,

Ibadah Sambil Wisata Religi ke 10 Masjid Termegah di Malaysia, Seru!

Taman hiburan dan kuliner bukan satu-satunya pesona Malaysia. Negeri Jiran ini juga memiliki banyak sekali potensi wisata yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah wisata religi.

Meskipun jumlah penduduk yang beragama Islam di Negara ini tidak sebanyak di Indonesia, tetapi penerapan kebudayaan dan syariat Islam diberlakukan di beberapa negara bagian.

Bahkan sampai kini, kesultanan Malaysia termasuk salah satu yang masih memegang teguh ajaran agama Islam baik itu dalam kehidupan bernegara maupun pribadi mereka. Jadi jangan heran jika di negara ini, terdapat banyak sekali masjid megah nan cantik, lho!

Masjid di Malaysia bukan hanya bangunan ibadah dengan arsitektur yang memanjakan mata, beberapa bahkan ada yang memiliki sejarah panjang tentang Malaysia di masa lampau yang menarik untuk kamu ketahui.

Masjid Termegah di Malaysia yang Harus Dikunjungi

Jika sobat tiket akan berlibur ke Malaysia, tidak ada salahnya untuk menjelajahi wisata religi di negara tersebut dan mengunjungi masjid-masjidnya yang cantik. Penasaran, kan?

Nggak usah bingung, tiket.com sudah siapkan 10 masjid termegah di Malaysia yang bakal bikin kamu terpukau saat berkunjung ke sini.

1. Masjid Negara Malaysia

Didesain oleh Dato’ Baharuddin Kasim, masjid megah yang dibangun sejak tahun 1963 ini merupakan salah satu tempat ibadah paling megah di Malaysia. Konsep arsitektur yang beragam bisa dilihat dari desain bangunannya.

Mulai dari selasar dan gerbang yang mengadaptasi budaya melayu, kubah-kubah kecil khas budaya Islam Arab, hingga desain modern pada atap berbentuk payung yang bisa terbuka dan menguncup secara otomatis.

Selain megah, Masjid Negara Malaysia juga dikenal sebagai masjid terbesar di Malaysia karena mampu menampung sekitar 15.000 jamaah. Masjid yang diresmikan pada tahun 1965 ini merupakan salah satu simbol keberadaan umat Islam di Malaysia.

Alamat: Jalan Perdana, Tasik Perdana, 50480 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia

Jam operasional: 24 jam

2. Putra Mosque (Masjid Putrajaya)

Tempat ibadah umat Islam ini merupakan salah satu landmark Kota Putrajaya dan destinasi wisata favorit umat Islam yang berkunjung ke Malaysia. Putra Mosque  juga dikenal sebagai masjid terapung.

Hal tersebut disebabkan oleh letak masjid di bibir Danau Putrajaya dan memberi efek ilusi terapung. Dilihat dari arsitekturnya, Masjid yang dibangun pada tahun 1997 tersebut mengadaptasi budaya Maroko.

Alamat: Persiaran Persekutuan, Presint 1, 62502 Putrajaya, Wilayah Persekutuan Putrajaya, Malaysia

Jam operasional: 24 jam

3. Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan masjid bergaya modern, mungkin Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz di Selangor bisa dijadikan referensi. Masjid ini sendiri merupakan masjid terbesar kedua di Asia Tenggara dengan kubah setinggi 51 meter.

Kubah memang merupakan daya tarik utama masjid ini. Dibalut dengan warna biru, kubah Masjid Sultan Salahudin Abdul Aziz semakin indah saat malam hari dan memantulkan cahaya lampu ke seluruh penjuru kota Shah Alam.

Alamat: Persiaran Masjid St., Sekysen 14, 40000 Shah Alam, Selangor

Jam operasional: 24 jam

4. Masjid Zahir

Masjid yang terkenal karena gambarnya terpasang di perangko pemerintah Malaysia tersebut berdiri sejak 1912 Masehi. Bisa dibilang Masjid Zahir merupakan salah satu yang tertua dan memiliki sejarah panjang.

Selain dikenal sebagai masjid paling megah di Malaysia, Zahir juga dikenal sebagai masjid terindah di dunia. Bentuk kubah yang mirip dengan bawang merah serta arsitektur khas Timur Tengah merupakan daya tarik Masjid Zahir.

Tidak heran jika masjid unik ini menjadi simbol kota Kedah dan kebanggaan warga Malaysia yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Alamat: Jalan Kampung Peak, Bandar Alor Setar, 05150 Alor Setar, Kedah

Jam operasional: 24 jam

5. Masjid Wilayah Persekutuan

Selanjutnya, kamu juga bisa mengunjungi Masjid Wilayah Persekutuan di Jalan Duta. Begitu menginjakkan kaki di gerbang utama bangunan, suasana berbeda akan langsung kamu rasakan.

Bangunan masjid yang mirip dengan Masjid Sultan Ahmed di Turki ini dikelilingi taman dan kolam yang indah. Proses pembangunan selama 3 tahun membuat Masjid Wilayah Persekutuan memiliki 4 kubah besar dan 22 kubah kecil.

