Cara Membuat e-Paspor

,

Cara Membuat e-Paspor 2019 yang Mudah dan Cepat

Cara Membuat e-Paspor – Sobat tiket ingin pergi berlibur ke luar negeri? Sebelum membeli tiket pesawat, booking hotel, dan membuat itinerary selama di sana, ada hal penting yang harus kamu miliki nih, sobat tiket.

Paspor atau yang merupakan identitas pengganti KTP saat kamu pergi ke negara yang kamu tuju, menjadi hal wajib yang harus kamu miliki. Jadi, kamu sudah punya paspor belum nih? Kalau belum, ayo daftar dulu agar bisa wujudkan mimpi kamu untuk liburan ke luar negeri!

Di Indonesia, paspor terbagi menjadi dua jenis, paspor konvensional (paspor biasa) dan paspor biometrik (e-paspor). Pembedanya, e-paspor memiliki chip pada bagian sampul depannya, dan berisikan sidik jari serta bentuk wajah kamu yang dapat dikenali melalui pemindaian.

Kamu hobi jalan-jalan ke luar negeri? Kalau gitu, wajib banget sih untuk ganti paspor lama kamu ke e-paspor.

Mengapa demikian? Karena, banyak keuntungan yang bisa kamu dapat dengan membuat e-paspor sebagai identitas pengenal kamu saat berada di luar negeri. Apa saja keuntungannya? Berikut ini keuntungan dengan memiliki e-paspor.

Keuntungan Memiliki e-paspor

Cara Membuat e-Paspor - Bebas Visa Jepang

Sebelum mendaftar, pasti pertanyaan mengenai apa keuntungan yang akan kamu dapat dari e-paspor melintas di benak kamu kan, sobat tiket? Nah, berikut ini keuntungan yang akan kamu dapatkan nih dengan memiliki e-paspor.

  1. Data Lebih Akurat dan Lengkap

e-Paspor merupakan jenis paspor yang dirancang dengan menggunakan chip. Sehingga, data-data pribadi kamu berupa sidik jari dan bentuk wajah akan terekam dan tersimpan di chip tersebut. Dengan sistem biometrik tersebut, akan mempermudah proses scanning paspor baik secara manual ataupun melalui autogate.

  1. e-Paspor Sulit Dipalsukan

Dengan terobosan baru berupa adanya chip di halaman depan paspor, hal ini tentunya sulit untuk dipalsukan dan disalahgunakan. Karena, chip tersebut sudah terisi data diri pemegang e-paspor. Tentunya akan semakin aman ya, sobat tiket.

  1. Lebih Mudah Mendapatkan Persetujuan Visa

Sobat tiket tahu nggak, hal utama yang membuat banyak orang berbondong-bondong upgrade paspor konvensional ke e-paspor? Yap, hal ini karena pemegang e-paspor lebih mudah mendapatkan persetujuan visa kunjungan ke suatu negara.

Meskipun tidak semua kedutaan akan dengan mudah mengeluarkan surat persetujuannya ya, sobat tiket. Namun, alasan data lebih akurat dan valid menjadi faktor utama visa kamu lebih mudah disetujui.

  1. Liburan ke Jepang? Bisa Free Visa!

Kalau ini sih bisa dibilang sebuah keberuntungan ya, sobat tiket. Karena, Kedubes Jepang akan memberikan kamu visa waiver yang berlaku untuk trip ke Jepang maksimal 15 hari lamanya. Jadi, untuk kamu yang berencana liburan ke Jepang, buruan deh bikin e-paspor agar bisa menikmati keuntungan ini.

  1. Nggak Perlu Antri Imigrasi Lagi!

Kalau keuntungan yang ini sih idaman banget ya, sobat tiket. Karena biasanya, antrian imigrasi itu panjang dan ramai banget, kamu yang punya e-paspor bisa bebas dari antri! Karena, kamu hanya perlu menuju autogate untuk scan e-paspor dan sidik jadi kamu.

Meskipun belum semua bandara di Indonesia menerapkan sistem autogate, tapi setidaknya kamu sudah tau kan, sobat tiket, kalau keuntungan e-paspor ada banyak banget?

Persyaratan Membuat e-Paspor

Sebelum kamu pergi ke Kantor Imigrasi terdekat, sebaiknya pastikan dulu bahwa persyaratan untuk membuat e-paspor sudah lengkap semua ya, sobat tiket. Hal ini untuk mengantisipasi agar proses pembuatan e-paspor kamu lebih cepat di proses.

Kamu bisa mempersiapkan persyaratan membuat e-paspor dengan menyiapkan beberapa dokumen seperti di bawah ini ya, sobat tiket.

