,

Mau Liburan Makin Seru dan Hemat? Coba Tips Backpacker ke Palembang Berikut Ini!

Liburan dan berwisata bareng teman atau keluarga memang jadi momen seru dan menyenangkan. Tapi, solo traveling sambil backpacker-an juga nggak kalah seru, lho, sobat tiket. Kalau kamu tertarik buat backpacker-an dengan tujuan wisata Indonesia, Palembang bisa jadi destinasi yang cocok!

Berbagai tujuan wisata yang ada di Palembang menarik banget buat dikunjungi. Terutama yang berhubungan dengan Sungai Musi dan Jembatan Ampera. Yap, satu hal yang membuat kota ini makin semarak adalah sungai sepanjang 75 km yang menjadi ikon Palembang tersebut. Banyaknya tempat wisata di kota ini bikin Palembang cocok buat jadi tujuan backpacker!

Menjelajah dan Berwisata di Palembang Ala Backpacker

Eits, meski banyak terdapat tempat wisata yang menyenangkan dikunjungi, ada beberapa tips backpackeran yang harus kamu tahu, nih, sobat tiket. Sebelum memutuskan untuk berwisata hemat kaya gini, banyak pertimbangan yang harus kamu cari tahu. Penasaran kaya gimana tipsnya? Yuk cek di bawah ini!

1. Melakukan Riset Lebih Dulu Soal Tempat Wisata dan Transportasi

panduan backpacker di palembang
Sumber: shutterstock.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan buat backpackeran di Palembang tentunya riset tempat wisata dan alat transportasi lebih dahulu. Kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan tentang tempat wisata apa saja yang mudah didatangi dan aksesnya mudah. Jika di Palembang, disarankan sih kamu berwisata di sekitaran Sungai Musi dan Jembatan Ampera, sobat tiket.

Kamu bisa membuat daftar prioritas, mana tempat wisata yang harus didatangi lebih dahulu dan mana yang opsional. Setelah daftar tempat wisata selesai, kamu juga harus memikirkan alat transportasi yang digunakan untuk mencapai tiap tempat wisata.

Jika transportasi umum yang menjangkau tempat wisata ternyata sulit, kamu bisa kok mencoba memesan taksi online. Atau bisa juga dengan mencoba menyewa mobil atau motor seharian, agar kamu bisa memaksimalkan kunjungan tempat wisata dalam satu hari. Selain lebih hemat, kamu bisa menjangkau banyak tempat sekaligus!

2. Transportasi Hemat Menuju Palembang

Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu pilih, nih. Jika kamu berdomisili di luar pulau Sumatera, kamu bisa memilih menaiki transportasi jalur darat atau udara. Cara paling mudah sih biasanya pakai pesawat. Namun, berhubung kali ini sobat tiket bakal backpacker-an, jalur darat dirasa lebih hemat.

Nah, kamu bisa langsung menuju Pelabuhan Merak yang ada di Banten untuk menyebrang menggunakan kapal menuju Pelabuhan Bakauheni di Lampung. Kamu bisa menaiki kapal feri dengan tarif sekitar Rp15.000 untuk orang dewasa dan Rp8.000 untuk anak-anak.

Tenang, jalur pelabuhan Merak-Bakauheni dan sebaliknya kini sudah dilengkapi dermaga eksekutif dengan fasilitas mumpuni. Kamu bisa naik ke lantai dua untuk membeli tiket kapal. Selain tunai, sudah tersedia pula pembayaran melalui E-money seperti BRI Brizzi, Mandiri e-money, BTN Blink, dan BNI tap cash.

Selain kapal feri reguler, kamu juga bisa memilih kapal eksekutif dengan harga yang lebih mahal tentunya. Kamu akan dikenakan tiket sebesar Rp50.000 buat dewasa dan Rp34.000 buat anak-anak. Bisa pilih sesuai keperluan dan budget!

Nah, dari pelabuhan Bakauheni, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Stasiun Rajabasa untuk membeli tiket ke Palembang. Ada dua jenis kereta yang beroperasi dengan tujuan akhir Palembang, nih. Pertama kereta pagi dengan biaya sekitar Rp20.000. Kedua adalah kereta malam dengan biaya 3-4 kali lipat lebih mahal.

