,

Malang Series: Menyaksikan Indahnya Malang Flower Carnival 2019

Love is a flower – you got to let it grow – John Lennon

Cinta itu seperti bunga, harus dibiarkan untuk tumbuh – John Lennon

Bunga adalah bagian dari tumbuhan yang menampilkan keindahan yang tiada duanya serta memiliki harum yang semerbak. Tidak heran banyak beragam pameran hingga festival bunga di dunia yang diselenggarakan tiap tahunnya. Salah satunya ada Malang Flower Carnival yang diselenggarakan setiap tahunnya. Apa ya keseruan dari festival tahun ini? Ayo simak terus, sobat tiket!

Tentang Malang Flower Carnival 2019

Bagi sobat tiket yang belum tahu, Malang Flower Carnival adalah kegiatan parade busana yang dilakukan setiap tahunnya di pusat kota tepatnya di Jalan Ijen, Kota Malang. Peserta terbagi menjadi dua kategori yaitu anak-anak dan dewasa, harus menggunakan pakaian yang terbuat dari 75% rangkaian bunga dan menggunakan bahan daur ulang.

Pada Malang Flower Carnival 2019, Jalan Ijen yang setiap pagi digunakan sebagai tempat untuk car free day disulap menjadi jalan catwalk panjang. Karena bersifat umum dan tidak dipungut biaya, maka banyak masyarakat yang datang untuk melihat karnaval yang diselenggarakan setahun sekali ini. 

Booth di Malang Flower Carnival 2019

Acara Malang Flower Carnival tahun ini dimulai pada pukul 2 siang waktu setempat. Namun, keramaian masyarakat sudah ada sejak pagi di Jalan Ijen. Sembari menunggu, terdapat beberapa booth yang bisa dikunjungi di sekitar area panggung. Pastinya, kamu akan menemukan banyak bunga serta mencium semerbak harum wanginya ketika menyusuri area ini. 

Bagi yang ingin membeli bunga, terdapat beberapa mobil pick-up yang disulap menjadi sebuah booth menjual berbagai jenis warna-warni bunga. Selain menjual beraneka ragam bunga, ada juga yang menawarkan kursus merangkai bunga lho, sobat tiket! Jadi, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang untuk belajar seni Ikebana. Menarik, bukan?

Bunga identik dengan sesuatu yang cantik, rupawan dan elok dipandang mata. Selain booth menjual bunga, ada juga spot foto disediakan penyelenggara untuk masyarakat. Bagi yang ingin berfoto diantara kumpulan bunga-bunga indah atau dinding penuh dengan hiasan daun, bisa mengunjungi area ini. 

Parade Acara Malang Flower Carnival 2019

Menjelang siang, masyarakat mulai mengerumuni sepanjang Jalan Ijen menunggu acara utama pagelaran busana dimulai. Apa saja ya keramaian yang ada sepanjang acara ini? Ayo lanjut terus baca keseruannya di bawah ini! 

1. Parade Marching Band

Sesaat ketika acara akan dimulai, akan terdengar suara ketukan gendang dan terompet dari balik panggung. Barisan para pemain marching band sedikit demi sedikit keluar dari balik panggung utama berjalan di sepanjang area catwalk Malang Flower Carnival 2019. Uniknya selain sambil bermain alat musik, mereka juga melakukan atraksi akrobatik yang memukau para penonton. Keren sekali deh, sobat tiket!

2. Duta Pariwisata Malang, Kakang dan Mbakyu

Sama seperti beberapa kota besar di Indonesia, pemerintah memiliki anak-anak muda yang dinobatkan menjadi duta pariwisata dari suatu daerah. Jika di Jakarta, sobat tiket mungkin mengenal istilah Abang dan None, kalau di Malang namanya Kakang dan Mbakyu. Setelah iringan marching band, para pasangan Kakang dan Mbakyu cilik hingga dewasa berjalan di sepanjang area karnaval. 

3. Peragaan Busana Bertema Bunga

Tidak lama berselang, akhirnya dimulai karnaval kostum-kostum unik yang ditunggu masyarakat. Selain sebagai lomba untuk menampilkan busana kreasi masyarakat kota Malang, pemerintah setempat juga mengajak melakukan gerakan pelestarian lingkungan. Pada Malang Flower Carnival 2019 ini mengusung tema Teratai Nusantara dengan tujuan menampilkan keindahan Bunga Teratai Indonesia. 

Terdapat kurang lebih hingga 300 peserta yang menampilkan berbagai kreasi busana unik bertema teratai mereka. Beberapa menghias busana mereka hingga membentuk sebuah sayap panjang seperti sayap kupu-kupu hingga sayap burung. Dengan warna-warni yang membius mata melihatnya, para peserta berjalan di area catwalk sepanjang 800 meter. 

 

Selain memiliki tema Padma Nusa yang berarti Padma memiliki arti bunga teratai dalam bahasa Hindi, terdapat tiga kriteria yang harus dipenuhi dari para juri. Kostum yang digunakan harus bersifat Glamor, Monumental (berdimensi besar), serta Ergonomis atau nyaman untuk digunakan oleh para peserta. 

Acara Malang Flower Carnival ini bahkan sudah masuk ke dalam Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia yang dikelola Kementrian Pariwisata. Dengan itu, karnaval ini juga sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan Kota Malang ke dunia sebagai salah satu destinasi liburan. 

Selain peserta dewasa, uniknya juga ada beberapa peserta Malang Flower Carnival yang masih anak-anak. Beberapa dari mereka menggunakan kostum mungil dihiasi dengan bunga-bunga cantik dan indah. Tidak heran, kehadiran dari peserta cilik ini membuat beberapa orang ingin mengabadikannya dalam foto atau bahkan berfoto bersama mereka. 

Tertarik Mengunjungi Malang?

Indah ya sobat tiket? Jika kamu ingin melihat Malang Flower Carnival 2020 nanti, sobat tiket bisa menambah Kota Malang sebagai destinasi liburan tahun depan. Tapi bukan cuma itu, kota ini memiliki banyak objek wisata yang tidak kalah menarik lainnya seperti Air Terjun Coban Rondo yang memilki banyak sejarah dibalik namanya. 

Liburan ke Malang akan semakin lebih mudah menggunakan aplikasi tiket.com! Kamu bisa pesan tiket pesawat, hotel, kereta, sewa mobil hingga atraksi yang ada di kota ini, lengkap sekali. Apalagi ada promo liburan yang kasih kamu banyak diskon biar makin irit deh. Ayo jalan-jalan ke Kota Malang, sobat tiket!