasana makin syahdu.

Menikmati malam bertabur bintang memang menyenangkan, tapi jangan sampai hal tersebut membuatmu bangun kesiangan, ya! Pasalnya, pemandangan saat matahari terbit benar-benar sayang bila dilewatkan.

Menjelang pagi, kamu bakal menyaksikan semburat cahaya matahari menyelinap di antara batu-batu karang yang menjulang. Siluet karang pun terlihat memukau dengan latar belakang langit berwarna jingga. Sungguh pemandangan yang menakjubkan.

3. Berburu Ikan Segar

Kamu penikmat makanan laut? Kebetulan, Pantai Papuma juga menjadi lokasi mendarat para nelayan yang pulang dari melaut. Kamu bisa membeli ikan hasil tangkapan mereka untuk dibakar langsung di tempat.

Menikmati sajian ikan bakar di pinggir pantai diiringi sepoi-sepoi angin laut menjadikan suasana bersantap jadi lebih menyenangkan. Apalagi bila ditambah dengan es kelapa muda sebagai minuman penutup. Mantap!

4. Mengunjungi Siti Hinggil

Mau tahu nggak gimana cantiknya Pantai Papuma saat dilihat dari ketinggian? Sobat tiket bisa pergi ke Siti Hinggil, yaitu sebuah bukit yang ada di kawasan Pantai Papuma. Lokasi masuknya berada di sebelah selatan, searah dengan batu Gunung Kajang.

Wisatawan yang berkunjung ke sini akan dikenakan tiket masuk tambahan sebesar Rp10.000*.  Untuk memudahkan pengunjung menuju puncak bukit, pihak pengelola telah menyediakan tangga yang cat warna-warni.

Begitu tiba di gardu pandang bagian atas, sejauh mata memandang kamu akan melihat pemandangan terbuka yang luar biasa. Di sisi barat, tersaji bukit hijau dengan posisi menjorok ke laut.

Sementara di bagian timur kamu bakal menemukan garis pantai berbentuk cekung. Panoramanya pun makin sempurna dengan barisan perbukitan sebagai latar belakangnya.

Jadi, bila sobat tiket berkunjung ke Pantai Papuma, pastikan kamu ke sini,  karena pemandangannya dijamin nggak akan membuatmu kecewa!  

5. Berburu Spot Foto Instagramable

Sumber: Shutterstock

Dengan pemandangan pantai yang begitu cantik, pastinya sayang dong kalau nggak diabadikan lewat jepretan kamera. Sambil menikmati suasana Pantai Papuma, kamu bisa sekalian berburu spot instagramable.

Kamu bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Kajang yang menjadi ikon Pantai Papuma atau mengambil foto dengan background pemandangan Pantai Papuma dari ketinggian di Siti Hinggil. Silakan pilih spot mana yang menarik perhatianmu.

Lokasi ini juga sering dipilih calon pengantin untuk melakukan foto pre-wedding, lho. Suasana senja merupakan momen yang ditunggu-tunggu untuk melakukan pemotretan karena pemandangannya bakal terlihat eksotis dan romantis. 

6. Mampir ke Pantai Watu Ulo 

Dari Pantai Papuma, kamu bisa sekalian mampir ke Pantai Watu Ulo yang berada nggak jauh dari pintu masuk Pantai Papuma.

Uniknya, meski ke dua pantai tersebut berada di garis pantai yang sama, tapi karakteristik pantainya berbeda. Lihat saja gimana penampilan pasir di sana. Alih-alih berwarna putih, pasir Pantai Watu Ulo justru berwarna hitam.

Penamaan Watu Ulo ini nggak lepas dari keberadaan batu dengan panjang sekitar 110 meter yang mengarah ke laut. Batu tersebut punya permukaan kasar dan menyerupai sisik ular.

Ada legenda yang menyebutkan kalau batu tersebut merupakan sebuah ular yang sedang bersemedi dan akan menjelma ke wujud manusia saat terbangun nanti.

Gimana? Kamu percaya nggak?

Terlepas dari legenda yang menyelimutinya, pemandangan Pantai Watu Ulo nggak kalah indah dengan Pantai Papuma.

Sekalian Mampir ke Banyuwangi, Kuy!

Jarak dari Jember ke Banyuwangi nggak begitu jauh. Kalau sobat tiket punya waktu berlibur yang panjang, sekalian saja mampir. Kamu bisa pesan tiket keretanya di tiket.com untuk menghemat waktu perjalanan dan tenaga.

Setibanya di Banyuwangi,  kamu bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata populer di Banyuwangi dan dapatkan momen liburan yang menyenangkan. Selamat menjelajah sobat tiket!

*harga saat artikel dibuat