Mitos dan Fakta Tanah Lot Bali

,

9 Mitos dan Fakta Tanah Lot, Pesonanya Selalu Bikin Kangen Bali!

Tempat wisata Tanah Lot sepertinya masih menjadi primadona wisata di Pulau Dewata. Meskipun banyak bermunculan destinasi baru yang mulai dilirik wisatawan, tempat wisata Tanah Lot tetap memiliki pesona tersendiri yang nggak mudah dilupakan. Nah, bagi kamu yang ingin mengunjungi atau bahkan sudah pernah berkunjung ke Tanah Lot, berikut ini ada 9 mitos dan fakta Tanah Lot Bali yang mungkin belum pernah terlintas dalam benakmu.

Apa aja mitos & fakta Tanah Lot Bali yang akan membuatmu terpesona? Yuk simak daftar 9 mitos dan fakta Tanah Lot Bali di bawah ini, Sobat Tiket.

9 Mitos dan Fakta Tanah Lot Bali yang Harus Kamu Tahu

  1. Ada 8 Pura di Tanah Lot

Mitos dan Fakta Tanah Lot - Pura Tanah Lot

Ini adalah fakta Tanah Lot yang pertama. Pura Luhur Tanah Lot adalah sebuah kompleks pura laut untuk memuja para dewa penjaga laut. Di area Pura Luhur Tanah Lot terdapat 8 (delapan) pura yang difungsikan sebagai tempat pemujaan. Delapan pura yang terdapat di area Tanah Lot ini adalah Pura Penataran, Pura Penyawang, Pura Jero Kandang, Pura Enjung Galuh, Pura Batu Bolong, Pura Batu Mejan, Pura Pakendungan, dan Monumen Tri Antaka.

  1. Dibangun oleh Dang Hyang Nirartha

Legenda tentang Tanah Lot Bali adalah salah satu legenda yang cukup terkenal di Pulau Dewata. Alkisah pada zaman dahulu, seorang brahmana terkemuka dari Jawa berniat untuk menyebarkan agama Hindu ke Bali. Brahmana yang dihormati ini bernama Bhagawan Dang Hyang Nirartha. Pembangunan Tanah Lot dilakukan berdasarkan petunjuk dari sinar suci yang muncul dari arah laut Selatan. Diceritakan pula bahwa batu karang sebagai lokasi berdirinya Tanah Lot adalah batu karang yang dipindahkan ke tengah pantai dengan kekuatan spiritual dari Sang Brahmana.

  1. Dijaga Ular Suci

Mitos dan Fakta Tanah Lot - Dijaga Ular Suci

Kamu yang pernah berkunjung ke Tanah Lot pasti sudah pernah melihat keberadaan ular suci di pura laut ini. Ular suci Tanah Lot berada di Gua Ular Suci. Fakta Tanah Lot tentang keberadaan ular suci ini menjadi salah satu faktor yang banyak menarik wisatawan. Konon, ular suci Tanah Lot adalah jelmaan dari selendang milik Dang Hyang Nirartha.

Ular suci ini berwarna poleng (hitam-putih) dan sangat berbisa. Namun, penduduk setempat percaya bahwa jika pengunjung tidak memiliki niat jahat saat berkunjung ke Pura Tanah Lot, maka ular suci tidak akan menyerang. Bagaimana menurutmu, Sobat Tiket?

  1. Upacara Dilakukan Setiap 210 Hari

Ini adalah fakta Tanah Lot yang lainnya. Di Tanah Lot dilakukan upacara atau piodalan/pujawali setiap 210 hari sekali. Upacara di Tanah Lot ini jatuh 4 hari setelah Hari Raya Kuningan. Tidak hanya masyarakat setempat saja yang datang untuk melakukan upacara suci di Tanah Lot, melainkan juga umat Hindu yang datang dari daerah lain di Indonesia. Dalam upacara ini, umat Hindu akan bersembahyang memohon kesejahteraan & keselamatan dalam hidup. Sebelum upacara, umat Hindu yang akan bersembahyang harus membasuh wajah dengan mata air suci di gua Tanah Lot.

  1. Terdapat Mata Air Suci

Mitos dan Fakta Tanah Lot - Mata Air Suci

Fakta Tanah Lot tentang keberadaan air tawar di lingkungan pura yang terkepung laut barangkali memang membuat banyak orang heran. Namun, begitulah adanya, Sobat Tiket. Ada mata air suci yang terdapat di area Pura Tanah Lot Bali. Mata air suci ini terdapat di dalam goa air suci. Menurut mitos, mata air suci Tanah Lot ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

  1. Tanah Lot Pernah Direnovasi

Ini fakta Tanah Lot selanjutnya yang harus kamu ketahui. Tahukah kamu kalau pura yang juga menjadi salah satu tempat wisata favorit di Pulau Dewata ini sudah pernah direnovasi? Kawasan Pura Tanah Lot memang sangat rawan terkena abrasi akibat gelombang laut, Sobat Tiket. Maka dari itu, pura terkenal di Bali ini sudah pernah direnovasi. Renovasi yang pertama dilakukan pada tahun 1987. Upaya renovasi dan perlindungan Tanah Lot masih dilakukan sampai bulan Februari 2003 dan telah menghabiskan dana sebesar 95 miliar. Wow!

  1. Mengunjungi Tanah Lot Bersama Pasangan Bisa Putus?

Mitos dan Fakta Tanah Lot - Bisa Putus

Di samping beragam fakta Tanah Lot yang menakjubkan, ada juga mitos Tanah Lot yang banyak dipercaya oleh penduduk setempat bahkan oleh wisatawan. Konon kabarnya, jika kamu mengajak pacarmu datang berdua ke Tanah Lot, maka hubungan bisa berakhir. Duh serem…

Namun, meski demikian, ternyata banyak juga lho pasangan yang memilih buat melakukan foto pre-wedding di Tanah Lot. Kalau kamu gimana, Sobat Tiket?

  1. Dekat dengan Obyek Wisata Air Terjun Pantai Melasti

Fakta Tanah Lot selanjutnya adalah keberadaannya yang dekat dengan obyek wisata lain yang tidak kalah menarik, yaitu Air Terjun Pantai Melasti. Air Terjun Pantai Melasti adalah air yang jatuh dari tebing dan langsung terjun ke bibir pantai. Selain keindahan air terjunnya, kamu juga bisa menikmati eloknya Pantai Melasti yang berlokasi dekat dengan Tanah Lot. Mau ke sana?

  1. Tempat Melihat Sunset yang Memesona

Mitos dan Fakta Tanah Lot - Sunset

Fakta Tanah Lot yang satu ini tentunya nggak bisa dipungkiri oleh siapa pun. Bagi kamu yang gemar berburu sunset, coba datang ke area Pura Tanah Lot. Tanah Lot adalah lokasi untuk melihat keindahan sunset yang sempurna. Kalau kamu mau melihat keindahan sunset di Tanah Lot yang paling memesona, kamu bisa datang sejak 1 jam sebelum matahari tenggelam.

Pastinya kamu nggak bakal bosen kan buat berkunjung lagi dan lagi ke Tanah Lot? Nggak heran sih, Sobat Tiket. Tanah Lot memang punya keindahan tersendiri yang bisa membuat kamu selalu kangen Bali. Jadi, segera deh pesan tiket pesawat ke Bali di tiket.com dan nikmati keindahan Tanah Lot Bali.

Kalau kamu bingung mau ke mana aja pas jalan-jalan ke Bali, kamu bisa menyimak contoh itinerary Bali sebagai panduan liburan kamu.

Udah nggak usah mikir panjang, yuk segera berangkat ke Bali!