Makanan KManado Traditional Foodhas Manado

,

8 Rekomendasi Makanan Khas Manado yang Wajib Banget Kamu Coba!

Makanan Khas Manado – Manado merupakan Ibukota dari Provinsi Sulawesi Utara. Mendengar kata Manado, pasti kamu akan langsung tertuju pada Taman Nasional Bunaken dengan segala keindahan alam bawah lautnya.

Ternyata, bukan hanya sebagai kota yang memiliki berbagai keindahan alam wisatanya saja, Manado juga dikenal sebagai surga kuliner lho, sobat tiket.

Ada banyak pilihan makanan khas yang bisa kamu temui di kota ini dengan cita rasa yang berbeda, dan membuat kamu ketagihan. Jangan lupa mampir untuk mencoba berbagai makanan khas Manado saat kamu berada di kota ini ya.

Berikut ini 8 menu makanan khas Manado yang bisa sobat tiket cicipi saat pergi ke Manado.

8 Menu Makanan Khas Manado yang Menggugah Selera

1. Tinutuan

Tinutuan atau yang juga dikenal dengan nama Bubur Manado adalah menu khas Manado yang paling terkenal. Menu makanan ini terbuat dari bubur yang dicampur dengan sayuran hijau seperti kangkung dan juga labu kuning.

Makanan Khas Manado - Tinutuan

Tinutuan ini paling enak kalau kamu menyantapnya bersama dengan ikan asin, sambal, dan juga kerupuk. Dijamin bisa menjadi menu sarapan paling menggugah selera deh, sobat tiket.

2. Ayam Woku Woku

Kamu pecinta makanan pedas? Maka mencoba menu Ayam Woku Woku bisa menjadi pilihan yang paling tepat saat kamu berada di Manado. Karena, menu makanan khas Manado ini terdiri dari daging ayam yang dimasak dengan berbagai bumbu serta cabai yang bisa membuat perut panas, tapi nagih banget nih, sobat tiket.

3. Klappertaart

Tidak hanya hidangan utama, Manado juga punya Klappertaart sebagai hidangan penutup nih, sobat tiket. Pasti banyak dari sobat tiket yang belum tahu kalau Klappertaart merupakan makanan khas Manado kan? Yap, hal ini karena Klappertaart bisa kamu temui dengan mudah di luar Manado.

Makanan Khas Manado - Klappertaart

Kue yang terbuat dari bahan dasar kelapa ini enak banget kalau kamu santap dalam keadaan dingin. Pasti bisa bikin kamu ketagihan dan mau coba lagi deh begitu mencicipinya.

4. Sambal Roa

Selain terkenal dengan ikan cakalang nya, Manado juga dikenal dengan menu makanan pedas. Tidak heran ada berbagai pilihan sambal yang berasal dari Manado. Misalnya saja seperti Sambal Roa ini. Sambal roa merupakan sambal khas Manado yang terbuat dari campuran cabai dan juga ikan terbang asap.

Karena bahan ikan ini sulit didapatkan, maka tidak heran kalau harga dari sambal roa juga cukup mahal. Kamu bisa menjadikan sambal ini sebagai menu pelengkap untuk makan Bubur Tinutuan lho, sobat tiket.

5. Panada

Panada merupakan makanan yang bentuknya hampir menyerupai pastel. Namun nyatanya, kedua makanan ini merupakan jenis makanan yang berbeda baik dari segi bahan dan juga isian. Kalau pastel terbuat dari kulit pastry dengan isian sayur, Panada terbuat dari bahan roti dan memiliki isian ikan cakalang.

Kamu tahu nggak nih? Ternyata, Panada merupakan kue yang berasal dari Portugis lho. Namun, menjadi salah satu panganan yang sangat dikenal di Manado.

6. Pisang Goroho Goreng

Pisang Goroho menjadi menu makanan unik yang dimiliki Manado. Hal ini karena pisang yang disajikan merupakan pisang yang belum masak dan masih asam. Namun, disinilah keunikan dari Pisang Goroho yang dikupas dengan bentuk kipas dan di goreng hingga garing. Kamu juga bisa menyantap Pisang Goroho Goreng ini dengan sambal roa atau sambal dabu-dabu.

7. Cakalang Fufu

Cakalang merupakan jenis ikan yang banyak ditemui di perairan Manado. Sehingga, banyak makanan olahan dari ikan cakalang ini menjadi menu makanan khas Manado yang bisa banyak kamu temui di Manado.

Makanan Khas Manado - Cakalang Fufu

Cakalang Fufu menjadi salah satu menu makanan yang menggunakan ikan cakalang sebagai bahan utamanya. Menu makanan ini merupakan ikan cakalang yang dibelah menjadi dua bagian yang kemudian di asap dengan bumbu khas. Menu cakalang satu ini tentu bisa disajikan dengan berbagai variasi, seperti cakalang fufu saus atau cakalang fufu santan.

8. Ikan Woku

Selain Ayam Woku Woku, ada juga makanan khas Manado berupa Ikan Woku. Sebetulnya, woku merupakan bumbu khas Manado yang bisa digunakan sebagai bumbu pelengkap untuk beberapa menu makanan. Jadi, selain ayam, kamu juga bisa menemukan bumbu Woku pada menu makanan seperti ikan dan juga daging.

Datang ke Manado memang tidak lengkap rasanya kalau tidak mencoba berbagai menu makanan khas Manado. Untuk kamu yang ingin terbang liburan ke Manado, bisa pesan tiket ke Manado di tiket.com lho. Pemesanan mudah dan transaksi aman!

Selain menu makanan khas yang bisa kamu cicipi, jangan lupa untuk mampir ke 7 tempat wisata di Manado paling hits ini ya!