,

Malang Series: Menengok Sejarah dan Keindahan Coban Rondo

Jalan-jalan ke Malang tidak lengkap rasanya kalau kamu tidak mengunjungi berbagai objek wisata di kota Batu. Ada berbagai wisata keluarga mulai dari taman hiburan hingga wisata alam yang bisa kamu lihat di sini. Salah satunya adalah Coban Rondo atau yang biasa dikenal dengan Air Terjun Janda. Kenapa namanya seperti itu? Mau tahu lebih lengkapnya? Simak terus ya!

Lokasi dan Akses Menuju Coban Rondo

Papan selamat datang ke wahana wisata Coban Rondo

Coban Rondo berada di Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Lebih tepatnya, sobat tiket bisa menuju kawasan Kota Batu yang terkenal sebagai pusat wisata. Perjalanan akan ditempuh selama kurang lebih satu setengah jam, jika kamu berangkat dari pusat kota Malang. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau bus shuttle untuk menuju tempat wisata ini. 

Tiket wisata yang berupa gelang

Sesaat kamu mencapai gerbang pintu masuk, kamu akan melihat papan tulisan selamat datang. Di sini sobat tiket akan dikenakan tarif Rp30.000/orang untuk tiket masuk ke kawasan wisata ini. Tiket yang diberikan kepada pengunjung berbentuk gelang yang harus digunakan di pergelangan tangan. Awas, jangan sampai hilang ya! 

Wahana Wisata Coban Rondo

Papan peta petunjuk area kawasan wisata Coban Rondo

Untuk menuju kawasan air terjun, kamu masih harus menempuh perjalanan ke dalam sekitar 1 s.d. 2km dari pintu gerbang masuk. Kawasan wisata Coban Rondo menyediakan banyak sekali aktifitas outdoor yang bisa dinikmati para pengunjung. Selain air terjun, sobat tiket bisa menemukan area outbond hingga area perkemahan. 

Pos informasi di kawasan wisata Coban Rondo

Begitu sampai, kamu disambut dengan sejuknya udara sekitar serta suara gemericik air yang mengalir. Area parkir yang luas diantara bukit dan pohon tinggi membuat suasana petualangan alam kamu sudah dimulai nih, sobat tiket! Sebelum masuk ke area terjun, kamu akan melalui pos pemeriksaan tiket. Di sini, gelang kamu nanti akan dicoret oleh petugas sebagai tanda sudah memasuki area Coban Rondo.

Suasana Rindang Bukit dan Hutan

Bunga dan sungai di sekitar Coban Rondo

Kawasan wisata Coban Rondo menjadi salah satu destinasi wisata alam yang sering dikunjungi oleh wisatawan luar dan dalam kota Malang. Karena terletak tidak jauh dari Gunung Butak, tidak heran kamu akan melihat banyak pohon-pohon tinggi. Air yang mengalir pun sangat jernih sampai kamu bisa melihat dasar sungai. 

Pintu Gapura menuju air terjun

Selain pepohonan dan sungai, sobat tiket juga akan menemukan banyak bunga-bunga berwarna ungu yang menghiasi di sekitar tempat wisata ini. Terdapat sebuah pintu gapura yang bertuliskan Coban Rondo dengan dua patung batu yang bisa sobat tiket lihat ketika akan masuk kawasan air terjun. 

Derasnya Air Terjun yang Indah

Papan larangan di sepanjang jalan setapak

Perjalanan menuju area terjun bisa sobat tiket lalui dengan berjalan kaki dari pintu gapura sebelumnya. Di sini kamu akan melalui sebuah jalur setapak dengan panjang sekitar 300m. Sepanjang jalan, sobat tiket akan menemukan banyak tempat duduk batu yang disediakan pengelola untuk pengunjung beristirahat.  

Terdapat juga beberapa papan larangan yang memperingatkan para pengunjung untuk tidak mengotori dan melakukan tindakan sembrono di area ini. Kamu akan mulai mendengar seruan pengunjung yang berteriak dan suara aliran air kencang ketika sudah dekat dengan air terjun. Persiapkan dirimu untuk melihat pemandangan indah, ya!

Pemandangan Coban Rondo dari jauh
Bagian dasar air terjun dengan batu besar mengelilingi

Terpana, mungkin itu hal pertama yang akan sobat tiket begitu sampai area Coban Rondo ini. Aliran air yang deras dari bagian paling atas menuju ke dasar terdengar begitu kencang. Memiliki ketinggian hingga mencapai 84 meter, pemandangan di sini sungguh membuatmu berdecak kagum. 

