Libur Nasional

,

Libur Nasional 2019, Ini Rekomendasi Destinasi untukmu!

Libur Nasional – Hari libur nasional memang menjadi momen yang paling dinanti oleh siapapun. Karena, momen libur nasional ini bisa dimanfaatkan untuk pergi berlibur bersama dengan orang-orang tercinta. Setiap tahunnya, Indonesia memiliki kurang-lebih 15 kali hari libur nasional yang juga bisa dimanfaatkan sebagai libur panjang. Apalagi, kalau ada hari-hari kejepit yang bisa membuat liburan menjadi lebih panjang.

Berikut ini, ada rekomendasi destinasi wisata untuk sobat tiket yang ingin menghabiskan waktu libur nasional nanti untuk sebagai momen untuk liburan. Mau tau kan, di mana saja tempat yang asik untuk berlibur saat hari libur nasional tiba? Ini dia list destinasi selengkapnya untuk sobat tiket.

Libur Nasional, Ada Banyak Alasan Untuk Tidak Berdiam Diri di Rumah Saja Lho!

Mau liburan keluar kota atau pun keluar negeri, semuanya tergantung pada pilihan kamu nih. Selain memperhitungkan bujet, tentu ada beberapa pertimbangan lainnya ya, sobat tiket sebelum kamu menentukan destinasi liburan nanti. Nah, kalau sobat tiket masih belum tahu mau pergi ke mana saat libur nasional nanti, kamu wajib baca rekomendasi libur nasional di bawah ini!

  1. Tahu Baru Masehi

Tahun Baru Masehi jatuh pada tanggal 1 Januari 2019, momen libur nasional ini memang pas banget dijadikan momen liburan panjang bareng keluarga. Kamu bisa memilih destinasi liburan yang baru dengan durasi waktu yang lebih lama nih, sobat tiket.

Libur Nasional - Tahun Baru Masehi - Dubai

Menikmati momen pergantian tahun baru bersama keluarga, Dubai, New York, London, Bangkok, Singapore, bisa menjadi destinasi tempat liburan yang menyenangkan lho. Karena, negara-negara ini memiliki perayaan kembang api yang paling menarik di dunia.

  1. Hari Raya Imlek

Libur nasional kedua adalah Hari Raya Imlek. Hari libur yang ditetapkan sebagai hari libur nasional pada tanggal 5 Februari 2019 ini merupakan Tahun Baru yang dirayakan oleh etnis Tionghoa di seluruh dunia. Perayaan tahun baru Imlek biasanya menjadi ajang untuk silaturahmi dan makan bersama keluarga.

Libur Nasional - Hari Raya Imlek

Namun, untuk sobat tiket yang ingin meraskan liburan saat perayaan Imlek, kamu bisa memilih destinasi wisata seperti Hong Kong, Taiwan, atau Indonesia kok. Perayaan Imlek di negara-negara ini berjalan dengan meriah lho, di setiap tahunnya.

  1. Hari Raya Nyepi

Hari Raya Nyepi merupakan Hari Raya umat Hindu yang dilaksanakan setiap Tahun Baru Saka. Berbeda dengan perayaan tahun baru lainnya yang berlangsung dengan meriah, maka Hari Raya Nyepi mengharuskan umat yang merayakan untuk menyepi untuk refleksi diri. Salah satu kota di Indonesia dengan penganut Hindu terbesar adalah di Bali. Jadi, tidak heran kalau Bali akan terasa sepi dan sunyi pada saat Hari Nyepi, karena seluruh aktivitas di berhentikan.

Sobat tiket yang berniat untuk pergi ke Bali di tanggal libur nasional ini, kayaknya harus pindah haluan deh. Karena, aktivitas termasuk Bandar Udara dan pelayanan umum lainnya akan ditutup sementara. Mungkin pergi ke Lombok atau Bangka Belitung bisa menjadi destinasi lainnya untuk kamu yang mau liburan dengan suasana pantai.

  1. Isra Mi’raj

Isra Mi’raj yang jatuh pada tanggal 3 April 2019 ini adalah hari yang biasa digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Di momen ini, kamu bisa memanfaatkan untuk pergi berlibur ke Yogyakarta dan menjelajah keindahan warisan budaya di Kota ini.

Ambil cuti di tanggal 4 dan 5 April 2019 bisa juga nih kamu manfaatkan untuk mendapatkan liburan panjang hingga hari Minggu.

  1. Jumat Agung

Peringatan Jumat Agung merupakan hari peringatan Wafatnya Yesus Kristus yang biasanya jatuh pada hari Jumat sebelum Minggu Paskah. Di tahun 2019 ini, peringatan Jumat Agung jatuh pada hari Jumat 19 April 2019. Jadi hari kejepit, kamu bisa memanfaatkan tanggal 18 April untuk mengambil cuti nih, sobat tiket. Pergi ke destinasi wisata rohani cocok banget deh untuk mengisi liburan ini, seperti ke Flores, Nusa Tenggara Timur.

  1. Hari Buruh

1 Mei ditetapkan sebagai Hari Buruh, jadi udah pasti kota-kota besar di Indonesia akan ramai demo nih, sobat tiket. Pastinya akan ada kemacetan di beberapa titik yang bikin kamu jadi mager kemana-mana. Gimana kalau kamu manfaatin libur nasional ini dengan pergi ke luar kota bersama keluarga? Kamu bisa manfaatin 2 hari cuti untuk mendapatkan libur panjang lho. Sekalian merayakan Puasa hari pertama dengan suasana baru, ya kan?

