Vacation Benefits

,

10 Manfaat Liburan Bagi Karyawan yang Perlu Banget Kamu Tahu

Manfaat Liburan – Sekarang adalah waktu yang paling baik untuk merencanakan liburanmu. Ya, sekarang. Mungkin sebagian dari sobat tiket sudah merencanakan dengan baik rencana untuk pergi berlibur. Nah, bagi kamu yang belum dan mungkin merasa bahwa liburan bukanlah sesuatu yang harus diprioritaskan, maka kamu perlu membaca artikel berikut ini. Karena ada banyak hal baik yang akan kamu dapatkan jika kamu pergi berlibur.

Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Kamu, Penting Lho!

Liburan memiliki peran yang sama pentingnya dengan karir yang sedang kamu kejar saat ini. Tanpa liburan, maka hidupmu tak akan seimbang, dan keseimbangan antara kerja dan liburan itu penting banget lho, sobat tiket. Percaya deh, kamu ngga akan nyesel pergi liburan setelah baca artikel manfaat liburan berikut ini. Apa saja manfaatnya? Mari kita simak lebih lanjut!

1. Liburan Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Manfaat Liburan

Tubuhmu akan sangat berterima kasih padamu jika kamu segera pergi berlibur. Manfaat liburan yang pertama adalah mengurangi risiko serangan jantung. Seperti yang kita ketahui bahwa pergi berlibur bisa menurunkan tingkat stresmu, dan hal tersebut berkaitan sangat erat dengan menurunnya risiko serangan jantung.

2. Liburan Bisa Meningkatkan Peluang Naik Gaji

Manfaat Liburan

Mungkin poin manfaat liburan yang kedua ini sedikit ngga nyambung. Tapi nyatanya sebuah penelitian menemukan bahwa para pekerja yang pergi berlibur secara konsisten dan berkala bisa mendapatkan nilai performance review yang lebih baik dibandingkan dengan pekerja yang jarang pergi liburan dengan perbedaan yang bisa mencapai 10%.

Selain itu pekerja yang sering liburan juga cenderung lebih bahagia dalam mengerjakan pekerjaannya dan tidak mudah menyerah dengan tantangan pekerjaan.

3. Liburan Membantu Pikiran Tetap Tenang

Manfaat Liburan

Jika kamu jarang pergi berlibur, maka otakmu akan terbiasa dengan hal tersebut. Namun sayangnya ini bukan pertanda yang baik, sobat tiket. Beberapa ahli saraf mempercayai bahwa koneksi saraf yang menghasilkan perasaan tenang akan melemah ketika jarang digunakan.

Nah, seiring berjalannya waktu, hal tersebut akan berdampak pada kinerja otak yang semakin sulit untuk masuk ke mode istirahat, bahkan ketika tidak sedang bekerja sekalipun. Maka dari itu manfaat liburan bisa membantu koneksi saraf tersebut terus bekerja.

4. Liburan Bisa Meningkatkan Produktivitas

Manfaat Liburan

Semua orang memiliki batasannya masing-masing. Jika kamu bekerja melebihi dari batas kemampuanmu, maka hasilnya malah tidak akan optimal atau kontraproduktif. Nah manfaat liburan yang berikutnya bisa menjadi solusi dari permasalahan ini. Jika kamu pergi berlibur, maka produktivitas kamu dalam bekerja di kantor akan kembali seperti semula.

5. Liburan Bikin Kamu Panjang Umur

Manfaat Liburan

Setelah mengetahui bahwa manfaat liburan sangat baik untuk jantung dan otak, maka tak heran jika para penduduk negara yang ada di Benua Eropa memiliki harapan hidup yang lebih panjang serta biaya perawatan kesehatan yang lebih rendah.

Di Eropa, para pekerja mendapatkan jatah liburan selama 30 hari per tahun. Meskipun di Indonesia tidak ada kebijakan yang sama, tapi jangan lupa untuk liburan ya, sobat tiket.

6. Liburan Dapat Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat Liburan

Manfaat liburan yang selanjutnya adalah meningkatkan konsentrasi dan efektivitas cara berpikir kamu, bahkan dalam waktu yang lama sekalipun. Ketika kamu menyempatkan waktu untuk melepas penat dengan pergi berlibur dari rutinitas sehari-hari, maka kamu nantinya dapat kembali bekerja dengan lebih percaya diri dan siap untuk menerima tantangan baru yang lebih tinggi.

7. Liburan Bisa Meningkatkan Kreativitas

Manfaat Liburan

Bahkan orang paling kreatif pun butuh manfaat liburan. Kamu pastinya butuh sebagian dari waktumu untuk tidak memikirkan pekerjaan sehari-hari. Berpikir adalah suatu kegiatan yang cukup menguras tenaga.

Oleh karena itu kamu butuh untuk sejenak beristirahat dengan pergi berlibur agar otak kamu bisa kembali pada potensi maksimalnya. Dengan berlibur, nantinya otakmu bisa berpikir dengan segar kembali dan bisa menghasilkan solusi dan terobosan kreatif.

8. Liburan Membuat Kamu Lebih Bahagia

Manfaat Liburan

Poin manfaat liburan yang satu ini sudah sangat jelas. Semua orang pasti tahu kalau liburan bisa bikin kamu lebih bahagia. Lebih bagusnya lagi, kebahagian yang kamu rasakan setelah pulang dari liburan tersebut pastinya akan menular ke teman-teman kerja sekantormu, apalagi jika kamu berangkat liburan bersama dengan mereka. Dengan demikian suasana di kantor pasti jadi lebih seru.

9. Liburan Bisa Meningkatkan Energi

Manfaat Liburan

Sebuah penelitian lain menunjukkan bahwa manfaat liburan bisa membuat tubuh kamu menyimpan energi dengan lebih banyak. Dengan demikian, ketika kamu kembali bekerja setelah berlibur, semua pekerjaan akan terasa lebih mudah bagi kamu.

Oleh karena itu jangan anggap remeh liburan ya, sobat tiket. Ketika kamu pergi liburan, kemudian pulang, kamu akan merasa lebih segar dan siap melahap semua tugas yang diberikan padamu.

10. Liburan Bisa Bikin Kamu Jadi Leader yang Baik

Manfaat Liburan

Manfaat liburan tidak hanya didapatkan oleh para pekerja saja, namun juga oleh para leader. Hampir sebesar 85% para eksekutif yang berpartisipasi dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa mereka membatalkan rencana liburannya karena tidak bisa meninggalkan pekerjaannya.

Perilaku seperti ini dalam jangka panjang nyatanya malah bisa membuat perusahaan merugi. Jika para pemimpin perusahaan bisa mengatur waktu berliburnya, maka mereka dapat bekerja dengan kreativitas yang lebih baik serta mampu menjalankan misi dan visi perusahaan dengan lebih maksimal.

Berliburlah dan Rasakan Manfaatnya!

Terakhir dan tak kalah penting, manfaat liburan bisa membuat kamu awet muda lho, sobat tiket. Karena tingkatan stres yang sudah kronis dipercaya dapat mempercepat proses penuaan. Jadi bagi sobat tiket yang ingin terus kelihatan muda, obatnya adalah liburan. Jangan bingung pilih destinasi, coba cek 10 tempat wisata anti mainstream di Indonesia ini yang bisa kamu jadikan referensi. Liburan bisa lebih asik jika pesan hotel dengan harga murah dari tiket.com.