,

Menikmati Panorama Cantik 4 Pura di Bali yang Magis dan Eksotis

Pura di Bali – Mau liburan ke Bali? Pulau Dewata yang eksotis ini memang menyimpan sejuta misteri yang menarik untuk ditelisik. Banyak turis lokal maupun mancanegara yang terpikat dan ingin mengeksplor Bali lebih jauh lagi, terutama terkait berbagai pura yang ada di sini.

Dengan jumlahnya yang sangat banyak, tak heran kalau Bali dijuluki Pulau Seribu Pura. Setiap harinya, ratusan wisatawan datang berkunjung ke sejumlah pura yang tersebar di Bali Dwipa. Mengingat mayoritas penduduknya 92% menganut agama Hindu, maka sebagian besar pura Indonesia terpusat di Bali.

Sebagai tempat peribadatan umat Hindu, pura menjadi daya tarik wisata tersendiri. Bangunannya yang indah berpadu dengan daratan Bali yang dikelilingi laut menjadi panorama yang istimewa. Belum lagi jika dilatarbelakangi dengan pesisir pantai indah yang bisa membuatmu semakin terpana.

4 Pura Tercantik di Bali Dwipa

Berbagai candi kuno dan bangunan pura yang indah bertebaran di Bali. Mulai dari pesisir pantai maupun dataran tinggi, pura tersebar di mana-mana. Sejumlah pura bahkan menjadi landmark yang ikonik dan kerap diidentikkan dengan wilayah tertentu.

Gaya arsitektur yang eksotis dan cenderung mistis membuat Bali jadi kian mempesona. Sejauh mata memandang, panorama alamnya yang agung dan memukau itu terdapat di mana-mana.

Buat sobat tiket yang mau liburan ke Bali, yuk jelajahi dulu sejumlah pura yang ada di sini. Keunikannya yang khas akan membuatmu semakin mensyukuri anugerah Bumi Pertiwi. Tak hanya itu saja. Sambil bermain ke sini, kamu juga jadi makin mengenal budaya etnis Bali.

Berwisata sejarah dan budaya dengan menggali adat istiadat dan tradisi Bali bisa memperkaya pengetahuan dan memperluas wawasan. Dijamin bakalan seru banget!

Ada empat pura tercantik di Bali yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar rekreasimu. Kalau berkunjung ke sana, pastikan kamu sudah mengenakan pakaian yang sopan ya, sobat tiket.

1. Pura Tanah Lot

Sumber: Shutterstock.com

Berlokasi di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, pura yang magis di Tanah Lot ini terbilang unik karena bangunannya berdiri di lepas pantai. Itulah sebabnya ia dinamakan Tanah Lot (Lot berarti laut), yakni tanah yang mengambang di atas laut.

Didirikan di atas batu karang raksasa, Pura Tanah Lot juga termasuk ke dalam kategori pura kuno karena dibangun di abad ke-17 Masehi oleh Arsitek bernama Dang Hyang Nirartha.

Tampilannya yang super cantik dan eksotis ini sekilas tampak familiar karena sering muncul di berbagai kartu pos Bali. Pura Tanah Lot merupakan tempat peribadatan umat Hindu yang menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Menurut catatan sejarah, Tanah Lot dibangun untuk memuja Tuhan dalam wujudnya sebagai Baruna (Dewa Laut). Demi kesejahteraan dan keselamatan dunia, dan demi keseimbangan bumi dan lautan, umat Hindu sejak dulu kerap beribadah di sini.

Untuk sobat tiket pecinta sunset dan pengagum senja, spot ini juga cocok banget untuk kamu menikmati indahnya siluet surya tenggelam.

Jangan lewatkan pura yang satu ini jika sobat tiket wisata ke Bali. Pemandangannya yang agung dan mempesona dapat menjadi hiburan mengesankan selama liburan.

Alamat: Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan Regency, Bali 82121.

Waktu operasional: Buka setiap hari dari pukul 07.00 – 19.00.

2. Pura Luhur Uluwatu

Sumber: Shutterstock.com

Pura Uluwatu atau Pura Luhur Uluwatu ini berada di Kabupaten Badung. Lagi-lagi karena pesonanya yang memikat, pura satu ini juga kerap menghiasi sejumlah kartu pos yang beredar.

Bahkan wisatawan mancanegara mengenal pura ini sebagai tempat berselancar dengan keindahan yang menghipnotis. Pasalnya, Luhur Uluwatu ini terletak di puncak tebing. Sehingga ia berada 70 meter di atas ombak laut yang menerjang.

Saat petang tiba, keindahan semesta yang membuat setiap orang berdecak kagum akan tampak. Dari belakang bangunan pura, matahari mulai terbenam dengan perlahan menyisakan langit merah keemasan. Kamu bisa menyaksikan terbenamnya mentari dari sini. View yang tercipta bisa bikin merinding!

