,

Mercusuar Pulau Lengkuas, Objek Wisata Keren Saat ke Belitung

Kepulauan Bangka Belitung memiliki ratusan pulau-pulau kecil yang memesona dan tak berpenghuni. Karena itu, kamu harus ngelakuin island hopping kalau liburan kesini! Salah satu spot yang wajib kamu datangi adalah mercusuar di Pulau Lengkuas yang masih aktif sampai sekarang!

Pulau Lengkuas terletak di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung. Pulau ini bisa dicapai dalam waktu kurang lebih 30 menit dengan cara naik perahu motor. Kalau kesini, kamu harus naik ke atas mercusuar untuk melihat pemandangan yang luar biasa indah! 

Untuk tau lebih jelas tentang mercusuar di Pulau Lengkuas, tiket.com membuat ulasannya nih. Jadi, kamu bisa tau lebih banyak mengenai mercusuar bersejarah ini sebelum mempersiapkan liburanmu kesana. 

Mengenal Mercusuar Pulau Lengkuas

Kalau kita ngomongin soal Pulau Lengkuas, bisa dibilang daya tarik utamanya mercusuar tuanya. Melihat pemandangan pulau dari ketinggian bisa menghilangkan beban pikiranmu. 

Kalau kamu tertarik, kuy rencanakan liburanmu ke Kepulauan Bangka Belitung dan pesan tiket pesawat dan booking hotel di tiket.com.

Sejarah Mercusuar Pulau Lengkuas

Mercusuar di Pulau Lengkuas ini dibangun pada tahun 1882 oleh pemerintah Belanda. Sampai sekarang mercusuar ini masih berfungsi dengan baik lho sebagai penuntun lalu lintas kapal yang keluar masuk atau melewati Pulau Belitung. Mercusuar Pulau Lengkuas masih berdiri gagah, menjulang diantara pepohonan walau usianya sudah lebih dari 2 abad!

Sumber: Shutterstock.com

Mercusuar ini dibangun oleh seseorang berkebangsaan Belanda namanya Z.M Willem III. Dengan tinggi sekitar 52 meter, mercusuar Pulau Lengkuas memiliki 18 lantai. Letak mercusuar ini pas banget di tengah-tengah Pulau Lengkuas yang luasnya hanya sekitar 1 hektar. Ada 3 orang yang tinggal di pulau ini. Mereka bekerja sebagai operator mercusuar. 

Kalau mau naik sampai puncak, kamu harus siap-siap tenaga ekstra ya. Pemanasan dulu biar rileks ototnya! Saat ini, bangunan mercusuar dikelola oleh Kementerian Perhubungan di bawah tanggung jawab Dirjen Perhubungan Laut.  

Bagian Dalam Mercusuar

Sumber: Shutterstock.com

Untuk memasuki mercusuar ini, kamu akan diminta untuk membayar Rp5.000 per orang dan dimasukkan ke kotak sumbangan yang ditempatkan pas di dekat pintu masuk. Alas kaki harus dilepas ya kalau mau naik ke atas mercusuar.

Di pintu mercusuar, kamu akan menemukan ukiran kalimat berbahasa Belanda ‘Vervaardigd Door LI Enthoven & Co Fabrikanten Te Gravenhage’. Tulisan itu merupakan nama perusahaan yang membangun mercusuar ini. Kalau dari dekat kamu bisa melihat banguna mercusuar ini berkarat tapi tetap terlihat kokoh. 

Saat memasuki bagian dalam mercusuar, kamu akan melihat beberapa bagian jendela dan tangga-tangga berkarat. Selain itu, beberapa anak tangga yang harus ditopang dengan kayu biar nggak patah saat di injak oleh wisatawan. Ruangan berbentuk lingkaran ini juga agak redup, sobat tiket.

Di setiap lantai terdapat jendela untuk melihat pemandangan di luar sana. Letak jendelanya berbeda di setiap lantai. Jadi, kamu bisa melihat keindahan Pulau Lengkuas dan pantainya dari setiap sudut yang berbeda bahkan sebelum mencapai puncak. Sekalian istirahat!

Pemandangan Dari Atas Mercusuar

Sumber: Shutterstock.com

Setelah menaiki ratusan anak tangga, rasa lelahmu akan segera sirna saat melihat pemandangan yang luar biasa indah dan keren di depan mata! Saking bagusnya, susah  banget untuk dideskripsikan dengan kata-kata. Yang jelas perjuangan kamu untuk mencapai puncak mercusuar nggak akan sia-sia!

Kamu bisa melihat pemandangan sekeliling pulau. 360 derajat! Lautan biru kehijauan dengan batuan granit raksasa tersebar di pinggir lautan bisa bikin kamu nggak berhenti berdecak kagum. Hamparan pasir putih dan birunya langit menambah keindahan panorama. Kehabisan kata-kata deh pokoknya. 