Daya tampung masjid sendiri mencapai 17.000 orang sehingga selain para pejabat dan petinggi kerajaan Malaysia, Masjid Wilayah Persekutuan juga sering dijadikan tempat beribadah warga biasa Malaysia saat perayaan Idul Fitri dan Idul Adha.

Alamat: Jalan Sultan Mizan Zainal Abidin, Kompleks Kerajaan, 50480 Kuala Lumpur,

Jam operasional: 24 jam

6. Masjid Kampung Laut

Sama seperti Masjid Zahir, Kampung Laut juga termasuk salah satu yang tertua. Dibangun pada tahun 1730, bangunan masjid masih dipertahankan keasliannya hingga saat ini. Dilihat dari bangunannya, Masjid Kampung Laut mirip dengan masjid yang ada di Pulau Jawa.

Hal tersebut bisa sobat Tiket lihat dari bentuk atap limasnya dan menara masjid. Meskipun bangunannya bisa dibilang kuno dan tua, tetapi Masjid Kampung Laut tetap berdiri tegak. Bahkan ketika diterjang banjir bandang beberapa tahun silam, bangunan masjid tetap kokoh.

Alamat: Jalan Kuala Krai 16010 Kota Bharu, Kelantan, Malaysia

Jam operasional: 24 Jam

7. Al Bukhary Mosque

masjid di malaysia

Masjid Al Bukhary merupakan salah satu ikon terbaru dan paling menakjubkan di Alor Setar, Kedah. Tempat ibadah ini dibangun oleh Tan Sri Syed Mokhtar Al Bukkhary, seorang pengusaha lokal. Keistimewaan masjid sendiri tidak hanya dari bangunannya.

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, Masjid Al Bukhary juga dikenal sebagai Islamic Centre yang dilengkapi dengan pusat kesehatan, panti asuhan, dan sekolah khusus untuk para jompo yang dikelola oleh Yayasan Al Bukhary.

Mewah, modern, dan elegan merupakan hal yang tepat untuk mendefinisikan tempat ibadah ini. Selain shalat dan mengaji, pengunjung juga bisa berfoto di sekitar kawasan masjid dan menjadikan bangunan modernnya yang cantik sebagai latar belakang.

Alamat: 1, Jalan Hang Tuah, Bukit Bintang, 55200 Kuala Lumpur

Jam operasional: 24 jam

8. Crystal Mosque

masjid di malaysia

Saat malam hari, Masjid Kristal atau Crystal Mosque di Kuala Trengganu akan terlihat seperti bangunan istana ala Negeri Dongeng dengan gemerlap lampu dan dinding kaca. Berada di kawasan Taman Tamadun Islam, masjid unik ini mampu menampung sekitar 1.500 jamaah.

Selain bangunannya yang unik, lokasi masjid yang berada di tepi Sungai Trengganu membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi Crystal Mosque. Jadi apabila berkesempatan ke sini, jangan lupa berfoto sebanyak-banyaknya untuk kenang-kenangan.

Alamat: Pulau Wan Man, 21000 Kuala Trengganu

Jam operasional: 24 jam

9. Masjid Mizan Zainal Abidin

Terletak di Putrajaya, Masjid yang juga dikenal sebagai Masjid Besi ini mampu menampung sekitar 34.000 jamaah. Bangunan unik, kawasan sekitar yang asri, dan arsitektur khas membuat masjid ini ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Diresmikan pada tahun 2009, Masjid Mizan Zainal Abidin menjadi salah satu ikon Putrajaya selain Putra Mosque. Dengan total area sekitar 73.795 m2, Masjid Mizan Zainal Abidin juga bisa dikategorikan sebagai masjid terbesar selain termegah di Malaysia.

Alamat: 25, Jalan Tuanku Abdul Rahman, Presint 3, 62100 Putrajaya

Jam operasional: 24 jam

10. Masjid As Syakirin

Letak yang strategis dan arsitektur indah merupakan daya tarik masjid yang terletak di Kota Kuala Lumpur Tersebut. Soal kemegahan, As Syakirin mungkin tidak semegah 9 masjid yang telah disebutkan sebelumnya.

Tapi soal popularitas, masjid ini termasuk salah satu favorit wisatawan karena latar belakangnya merupakan menara kembar Petronas. Berfoto di kawasan sekitar masjid tentu saja menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan selain beribadah saat berkunjung ke Masjid As Syakirin.

Alamat: Jalan Ampang, KLCC, 50450 Kuala Lumpur

Jam operasional: 24 jam

Beribadah Sekaligus Berwisata di Malaysia

Meskipun jarang diminati, tetapi berkunjung ke masjid di suatu negara akan mendatangkan kenikmatan tersendiri. Wisata religi akan bikin pengalaman liburan kamu makin seru, jadi segera pesan tiket pesawat ke Malaysia, ya!

Setelah puas mengunjungi masjid megah tersebut, untuk kamu si doyan belanja wajib banget nih datang ke 7 tempat wisata belanja di Malaysia. Karena tentunya pulang ke tanah air harus bawa oleh-oleh untuk keluarga dong, betul, kan?