,

Punya Pesona Luar Biasa, Inilah 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Ngliyep

Selain pegunungan yang sejuk, Malang juga dianugerahi dengan pantai-pantai cantik di bagian selatannya. Di antara deretan pantai cantik yang ada di Malang, nama Pantai Ngliyep menjadi salah satu yang populer.

Di pantai ini kamu bisa melakukan sejumlah aktivitas seru yang bisa membuat momen liburanmu makin berkesan. Penasaran seperti apa? Simak informasinya berikut ini!

Sekilas Tentang Pantai Ngliyep

Sumber: Shutterstock

Saat akhir pekan atau liburan tiba, banyak pengunjung yang datang ke Pantai Ngliyep untuk melakukan relaksasi dari hingar bingar perkotaan.

Soal pemandangan nggak usah diragukan lagi. Suasana asri di Pantai Ngliyep masih terjaga dengan baik. Tebing-tebing curam yang ditumbuhi rimbunnya pepohonan di sekitar pantai pun membuat suasana sekitar tampak segar.

Hamparan pasir putih yang lembut mampu membuat tubuh kembali rileks saat kamu berjalan di atasnya. Warna air lautnya juga nggak begitu mengecewakan. Air laut yang berwarna biru kehijauan tampak serasi dengan hamparan pasir putih di bibir pantai.

Layaknya karakteristik pantai di daerah selatan, ombak Pantai Ngliyep terbilang cukup besar. Sehingga kamu nggak disarankan untuk berenang terlalu jauh dari area pantai.

Mengintip secuil kisah dari masa lalu, kabarnya pantai ini pertama kali ditemukan tahun 1919 oleh Mbak Atun yang berasal dari Yogyakarta dan diresmikan pada tahun 1951.

Asal-usul penamaan ngliyep ternyata nggak lepas dari suasana pantainya yang sejuk, rindang, dan suara ombak yang menenangkan sehingga bisa bikin siapa saja yang berkunjung merasa mengantuk dan tertidur. 

Cara Menuju Pantai Ngliyep

Sumber: Shutterstock

Pantai Ngliyep berlokasi di Desa Kedungsalam, Donomulyo, Malang. Buat sobat tiket yang datang dari luar kota, pertama-tama tentu kamu harus menuju Malang terlebih dahulu. Dari pusat Kota Malang, silakan arahkan kendaraanmu ke kawasan Karang Kates atau Kepanjen.

Setelah itu kamu tinggal ikuti aja jalan besar hingga daerah Pagak, kemudian ambil jalan ke Donomulyo. Sesampainya di kawasan Donomulyo kamu bakal menemukan petunjuk arah menuju Pantai Ngliyep. Nah, ikuti aja petunjuknya! 

Pergi menggunakan kendaraan pribadi merupakan pilihan terbaik demi mendapatkan kenyamanan selama perjalanan. Bila datang dari luar kota atau provinsi, kamu bisa sewa mobil di Malang lewat tiket.com.

Tapi, kalau kamu pergi dengan dana terbatas, menggunakan angkutan umum menuju Pantai Ngliyep adalah solusi. Dari Stasiun Kepanjen kamu bisa naik angkot GN1 jurusan Gadang-Ngliyep via Donomulyo atau angkot GN2 jurusan Gadang-Ngliyep via Sumbermanjing Kulon.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep

Tiket masuk Pantai Ngliyep dibanderol sebesar Rp15.000* per orang. Sedangkan biaya parkir untuk kendaraan roda 2 dan roda 4 yaitu Rp2.000*-Rp5.000*. 

4 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Ngliyep

Sumber: Shutterstock

Buat kamu yang belum ada ide mau ngapain aja selama selama di Pantai Ngliyep nanti, 4 kegiatan asyik ini bisa dicoba. 

1. Jelajah Keindahan Pantai Ngliyep

Setibanya di lokasi, kamu bakal disambut pemandangan pantai yang menyegarkan. Semilir angin yang berembus pun semakin menambah sejuk suasana sekitar. Aktivitas pertama yang bisa kamu lakukan di sini tentu saja mulai menjelajahi setiap detail keindahannya.

Tertarik untuk mencoba menikmati panorama Pantai Ngliyep dari sudut lain? Kamu bisa pergi ke kawasan tebing  yang ada di sisi timur pantai. Di sana kamu bakal menemukan anak tangga bersemen yang akan membantumu mencapai puncak bukit.

