,

Wisata Alam ke Tebing Pantai Appalarang di Makassar, Cantiknya Paripurna!  

Pantai Appalarang Makassar – Sobat tiket pasti setuju kalau pantai adalah tempat yang cocok untuk bersantai. Langitnya biru dengan air laut kehijauan yang bersih. Belum lagi udaranya yang segar dan terasa alami. Apalagi kalau suasana sekitarnya masih sepi pengunjung seperti pantai yang satu ini.

Terdapat di Sulawesi Selatan, pantai cantik ini bernama Appalarang. Letaknya berada di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Jaraknya kurang lebih 40 kilometer ke arah timur dari Kota Bulukumba.

Kabarnya, saat ini Pantai Appalarang menjadi saingan baru dari Pantai Bira Bulukumba. Pasalnya, tak hanya pesona lautannya saja yang menawan. Bebatuan karang tampak megah dan dari arah utara ke selatan di sepanjang pantainya.

Keindahan tebing karangnya berpadu dengan hutan hijau nan asri di sekitar membuat kecantikan Pantai Appalarang ini jadi kian mempesona.

Pantai Appalarang, Sepenggal Surga di Bulukumba

Sejak tahun 2011 lalu, pembukaan pantai ini pertama dirintis oleh seorang warga lokal bernama Amiruddin Rasyid. Sepulangnya dari Hongkong, Bapak Amiruddin Rasyid ini terinspirasi dan lalu mengenali potensi wisata yang dimiliki Appalarang ini.

Meski begitu, Pantai Appalarang ini baru dikenal wisatawan setelah akses jalan dari ibu kota Desa Ara ke pantai berhasil dibuka pada November 2014.

Pantai ini memang tidak punya pesisir. Namun hal ini tak mengurangi kecantikan alamnya yang mempesona karena tergantikan oleh formasi tebingnya yang membuat orang berdecak kagum.

1.  Menikmati Panorama 4 Degradasi Warna Laut

Saat ini Pantai Appalarang memang belum sepopuler Raja Ampat. Tapi air birunya yang melambai-lambai di dataran landai ini bakal bikin kamu berasa di surga! Bayangkan saja. Saat tiba di sini, kamu akan disambut dengan suara debur ombak yang mendebarkan.

Horizon biru yang membentang indah bergelora akan membuatmu terpana. Semilir angin sepoi yang bergemuruh ikut menyegarkan, menambah semarak suasana. Terdapat 4 degradasi warna yang memikat. Mulai dari putih, tosca, biru muda sampai biru tua yang efeknya menenangkan.

Bagi sobat tiket yang belum pernah liburan ke sini, dijamin deh bakal langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Karena di kawasan ini, kamu juga bisa puas mengamati ikan-ikan dan terumbu karang tanpa harus menyelam terlalu dalam.

2.  Terjun Bebas dari Tebing Karang

Sumber: Shutterstock.com

Kalau kamu suka tantangan mendebarkan, siap-siap saja terpikat dengan tebing di Pantai Appalarang. Pasalnya, pantai ini kerap menjadi tempat terjun bebas para pengunjung yang gemar menguji adrenalin mereka.

Pelancong yang nyalinya besar umumnya meloncat dari atas tebing untuk berenang di lautnya. Puncak tebing di sini dapat dicapai melalui tangga yang ada. Setiba di puncak tebing, byurr! Lakukan lompatan dengan melesat langsung ke bawah.

Keindahan alam di bawah laut Appalarang ini juga sedap dipandang lho. Tapi sebelumnya, harap berhati-hati ya! Periksa dan perhatikan dulu kondisi airnya. Dasar perairan di kawasan ini mempunyai batuan karang yang runcing.

Tetap waspada agar tidak terluka saat bermain air. Jika lautnya tidak sedang surut dan kata petugas aman, maka kamu bisa terjun bebas dari tebing karangnya.

3.  Jalan-jalan ke Hutannya yang Menawan

Memasuki wilayah ini, akan terdengar Bahasa Makassar dengan dialek Konjo Bulukumba yang kental. Pepohonan hijau yang menjulang tinggi menjadi tempat bermain burung-burung yang hinggap. Sensasi damai yang terasa seakan menambah permai panorama kawasan Appalarang yang treknya menurun ini.