  1. e-KTP 
  2. Kartu Keluarga
  3. Akta Kelahiran / Akta Perkawinan / Ijazah / Buku Nikah / Surat Baptis
  4. Paspor Biasa Lama
  5. Surat Rekomendasi**
  6. Lembar Pernyataan Paspor Baru & Materai

Dokumen diatas kamu fotocopy dalam satu lembar A4 ya, sobat tiket, dan tanpa di potong. Siapkan juga dokumen asli dari masing-masing dokumen persyaratan diatas. Sedangkan surat rekomendasi dikhususkan untuk sobat tiket yang berasal dari luar Kota Jakarta, Batam, dan Surabaya yang ingin mengurus e-paspor di ketiga kota tersebut.

Mau upgrade paspor lama kamu menjadi e-paspor? Kamu hanya membutuhkan dokumen berikut ini kok.

  1. Paspor lama
  2. e-KTP

Penting banget untuk kamu ketahui nih, sobat tiket. Pendaftaran e-paspor ini hanya bisa dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas I, yaitu di Jakarta, Surabaya, dan Batam. Jadi, kalau kamu berdomisili di luar tiga kota tersebut, maka wajib untuk datang ke salah satu kota dari tiga kota yang ditetapkan. Berikut ini daftarnya:

– Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan

– Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat

– Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat

– Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara

– Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok

– Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno Hatta

– Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya

– Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam

Cara Membuat e-Paspor

Sekarang, saatnya beralih ke cara membuat e-paspor yang sudah kamu tunggu-tunggu nih, sobat tiket. Berikut ini cara membuat e-paspor sebelum kamu datang ke Kantor Imigrasi terdekat.

1. Pendaftaran Online

  1. Pendaftaran untuk membuat e-paspor dilakukan secara online. Kamu bisa download aplikasi Layanan Paspor Online dari smartphone kamu, atau dengan mengunjungi laman antrian.imigrasi.go.id.
  2. Pilih Kantor Imigrasi tujuan, dan pilihan Tanggal dan Waktu untuk datang ke kantor imigrasi yang sudah kamu pilih secara online.

2. Datang ke Kantor Imigrasi

  1. Datang ke Kantor Imigrasi tujuan kamu sesuai dengan tanggal serta waktu yang dipilih.
  2. Bawa dokumen persyaratan (asli dan fotokopi) dan tunjukkan nomor antrian untuk mendapatkan map kuning berisi form.
  3. Siapkan pulpen berwarna hitam untuk isi formulir di map kuning yang diberikan petugas Imigrasi.
  4. Serahkan formulir yang sudah diisi beserta dokumen-dokumen yang dibutuhkan.
  5. Jika persyaratan sudah lengkap, kamu akan diberi nomor antrian untuk interview dan foto.
  6. Proses interview dan foto. Jangan gunakan pakaian berwarna putih ya sobat tiket. Karena background foto berwarna putih.
  7. Selesai proses interview dan foto, kamu akan diberikan Bukti Pengantar Pembayaran untuk selanjutnya melakukan pembayaran sesuai dengan peraturan yang tertera di kertas tersebut.

3. Proses Pembuatan Paspor

Setelah melakukan pembayaran, kamu tinggal menunggu proses pembuatan e-paspor kamu deh, sobat tiket. Waktu pembuatan e-paspor ini biasanya akan memakan waktu 4 hingga 10 hari kerja.

4. Pengambilan Paspor

Saat pengambilan e-paspor yang sudah jadi, jangan lupa untuk membawa e-KTP, Bukti Pembayaran, dan Tanda Terima Permohonan Paspor. Ambil nomor antrian, dan bersiap untuk menerima e-paspor kamu deh, sobat tiket.

Untuk pengambilan e-paspor bisa diwakilkan juga kok, sobat tiket. Jika yang mewakilkan kamu adalah anggota keluarga yang masih satu KK, bawa serta Kartu Keluarga asli. Jika diwakilkan oleh orang lain, sertakan surat kuasa ya, sobat tiket.

Biaya Pembuatan dan Cara Pembayaran e-Paspor

Biaya pembuatan e-paspor

Nah, sekarang kamu sudah tau kan, sobat tiket, bagaimana cara membuat e-paspor yang mudah dan ringkas? Pastikan kamu sudah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dengan lengkap dan benar ya, agar proses pembuatan berjalan dengan cepat pula.

Cara perpanjang paspor online 2019 ini juga bisa membantu kamu yang berencana untuk memperpanjang paspor kamu dalam waktu dekat.