Jika tetap ingin naik pesawat, kamu bisa kok cari promo seru dari tiket.com. Tenang, ada banyak kok harga tiket pesawat dengan harga terbaik yang bisa disesuaikan budget.

Beda lagi ceritanya kalau kamu berdomisili di Pulau Sumatera. Kamu bisa memilih transportasi darat dengan naik bus atau kereta menuju stasiun Kertapati. Ada beberapa rute ke Palembang yang tersedia, di antaranya dari Tanjungkarang (Lampung), Lubuklinggau, dan Indralaya.

Stasiun Kertapati ini terletak di tepi sungai Ogan, menghubungkan Palembang dengan Bandar Lampung, Tanjung Enim, Lahat, dan Lubuklinggau.

Kamu bisa menaiki kereta ekonomi KA Rajabasa dengan tarif kurang lebih Rp32.000. Kereta akan berangkat dari Stasiun Tanjung Karang pukul 08.30 dan sampai di Kertapati pukul 18.28. Rata-rata perjalanan memakai kereta ini memakan waktu sekitar 9 jam. Ada pula kereta bisnis Sriwijaya dengan tarif sekitar Rp140.00 – Rp170.000.

3. Tips Menaiki Transportasi Umum di Palembang

Sebagai backpacker, tentunya kamu ingin menekan budget sehemat mungkin, dong, sobat tiket? Salah satu cara berhemat yang bisa kamu lakukan adalah soal transportasi. Setelah melakukan riset soal transportasi umum yang ada, kamu baru bisa menentukan budget akomodasi nih.

Ada tiga jenis transportasi umum yang tersedia, Trans Musi, LRT, dan Angkot alias angkutan umum. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, semuanya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, kalau kamu ingin berkeliling kota Palembang dengan cara mudah, transportasi yang bisa kamu gunakan adalah Trans Musi. Ada 8 koridor dengan masing-masing rute yang berbeda. Plus, dalam tiap rute ada belasan halte yang bakal dilalui. So, kamu sudah harus tahu tujuanmu dimana dan halte paling dekat dari tujuanmu. Trans Musi ini memiliki tarif Rp5.000 saja lho, sobat tiket. Terjangkau kan?

Jika pilihanmu adalah menikmati suasana kota Palembang dan merasakan kearifan lokalnya, angkot bisa jadi pilihan terbaik. Meskipun tidak teratur seperti Trans Musi dengan haltenya, angkot juga memiliki rutenya masing-masing.

Satu hal yang harus kamu hafal adalah warna dari tiap angkot karena warna berbeda juga memiliki rute dan tujuan berbeda. Tarif jarak dekat angkot ini dihargai mulai Rp4.000, tergantung jarak tujuanmu. Oh iya, saran tiket.com sih pilih angkot dengan tujuan akhir dan awal pasar 16 ilir bawah Ampera. Dari sana kamu bisa mengunjungi beragam tempat wisata dekat Jembatan Ampera.

4. Tips Memilih Penginapan Murah Meriah

panduan backpacker di palembang
Sumber: shutterstock.com

Setelah menentukan itinerary tempat wisata serta transportasi, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari penginapan. Kamu harus memilih lokasi penginapan yang strategis, baik itu ada di pusat kota atau dekat dengan tempat wisata. Pastikan juga penginapan pilihanmu dekat dengan pusat kuliner supaya nggak sulit mencari makan. Sekaligus wisata kuliner khas sekitar deh!

Saran tiket.com, lokasi penginapan yang strategis di Palembang adalah dekat dengan Jembatan Ampera. Dari sini ada banyak tempat wisata yang bisa dijangkau, mulai dari Benteng Kulo Besak, Pulau Kemaro, Bukit Siguntang, dan Pasar Sekanak.

Menyoal budget, tenang, setelah tahu mau menginap di daerah mana selanjutnya kamu bisa menentukan rentang harga penginapan. Kamu mau menginap dengan budget berapa nih? Rp100.000 hingga Rp300.000 semalam? Ada banyak hotel murah dengan kisaran harga tersebut namun sudah dilengkapi fasilitas seperti Wifi gratis, air hangat, bahkan TV.

Lebih terjangkau lagi kalau kamu pesan kamar hotel di Palembang via tiket.com, sobat tiket. Ada banyak promo yang bakal bikin liburan makin hemat, lho.