Sejenak resapi dan nikmati pemandangan luar biasa itu, terus lanjut foto-foto sampai puas! Kameramu pasti nggak berhenti menangkap gambar keindahan Pulau Lengkuas. Hasil  fotonya kamu juga pasti bagus-bagus karena spotnya super instagramable dan pencahayaan di atas mercusuar juga oke. 

Kalau mau yang romantis-romantis, kamu bisa menikmati sunset disini yang mungkin akan lebih indah dari sunset yang pernah kamu lihat di tempat lain. View-nya bakal bikin hatimu adem dan tenang. 

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Selama di Pulau Lengkuas

Dikarenakan pulau ini kecil, wisatawan biasanya melakukan perjalanan pulang-pergi saat mengunjungi Pulau Lengkuas. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di pulau ini selain naik ke puncak mercusuar. 

1. Keliling Pulau Lengkuas

Kamu bisa mengelilingi Pulau Lengkuas dalam waktu kurang dari 30 menit aja dengan perahu motor. Habis itu kamu bisa jalan-jalan keliling sambil foto-foto karena memang pemandangan di sekelilingmu tuh indah banget. Jangan lupa siapin air minum yang banyak dan bawa sunblock, biar nggak dehidrasi dan terbakar kulitnya! Sampahnya disimpan yak!

Kalau lelah, kamu bisa berteduh di bawah rindangnya pohon kelapa yang tersebar di pulau ini. Anginnya juga segar sepoi-sepoi gitu bisa bikin kamu rileks. Ngemil sambil minum air kelapa yang kelapanya langsung diambil dari pohonnya juga seger banget. Kamu tinggal ke warung-warung kecil yang menjual kelapa di dalam pulau.

2. Berenang, Snorkeling, dan Diving

Pulau ini merupakan salah satu tujuan utama buat snorkeling dan menyelam. Airnya bening banget jadi memang cocok buat snorkeling karena bisa melihat biota laut dengan jelas. Perairan di Pulau Lengkuas juga nggak begitu dalam. Jadi kamu bisa tenang bersnorkeling ria. Kalau mau berenang aja atau main air juga tetap asyik kok. 

Kalau kamu suka diving, coba ke lokasi bangkai kapal Indomarine yang tenggelam pada tahun 1999. Lokasi ini menjadi salah satu spot favorit para penyelam dan biasanya pemandu juga mengarahkan untuk ke titik ini. Kapal Indomarine sendiri sudah menjadi rumah terumbu karang dan ikan-ikan kecil berwarna-warni. Cakep abiss! Bawa kamera underwater ya kalau punya. 

3. Camping di Pinggir Pantai

Pulau Lengkuas memang bisa dijelajahi dalam waktu sehari aja tapi kalau suka camping atau pengen nyoba camping di tepi pantai, kamu boleh banget untuk mendirikan tenda di Pulau Lengkuas ini. 

Bermalam di pinggir pantai sambil memandang bintang-bintang yang bisa terlihat jelas dan bakar ikan tuh seru banget! Kalau kamu datang rame-rame, perlu dipertimbangkan opsi untuk camping

Listrik di pulau ini hanya menyala dari pukul 18.00-23.00 WIB ya. Untuk menjaga agar Pulau Lengkuas tetap bersih, kamu bawa pulang lagi ya sampah-sampahmu untuk dibuang ke Pulau Belitung. Penting untuk diketahui juga kalau sumber air bersih yang digunakan untuk minum dan MCK di pulau ini terbatas. Oleh karenanya, bijaksanalah dalam menggunakan airnya!

Cara Ke Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas bisa dicapai dari Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi, dan Pantai Tanjung Binga menggunakan perahu motor. Waktu perjalanannya kurang lebih 30 menit. Perahu motornya bisa kamu sewa dari warga setempat dengan kisaran harga Rp450.000-Rp550.000 per kapal ukuran kecil*. 

Ukuran kapalnya bermacam-macam, paling kecil bisa muat sampai 10 orang. Jadi, makin banyak orang, makin murah juga bayarnya. Warga yang menyewakan kapal biasanya juga menyediakan peralatan untuk snorkeling. Kamu bisa sewa juga dari mereka dengan harga sekitar Rp15.000 per item*. 

Seru kan liburan ke Pulau Lengkuas? Kalau ada rencana jalan-jalan sama teman rame-rame, kesini aja! Pusing ngatur rencana perjalanannya karena nggak bisa cuti lama-lama? Baca aja rekomendasi itinerary liburan 3H2M di Belitung. Simple dan anti ribet deh. Kuy berangkat!!

*harga saat artikel ditulis