Ya, keindahan pemandangan di Pura Luhur Uluwatu ini cukup setara dengan Pura Tanah Lot. Namun karena letak Pura Uluwatu lebih tinggi, horizon laut yang membentang jadi tampak lebih luas.

Tempat ini menjadi salah satu favorit para turis lantaran panoramanya membuat orang berdecak kagum dan tak dapat diungkapkan oleh kata-kata.

Selain itu, di saat-saat matahari terbenam, penduduk setempat kerap menggelar pertunjukan tari Kecak maupun Sendratari Ramayana. Untuk sobat tiket yang hobi fotografi, ada banyak hal yang bisa diabadikan sebagai kenang-kenangan di sini.

Alamat: Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung, Bali.

Waktu operasional: Buka setiap hari dari pukul 07.00 – 19.00.

3. Pura Ulun Danu Beratan

Sumber: Shutterstock.com

Pura yang satu ini juga merupakan bangunan kuno karena dibangun di tahun 1633. Telah berdiri dengan megah sejak lama, pura nan indah ini berlokasi di dataran tinggi Kabupaten Tabanan.

Jika kedua pura sebelumnya berlatarbelakangkan pemandangan laut yang mempesona, lain halnya dengan Pura Ulun Danu Beratan ini. Dengan bentangan pegunungan yang tenang serta genangan danau sejuk di sekitarnya membuat pemandangan terasa semakin menentramkan.

Pura Ulun Danu Beratan menjadi salah satu candi air yang terbesar di Pulau Dewata selain Pura Ulun Danu Batur. Suasananya yang sejuk dan segar membuat Pura Ulun Danu Beratan menjadi obyek wisata favorit para turis.

Yang menarik, sobat tiket dapat memandangi refleksi atau efek mirror dari wujud Pura Ulun Danu di permukaan danaunya. Kamu juga berfoto di kebun luas yang membentang di tepi danau.

Banyak juga pengunjung yang dan berkeliling danau dengan menyewa perahu. Nikmati pemandangan indah alam sekitar dan arsitektur pura yang memukau dari tengah danau dengan berperahu di sini.

Alamat: Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung Regency, Bali.

Waktu operasional: Buka setiap hari dari pukul 07.00 – 19.00.

4. Pura Taman Saraswati

Sumber: Shutterstock.com

Saat sobat tiket berkunjung ke sini, kamu akan disambut dengan jalan setapak dengan kolam penuh bunga teratai yang indah di kanan kirinya mengarah ke kuil. Detail arsitekturnya yang berornamen menjadi daya tarik dan ciri khas tersendiri dari Pura Taman Saraswati ini.

Bergaya arsitektur khas Bali, Pura Taman Saraswati dibangun tahun 1951 oleh arsitek I Gusti Nyoman Lempad. Yang unik dan menarik, terdapat kolam dengan begitu banyak teratai merah muda di bagian depannya. Taman airnya yang asri  tampak sangat indah dan tertata rapi.

Sesuai namanya, pura ini dibangun untuk pemujaan kepada dewi ilmu pengetahuan dalam agama Hindu, Dewi Saraswati.

Kebanyakan dari para turis kerap berfoto dengan background arsitektur pura dan kolam teratainya. Perpaduan arsitektur yang etnik dan mistik khas Bali sangat indah untuk menambah koleksi foto-fotomu.

Tak jauh dari gerbang utama pura, terdapat tembok tinggi yang ada patung raksasa sebesar 3 meter di baliknya. Sedangkan Padmasana (tempat pemujaan) berada pada sisi timur laut pura. Di dasar Padmasana, terdapat pahatan cantik berbentuk kura-kura yang dililit dua ekor naga.

Selain itu, lokasi pura yang tepat berada di belakang Café Lotus Ubud ini memudahkan para turis untuk sekalian berwisata kuliner dan rehat sejenak.

Alamat: Jl. Kajeng, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571.

Waktu operasional: Buka setiap hari dari pukul 07.00 – 19.00.

Pengalaman Liburan yang Magis dan Mengesankan

Suasana Bali yang sarat akan nilai etnis dan tradisi keagamaannya tentu sulit untuk didapatkan di tempat wisata yang lain. Dengan berlibur ke sini, kamu bisa mendapatkan pengalaman liburan yang magis dan mengesankan untuk dikenang.

Untuk sobat tiket yang udah nggak sabar mau liburan ke sini, kamu bisa pesan tiket pesawat ke Bali dari tiket.com sekarang dan jadikan liburanmu tambah seru dan nyaman.

Mau eksplor Bali lebih lanjut? Yuk bermain ke 7 Air Terjun Terindah di Bali yang Pasti Bikin Kamu Terpukau ini untuk referensi liburan super fun di Bali!