,

Mitos & Fakta saat Memesan Tiket Pesawat, Jangan Ragu buat Liburan!

Memesan tiket pesawat, entah itu untuk liburan, perjalanan bisnis, atau kebutuhan lainnya terkadang memang bikin pusing. Dari masalah itu kemudian banyak sekali tips yang muncul di internet dengan info-info seperti ‘waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat’ dan lain sebagainya.

Sayangnya, memang tidak semua, tapi beberapa dari tips yang disebutkan itu infonya sudah tidak lagi relevan atau malah keliru sama sekali. Jika kamu masih menggunakan trik yang salah, bisa-bisa kamu malah makin tersesat dan bisa mengeluarkan biaya yang lebih banyak.

Mitos & Fakta Pemesanan Tiket Pesawat yang Harus Kamu Tahu

Memang betul ada sejumlah trik yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan harga tiket pesawat murah. Nah, berikut ini adalah beberapa fakta keliru alias mitos yang harus kamu hindari ketika memesan tiket pesawat.

1. Mitos: Pesan Lebih Awal = Lebih Murah

Banyak yang bilang kalau kamu sebaiknya memesan tiket lebih awal atau dari jauh hari sebelum jadwal keberangkatan. Dengan begitu, jika kamu ingin mudik lebaran misalnya, kamu harus beli tiket pesawat setidaknya 6 bulan sebelum berangkat.

Tiket pesawat memang bisa dibeli dari jauh hari, bahkan ada beberapa maskapai yang menjual tiket pesawat 8 bulan sebelum keberangkatan. Hal ini membuat banyak orang percaya bahwa membeli tiket lebih awal artinya lebih murah.

Faktanya, banyak maskapai yang belum mengelola harga tiket pesawat mereka secara efektif setidaknya 3 bulan sebelum keberangkatan. Hasilnya, membeli tiket terlalu jauh terkadang malah membuatmu harus membayar harga yang sedikit lebih mahal.

Selain itu, di tiket.com kamu bisa dapetin harga tiket pesawat yang lebih murah kapanpun kamu membelinya. Caranya gampang, lho. Kamu cukup gunakan promo tiket pesawat yang sedang berlaku dan nikmati harga hematnya.

2. Mitos: Tiket Sekali Jalan Lebih Murah dari Tiket Bolak-Balik

Asumsi yang sudah ada cukup lama ada adalah kamu bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah ketika kamu memesan tiket secara satu per satu dibanding memesan tiket pulang-pergi secara sekaligus.

Faktanya, di tiket.com kamu bisa menikmati fitur bernama Smart Trip. Dengan fitur ini, kamu bisa memesan tiket pesawat untuk berangkat dan pulang dari tujuan pilihanmu dengan harga yang lebih murah.

3. Mitos: Masukkan Barang Sebanyak Mungkin ke Bagasi Pesawat yang Gratis

Hal pertama yang harus kamu tahu adalah tidak semua bagasi pesawat tersedia secara gratis. Kemudian ada juga kebijakan mengenai dimensi dan berat koper yang diperbolehkan untuk masuk bagasi pesawat.

Ketika koper atau barang bawaanmu terlalu besar atau berat, pihak maskapai akan menarik biaya tambahan untuk itu. Agar perjalananmu lebih nyaman dan bebas dari biaya tambahan, sebaiknya kamu tidak membawa terlalu banyak barang bawaan.

Ketahui juga bagaimana cara packing yang baik dan benar agar kamu bisa membawa semua barang yang kamu perlukan tanpa memakan banyak tempat. Kemudian, cari tahu juga kebijakan bagasi dari maskapai yang kamu pilih.

4. Mitos: Pembatalan Tiket Pesawat Tidak Memberikan Refund 100%

Satu hal yang sering bikin orang menjadi galau adalah ketika mereka menemukan ada promo tiket pesawat dengan harga murah untuk liburan, tapi belum bisa memastikan apakah bisa berangkat atau tidak.

Alasannya bisa bermacam-macam. Mungkin karena bos kamu tidak memberi cuti atau ada keperluan mendadak lainnya. Akhirnya kamu harus membatalkan penerbanganmu dan sedih karena harus berurusan dengan biaya pembatalan.

Tenang, di tiket.com kamu bisa gunakan fitur Tiket Anti Galau yang menjamin pengembalian dana hingga 100% kalau kamu tidak jadi berangkat. Dengan begitu kamu bisa lebih tenang untuk membeli tiket pesawat ke tempat yang kamu inginkan.

5. Mitos: Loyalty Program Tidak Begitu Berguna

Kamu mungkin merasa bahwa loyalty program tidak begitu berguna. Banyak juga yang bilang bahwa program seperti itu hanyalah gimmick yang tidak memberikan banyak keuntungan bagi pengguna.

Itu salah banget, lho. Coba deh kamu cek TIX Point dari tiket.com yang keuntungannya banyak sekali. Kamu bisa pakai TIX Point untuk ditukarkan dengan potongan harga untuk pembelian tiket pesawat. Jadi, berguna banget kan!?

Kuy, Liburan Santuy dengan Mengetahui Faktanya

Nah, dengan mengetahui mana yang mitos dan mana yang fakta seperti yang sudah dijelaskan di atas, sekarang kamu bisa lebih santai lagi buat pesan tiket pesawat. Kamu bisa lebih nyaman liburan ke mana pun kamu ingin tanpa harus merasa khawatir lagi dengan mitos yang ada. Kuy, berangkat!