Setibanya di atas, pemandangan laut lepas berwarna biru sangat memanjakan mata sampai-sampai bisa bikin kamu malas pulang. Setelah puas menikmati panorama laut dari puncak bukit, jangan buru-buru untuk kembali ke area Pantai Ngliyep, ya!

Pasalnya tebing yang kamu naiki ini merupakan pembatas antara Pantai Ngliyep dengan Teluk Putri. Mumpung sedang berada di atas bukit, sekalian mampir ke Teluk Putri, kuy!

Karena lokasinya cukup tersembunyi, kalau sedang sepi kamu bisa menikmati pemandangan Teluk Putri layaknya pantai pribadi. Meski ukuran pantainya tidak terlalu luas, tapi pasir pantai yang ada di sini terbilang bersih dan lembut. Benar-benar lokasi terbaik untuk bersantai sambil menikmati sajian alam yang mengesankan.

2. Berburu Spot Foto Instagramable

Sumber: Shutterstock

Gemar berburu spot instagramable? Kamu juga bisa mendapatkan objek foto yang keren di Pantai Ngliyep, lho. Selain pemandangan pantainya yang cantik, di beberapa area kamu akan menemukan spot foto kekinian yang disediakan oleh pihak pengelola.

Beberapa di antaranya adalah panggung bambu. Bentuknya mirip gubuk dan terbuat dari anyaman bambu serta daun kelapa kering di bagian atap. Kehadiran panggung bambu ini mampu menciptakan hasil foto yang unik karena memadukan tema klasik dengan nuansa alam.

Sementara itu, kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang laut lepas di atas bukit Tanjung Putri. Nggak jauh dari tempat ini, kamu bakal menemukan gardu pandang menyerupai kapal yang terbuat dari bambu.

Wah, cukup beragam, ya! 

3. Berkemah untuk Menikmati Milky Way

Berkemah nggak hanya dilakukan di gunung aja, bermalam di sekitar pantai bisa jadi alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk menikmati Pantai Ngliyep dengan cara berbeda.

Saat memilih berkemah, kamu pun bisa menikmati pemandangan sunset dan sunrise sekaligus. Di mulai saat matahari perlahan-lahan kembali ke peraduan, rona jingga yang menghias langit tampak menawan bersama pantulan cahaya matahari yang ada di permukaan laut. Suasanya pun semakin syahdu diiringi suara deburan ombak dan kicauan burung.

Saat cuaca sedang cerah, pada malam hari kamu bisa menyaksikan hamburan bintang yang ada di langit. Indah banget!

Sementara itu, menjelang pagi, siap-siap pergi keluar tenda untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit. Yakin deh, panoramanya nggak kalah cantik dengan suasana sunset. Jadi, usahakan jangan bangun kesiangan, ya!

4. Liburan Sambil Belajar Budaya

Bila datang di hari yang tepat, sambil liburan di Pantai Ngliyep kamu juga bisa belajar mengenai budaya sekitar, yaitu Upacara Labuhan. Upacara adat yang sering digelar setiap tanggal 15 Mulud ini digelar agar nelayan sekitar tetap mendapat keselamatan dan dilimpahi oleh berkah.

Upacara Labuhan dimulai dengan tirakatan sambil berdoa sepanjang malam dan menyiapkan sesaji di rumah peninggalan Mbak Atun (penemu Pantai Ngliyep). Ke esokan harinya, warga sekitar beramai-ramai membawa sesaji ke Gunung Komang, yaitu pulau kecil yang ada di dekat Pantai Ngliyep.

Antara Pantai Ngliyep dan Gunung Komang  dihubungkan oleh jembatan kayu. Kamu bisa mengikuti arak-arakan tersebut dengan berjalan di belakangnya.

Sesampainya di Gunung Komang, sesaji yang dibawa kemudian dilemparkan ke laut. Pemandangan ombak yang seolah-olah menelan lemparan sesaji bakal bikin kamu takjub.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati kesenian jaranan sebagai rangkaian acara dari Upacara Labuhan. Menarik kan?   

Sudah Siap Menikmati Keindahan Pantai Ngliyep?

Gimana? Masih mau melewatkan wisata yang satu ini? Kalau begitu, ayo rencanakan perjalananmu ke Malang sekarang. Pulang dari Pantai Ngliyep, kamu bisa sekalian singgah ke pantai-pantai  di Malang yang lainnya. Pemandangannya nggak kalah cantik!