  1. Hari Raya Waisak

Waisak atau Vesakha merupakan hari raya umat Buddha untuk memperingati tiga peristiwa penting yang terjadi pada hari Waisak. Hal ini dikenal dengan sebutan Trisuci Waisak, dimana peristiwa kelahiran-penerangan-kematian terjadi dalam satu waktu. Biasanya, umat Buddha akan pergi ke Vihara untuk melakukan ritual puja-bhakti.

Meskipun hari libur ini jatuh di hari Minggu, 19 Mei 2019 tapi kamu tetap bisa menikmati liburan kok, sobat tiket. Sekalian ngabuburit puasa, kamu bisa jalan-jalan ke kawasan di sekitar DKI Jakarta seperti Kota Tua saat sore hari.

  1. Kenaikan Isa Almasih

Kenaikan Isa Almasih merupakan peristiwa yang terjadi setelah 40 hari Kebangkitan Yesus. Peristiwa ini biasanaya dilakukan dengan menghadiri Misa di Gereja. Agar liburan kamu semakin berkesan, kamu bisa mengajukan cuti 1 hari sebelum dan 1 hari setelah tanggal merah nih, sobat tiket.

Liburan panjang bisa kamu rasakan dan manfaatkan dengan cara pergi keluar kota deh, sobat tiket. Misalnya seperti ke Gua Maria Lembah Karmel yang ada di Lembang Bandung, atau ke Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus yang berada di Bantul, Yogyakarta. Seru banget kan?

  1. Hari Lahir Pancasila

1 Juni merupakan tanggal ditetapkannya Hari Lahir Pancasila, dan sejak tahun 2016 lalu tanggal ini dijadikan sebagai hari libur nasional. Sayangnya, libur nasional Hari Lahir Pancasila tahun ini jatuh pada hari Sabtu. Jadi, kamu nggak bisa mendapatkan kesempatan libur panjang deh, sobat tiket.

Namun, kamu masih bisa memanfaatkannya dengan berjalan-jalan ke Museum yang berada di wilayah tempat tinggal kamu lho. Wisata sejarah menjadi pilihan yang menarik juga kan, sobat tiket?

  1. Hari Raya Idul Fitri

Libur nasional Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang tepat untuk kumpul bersama keluarga besar. Biasanya, untuk kamu yang punya kampung halaman akan menjadikan momen lebaran sebagai momen untuk pulang kampung dan silaturahmi dengan sanak saudara. Tahun ini, Hari Raya Idul Fitri ditetapkan pada tanggal 4-5 Juni 2019.

Libur Nasional - Hari Raya Idul Fitri

Kalau sobat tiket tidak punya kampung halaman, kamu bisa kok memanfaatkan liburan panjang ini sebagai momen untuk pergi berlibur dengan keluarga. Mungkin Malang bisa menjadi pilihan tempat wisata untuk keluarga yang cocok untuk mengisi libur lebaran nanti.

  1. Hari Raya Idul Adha

Hari Raya idul Adha atau merupakan hari besar bagi umat Muslim untuk berkurban atau pergi Haji. Tahun ini, Idul Adha jatuh di tanggal 12 Agustus 2019 yaitu pada hari Senin. Selain dimanfaatkan untuk bersilaturahmi, sobat tiket juga bisa nih menjadikan libur nasional ini sebagai libur panjang untuk pergi liburan bersama keluarga.

  1. Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

17 Agustus 2019 menjadi hari libur nasional sebagai memperingati Kemerdekaan RI. Meskipun Hari Kemerdekaan di tahun jatuh pada hari Sabtu, namun tentunya kamu bisa menikmati liburan dengan cara yang menyenangkan kok, sobat tiket.

Libur Nasional - Hari Kemerdekaan RI

Selain mengadakan tradisi perlombaan, kamu juga bisa mengunjungi museum-museum yang ada di sekitar tempat tinggal kamu sebagai bentuk memperingati perjuangan para Pahlawan di zaman perjuangan.

  1. Tahun Baru Hijriyah

Tahun Baru Hiriyah di 2019 ini nggak bisa kamu nikmati sebagai libur panjang nih, sobat tiket. Tapi kamu tetap bisa memanfaatkan waktu libur Tahun Baru Hijriyah ini dengan wisata religi lho. Seperti mengunjungi Masjid Istiqlal di Jakarta bersama dengan keluarga. Sambil beribadah, kamu juga bisa menikmati keindahan arsitektur dari Masjid terbesar di Asia ini.

  1. Maulid Nabi SAW

Maulid Nabi SAW adalah hari dimana memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW yang ditetapkan sebagai hari libur nasional. Di Indonesia, peringatan Maulid Nabi biasanya akan diadakan acara-acara menarik yang berbeda di setiap daerah.

Kalau kamu ingin mendapatkan nuansa perayaan yang berbeda, kamu bisa sekalian berlibur ke Banten untuk menyaksikan perayaan Panjang Mulud yang menarik.

  1. Hari Raya Natal

Hari Raya Natal diperingati setiap tahunnya pada tanggal 25 Desember dan menjadi momen untuk mendapatkan kesempatan libur panjang. Untuk liburan Natal tahun ini, sobat tiket bisa merencanakan liburan dengan keluarga ke negara seperti German dan Finland. Di kedua Negara ini, perayaan Natal selalu terasa mewah dan berkesan.

Libur Nasional - Hari Natal

Bertepatan dengan musim dingin, menjadikan negara-negara dengan season ini sebagai destinasi liburan Natal yang berkesan.

Itu dia beberapa rekomendasi tempat liburan pada saat momen libur nasional 2019. Kamu bisa mengandalkan beli tiket pesawat murah promo di tiket.com untuk bisa pergi ke negara atau kota tersebut. Mendekati Hari Raya Imlek, baca Rekomendasi Negara untuk Merayakan Imlek 2019.