Dari area parkirnya hingga ke tebing pantai, kamu tak hanya akan menemukan hutan yang rindang tapi juga kebun dan lahan pertanian. Yup, hutan yang belum banyak dikelola warga setempat ini juga berdekatan dengan lahan pertanian sekitar. Lahan inilah yang menjadi tempat penanaman jagung dan lain tumbuhan lainnya milik warga Desa Ara.

Atmosfer yang segar dan menyejukkan akan langsung terasa saat kamu berjalan-jalan mengeksplorasi hutannya yang menawan. Di sini, kamu bahkan bisa berkenalan dengan warga lokal yang ramah.

4.  Jangan Lupa Selfie!

Sumber: Shutterstock.com

Di tempat seindah ini, sangat disayangkan jika momen liburan berhargamu nggak foto-foto dan selfie. Sejauh mata memandang, berbagai objek foto dengan keindahan yang hakiki seakan menanti untuk diabadikan.

Dari atas tebingnya, pemandangan sekitar yang indah bisa dinikmati dengan leluasa. Panorama pantai secara keseluruhan dapat dibidik dari ketinggian karangnya.

Selain itu, terdapat juga sejumlah spot foto yang bisa kamu manfaatkan. Yang menjadi favorit wisatawan ialah anjungan kayunya. Di sini sobat tiket bisa lega melepas penat sembari menikmati sajian view yang luar biasa indah!

Degradasi air lautnya yang dipeluk tebing curam dan tinggi di sekelilingnya menambah eksotis suasana. Pas banget untuk dijadikan background foto narsismu. Dan bersyukurnya lagi, segala keindahan ini bisa kamu dapatkan di dalam negeri. Hayo, nikmat apa lagi yang mau kamu dustakan hehe.

Cara Menuju ke Pantai Appalarang

Sedikitnya, dibutuhkan waktu sekira 4 jam (200 km) dari Makassar ke Appalarang. SMK 6 di sebelah kiri jalan bisa dijadikan patokan utama untuk mencapai lokasi pantai dari jalan raya utama.

Dari jalan utama, terus lurus telusuri jalan ke Desa Ara. Sejumlah ruas jalan tampak sempit dan hanya dapat dilewati oleh dua mobil saja. Itulah sebabnya banyak pengunjung yang datang dengan menggunakan sepeda motor saja.

Jika sobat tiket berkendara dari arah Bandara Sultan Hasanuddin, tempuhlah jalur Tanjung Bira. Karena waktu tempuh dari Tanjung Bira ke Appalarang hanya terpaut sekitar 20 menit.

Alamat: Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Waktu Operasional: 24 jam.

– Harga Tiket Masuk*: Rp 5.000/orang.

– Parkir Motor*: Rp 5.000/unit.

Parkir Mobil*: Rp 20.000-Rp 40.000/ unit.

Ayo Melancong ke Pantai Appalarang yang Ciamik!

Pantai Appalarang yang penuh pesona ini terbilang cukup unik karena tak punya pesisir. Namun sebagai gantinya, tebing bebatuan karang yang curam dan tinggi tampak tertata apik oleh rancangan Sang Khalik.

Tak hanya menyajikan ketinggian yang miringnya hingga 90 derajat, airnya pun masih jernih dengan sejumlah coral dan karang di bawah permukaannya.

Sobat tiket yang mau snorkeling bisa langsung menyelam dan menyapa biota laut yang berwarna-warni. Di samping itu, puluhan anak tangga yang terbuat dari kayu menambah keindahan sisi sebelah kiri pada tebingnya.

Kamu yang jalan-jalan ke sini, anak tangganya agak curam sehingga harus berhati-hati. Selain itu, jangan lupa membawa sunblock, topi, kamera dan kacamata hitam ya! Pastikan juga kamu menggunakan alas kaki yang nyaman, agar momen jalan-jalanmu jadi makin mengasyikkan.

Yuk rencanakan aja liburanmu sekarang dan pesan tiket pesawat ke Makassar via tiket.com. Kamu juga bisa banget jelajahi Makassar dan keindahan pantainya lebih lanjut lagi. Panorama pantai dan taman laut di sekitarnya bisa bikin jatuh hati lho. Liburan ke Makassar? Ayo Wisata Bahari ke 4 Tempat yang Cantik dan Eksotis Ini.

*Harga saat artikel ditulis