Makanan Khas Semarang

,

9 Makanan Khas Semarang yang Terkenal dan Legendaris

Makanan Khas Semarang – Kota Semarang memang menyimpan banyak sekali pesona. Di kota ini kamu bisa menemukan sejumlah destinasi seru yang sulit kamu temukan di tempat lain. Lawang sewu misalnya, tempat yang terkenal dan menjadi ikon ibukota Jawa Tengah ini.

Tak hanya itu, bagi kamu yang suka kuliner juga tak boleh melewatkan Semarang sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Karena ada banyak pilihan makanan lezat yang bisa kamu cicipi selama berada di Semarang.

Makanan Khas Semarang yang Enak dan Lezat

Lalu apa saja makanan khas Semarang yang wajib kamu coba? Nah, berikut ini tiket.com sudah buat rangkuman tentang makanan apa saja yang harus kamu coba terlebih dahulu kalau kamu mau wisata kuliner di Semarang. Ayo langsung simak daftarnya!

1. Lumpia

Makanan Khas Semarang - lumpia

Siapa sih yang tidak tahu kalau salah satu makanan paling terkenal di Semarang adalah lumpia? Betul sekali, makanan khas yang satu ini sangat difavoritkan oleh banyak wisatawan yang datang ke kota Semarang. Bahkan kota Semarang juga punya julukan sebagai Kota Lumpia.

Selain itu, lumpia juga tak jarang menjadi pilihan populer sebagai oleh-oleh khas Semarang. Kamu tak akan kesulitan menemukan tempat untuk membeli lumpia di Kota Semarang. Agar bisa tahan lebih lama, kamu bisa beli lumpia yang belum digoreng untuk dibawa pulang ke rumah.

2. Bandeng Presto

Bandeng Presto

Bandeng presto juga salah satu makanan khas Semarang yang terkenal dan sering dipilih sebagai oleh-oleh. Ikan bandeng punya rasa gurih ketika dimasak, ditambah dengan proses presto, kamu tak perlu lagi khawatir dengan durinya karena sudah jadi lunak dan aman untuk dimakan.

Bandeng adalah salah satu jenis ikan yang punya kandungan protein tinggi. Daging bandeng ini paling enak ketika disajikan hangat setelah digoreng, dimakan dengan nasi hangat dan juga sambel khas yang membuatnya makin lezat.

3. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal

Tahu gimbal adalah kuliner Semarang yang merupakan campuran dari tahu goreng dan bakwan udang sebagai bahan utamanya. Ditambah dengan sambel kacang, makanan ini pastinya bisa bikin lidah kamu bergoyang.

Makanan ini juga jadi salah satu daya tarik kota Semarang. Banyak sekali wisatawan yang datang ke Semarang dan menyempatkan diri untuk mencicipi makanan yang satu ini. Nah, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan untuk mencoba tahu gimbal ketika sedang berada di Semarang.

4. Wingko Babat

Wingko Babat

Selain jadi makanan khas, wingko babat juga merupakan salah satu pilihan oleh-oleh khas Semarang yang sangat populer. Makanan Semarang yang satu ini cocok banget dijadikan sebagai cemilan sambil menikmati teh hangat dan ngobrol sama teman atau keluarga.

Wingko babat terkenal dengan rasa yang manis legit dan gurih karena terbuat dari kelapa. Makanan ini tersedia dalam banyak pilihan rasa, mulai dari original, coklat, nangka, dan lain sebagainya.

5. Tahu Pong

Tahu Pong

Tahu pong sudah menjadi salah satu makanan khas Semarang yang terkenal sejak lama, bahkan makanan ini sudah ada sejak sebelum Indonesia merdeka dari penjajah. Bisa dibilang makanan ini adalah makanan Semarang yang legendaris.

Istilah tahu pong muncul dari sebuah istilah di Jawa yakni kopong yang artinya adalah kosong atau tanpa isi. Nah tahu pong tersebut memang memiliki bagian tengah yang tidak terlalu padat alias kosong. Rasanya gurih dan bikin kamu ketagihan.

6. Nasi Ayam Semarang

Nasi Ayam Semarang

Makanan Semarang yang lezatnya bisa kamu nikmati untuk sarapan ataupun makan malam adalah nasi ayam. Rasanya yang enak ditambah dengan harga per porsi yang sangat terjangkau membuat makanan ini menjadi sangat terkenal di Semarang.

Satu porsi nasi ayam Semarang ini isinya sangat lengkap yang terdiri dari nasi, suwiran daging ayam kampung, sayur labu siam, tahu, dan disajikan dengan kuah opor yang gurih. Siap-siap saja lidah kalian akan dimanja ketika mencicipi makanan ini.

7. Soto Bangkong

Soto Bangkong

Makanan khas Semarang lainnya yang legendaris dan wajib kamu coba adalah Soto Bangkong. Soto memang merupakan makanan yang ada di berbagai daerah di tanah air. Tapi Soto Bangkong punya kekhasannya sendiri dan membuatnya sangat enak.

Soto Bangkong adalah sebuah tempat makan yang ada di Jalan Brigjen Katamso No.1. Tempat ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Bahkan wisatawan yang datang dari daerah jauh pun ingin menyempatkan diri untuk makan di sini.

8. Kue Leker Paimo

Kue Leker Paimo

Sebagian besar orang Semarang pasti tahu dengan Kue Leker Paimo. Bahkan orang sampai rela mengantri panjang untuk bisa membeli makanan ini. Kamu bisa menemukan makanan ini di daerah Brumbungan Semarang Tengah, dekat dengan SMA Loyola.

Yang membuat kue leker ini istimewa adalah pilihan isinya. Jika biasanya kue leker disajikan dengan isi coklat atau pisang, maka Leker Paimo ini berbeda karena kamu bisa pesan dengan isi seperti ikan tuna, telur, sosis, jagung manis, dan lain sebagainya.

9. Tahu Petis

Makanan Khas Semarang - Tahu Petis

Jajanan khas Semarang yang mesti kamu coba adalah tahu petis. Makanan ini berupa tahu goreng yang dimakan dengan petis. Petis itu sendiri adalah saus berwarna hitam kental dan terbuat dari udang kemudian dioleskan ke bagian dalam tahu.

Cocok sebagai cemilan di sore hari untuk menemani kamu ngobrol bersama teman-teman, tahu petis akan lebih nikmat ketika kamu makan dengan cabai rawit. Kamu juga bisa beli petis secara terpisah untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Semarang.

Ayo Coba Makanan Khas Kota Semarang

Kalau kamu penasaran dan bertanya apa makanan khas Semarang yang wajib dicoba, maka kamu bisa mencicipi semua makanan yang sudah disebutkan di atas. Beberapa di antaranya bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh juga lho. Nah, kalau sudah kenyang dan siap mengeksplor kembali, kamu bisa kunjungi tempat wisata di Semarang. Kalau cari penginapan murah, kamu bisa pesan hotel di Semarang melalui tiket.com.