Banyak pengunjung berusaha mengabadikan momen dengan latar belakang air terjun. Karena alirannya yang kencang, jangan heran kalau kamu akan sedikit basah terkena percikan airnya. Udara di sekitar air terjun pun terasa sangat dingin meskipun saat sedang musim panas. 

Papan larangan dekat air terjun

Selain di jalan setapak sebelumnya,  sobat tiket juga akan melihat beberapa papan larangan yang terdapat di sekitar air terjun. Hal ini bertujuan agar menjaga keamanan dan keselamatan para pengunjung selama berada di sini. Terdapat pagar rantai yang memberikan jarak aman untuk tidak mendekati objek air terjun lebih dekat. 

Sejarah

Kisah asal usul nama Coban Rondo

“Dalam bahasa Jawa Coban berarti Air Terjun, Rondo berarti Janda ”

Ternyata ada sejarah dibalik arti sebuah nama Coban Rondo lho, sobat tiket. Bagi pengunjung yang ingin mengetahui legenda tempat wisata ini, kamu bisa menuju sebuah papan pigura dekat air terjun. Di sini kamu akan menemukan sebuah tulisan dalam sebuah bingkai foto yang menjelaskan asal usul mengapa air terjun ini dinamakan Coban Rondo.

Seorang mempelai wanita bernama Dewi Anjarwati baru saja menikah dengan Raden Baron Kusuma. Kemudian, mereka hendak pergi berkunjung ke Gunung Anjasmoro meskipun dilarang oleh keluarga. Dalam perjalanan mereka bertemu seorang pria bernama Joko Lelono yang terpikat dengan paras ayu Dewi Anjarwati.

Joko Lelono pun menantang Raden Baron Kusuma untuk memperebutkan Dewi Anjarwati. Akhirnya, Raden Baron Kusuma menyuruh ajudannya untuk menyembunyikan sang istri ke tempat yang ada air terjunnya dan menunggu di sana. Namun, kedua pria tersebut gugur dalam pertarungan sehingga membuat sang Dewi Anjarwati menjadi seorang janda (Rondo). Menanti suaminya yang tak kunjung datang ke air terjun.

Spot Foto Coban Rondo

Tempat foto keren untuk para pengunjung

Selain menikmati pemandangan air terjun yang indah, pengelola kawasan wisata juga menyediakan beberapa spot foto untuk para pengunjung. Terdapat dua spot foto berbeda yang bisa sobat tiket hampiri untuk mendapatkan foto dengan hasil menakjubkan. Salah satunya ada perahu yang terbentuk dari untaian rotan kayu dengan pemandangan Coban Rondo dibelakangnya. 

Tersedia jasa fotografer bagi pengunjung

Buat sobat tiket yang tidak memiliki kamera atau tidak bisa mengambil foto bagus, tidak usah khawatir! Di sini tersedia jasa fotografer yang bisa sobat tiket temukan di sekitar air terjun. Foto yang diambil bahkan bisa langsung dicetak saat itu juga, praktis dan cepat bukan?

Fasilitas

Tersedianya musala di sekitar tempat wisata

Demi kenyamanan para pengunjung di sekitar area Coban Rondo, pengelola menyiapkan beberapa fasilitas penunjang yang bisa digunakan. Bagi yang beragama muslim di sini disediakan sebuah musala lengkap dengan tempat wudhu pria dan wanita terpisah. Kemudian, sobat tiket juga bisa menemukan kursi batu dan toilet yang terletak pada sepanjang jalan setapak menuju air terjun. 

Kedai yang menjual makanan dan oleh-oleh khas Coban Rondo

Perut lapar setelah berkeliling sekitar Coban Rondo? Tenang, di sini kamu bisa menemukan berbagai kedai yang menjual beraneka cemilan mulai dari gorengan hingga makanan berat seperti nasi rawon. Selain itu, tersedia juga beberapa toko yang menjual oleh-oleh kerajinan tangan khas masyarakat setempat. Cocok banget buat dijadikan oleh-oleh lho, sobat tiket!

Tertarik Mengunjungi Tempat Ini?

Indah, bukan? Ternyata dibalik Coban Rondo memiliki asal usul legenda mengapa tempat itu dinamakan demikian. Menjelajah wisata alam di Malang memang tiada duanya, salah satunya berbagai pantai keren sekitar Malang yang bisa sobat tiket masukkan ke dalam daftar rencana liburan selanjutnya. 

Pengalaman jalan-jalan kamu ke Malang akan semakin mudah dengan memesan tiket pesawat atau hotel di Malang menggunakan aplikasi tiket.com! Temukan beragam promo menarik yang bisa kamu gunakan untuk liburan kamu. Jangan lupa kunjungi Coban Rondo ketika liburan ke Malang ya, sobat tiket!