5. Mengunjungi Tempat Wisata Murah

Sebagai tujuan utama liburan, pastinya kamu udah bikin nih list tempat wisata dalam itinerary. Ada banyak banget tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Palembang. Kebanyakan serba terjangkau, kok, sobat tiket. Selagi backpacker-an, kamu bisa membuat daftar tempat wisata apa saja yang bikin budget makin hemat karena nggak terlalu mahal tarif masuknya.

Nih, tiket.com kasih list beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Palembang:

1. Jembatan Ampera

2. Benteng Kuto Besak

3. Pulau Kemaro

4. Masjid Agung Palembang

5. Kampung Kapitan

6. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS)

Masjid Agung, Benteng Kulo Besak, dan Jembatan Ampera bisa kamu kunjungi dalam satu hari karena berdekatan. Jadi kamu lebih hemat transportasi dan waktu, deh, sobat tiket. Oh iya, Jembatan Ampera sendiri paling tepat dikunjungi saat malam hari karena warna-warni cahaya lampunya yang cantik.

Kamu bisa menikmati keindahan Jembatan Ampera ini dari Plaza Benteng Kuto Besak. Selain itu, kamu juga bisa berwisata kuliner sembari membeli souvenir di sini. Ada banyak pedagang makanan dan souvenir di sana.

panduan backpacker di palembang
Sumber: shutterstock.com

Jika ingin menikmati destinasi wisata yang lebih seru, kamu bisa mengunjungi Pulau Kemaro. Nggak perlu khawatir soal akomodasi, kamu bisa menaiki perahu sesuai dengan budget kamu. Kalau ingin lebih cepat sampai, kamu bisa naik perahu boat dengan tarif Rp100.000,00 – Rp150.000,00  per perahu.

Perahu boat ini bisa diisi hingga 5 orang, hingga tarif yang dikeluarkan per orangnya sekitar Rp20.000 – 30.000. Nah, kalau kamu ingin menikmati suasana Sungai Musi, kamu bisa memilih perahu ketek yang lebih santai. Tarifnya berkisar antara Rp80.000,00 – Rp100.000,00 satu perahu dengan kapasitas hingga 10 orang. Kamu cukup mengeluarkan Rp.8.000 – 10.000 per orangnya. Terjangkau kan?

6. Berwisata Kuliner di Kaki Lima yang Murah Meriah

Puas menjelajahi beragam tempat wisata yang ada di Palembang, satu hal yang nggak boleh terlewat adalah kulineran. Kuliner pertama yang wajib coba pastinya adalah pempek, dong. Kalau kamu mau coba kuliner ini, spot terbaik berburu pempek berlokasi Jalan Mujahidin, dekat dengan kantor Walikota Palembang.

Di sana, terdapat “Kampung Pempek” yang jadi surga kuliner pempek bagi wisatawan. Kamu akan disambut dengan deretan warung penjual pempek asli Palembang murah dan enak. Jika ingin sekalian nongkrong dan menikmati suasana Palembang, terdapat kafe yang bisa kamu kunjungi dekat dengan kawasan Kambang Iwak.

panduan backpacker di palembang
Sumber: shutterstock.com

Nah, kalau ingin mencoba pengalaman kuliner yang unik, kamu bisa datang ke Wisata Kuliner Tepian Sungai Musi yang ada di Jl. Ps. 16 Ilir No.23. Di sini kamu bakal merasakan sensasi menyantap kuliner khas Palembang sambil ditemani riak sungai musi.

Tempat ini merupakan pusat kuliner terapung di Sungai Musi, lho. Jadi, kamu bakal merasakan sensasi unik makan sambil digoyang ombak sungai. Menu-menu yang disajikan di sini masih seputar makanan khas Palembang seperti pempek, tekwan, lenggang, dan kawan-kawan. Harganya mulai dari dua ribu dan sepuluh ribu rupiah kamu udah bisa makan enak dan puas!

Backpacker-an di Palembang Jadi Makin Hemat dan Menyenangkan

Lengkap banget nggak nih tips itinerary backpacker-an di Palembang dari tiket.com? Kalau sudah mantap mengikuti tips di atas, langsung siapkan backpack kamu, sobat tiket. Selain tempat wisata dan kuliner, kamu juga bisa mengunjungi pasar tradisional Palembang ini, lho. Backpacker-an itu nggak lengkap kalau kamu nggak merasakan kearifan lokal setempat!