,

8 Kuil di Kyoto, Napak Tilas Budaya dan Sejarah di Jepang

Apa yang kamu tahu tentang Kyoto? Kota ini ternyata pernah menjadi ibu kota Jepang sekaligus kediaman kaisar dari 794 hingga 1868. Kyoto adalah salah satu dari 10 kota terbesar di Jepang. Kamu bisa menemukan banyak kuil di Kyoto sebagai bukti lestarinya budaya dan sejarah di Jepang.

Kuil di Kyoto, Bukti Sejarah dan Budaya Jepang

Selama berabad-abad, Kyoto dihancurkan oleh banyak sekali perang dan kebakaran. Namun, karena nilai historisnya yang luar biasa, kota ini justru dikeluarkan dari daftar sasaran bom atom Perang Dunia II, membuatnya jauh dari kehancuran. Kuil di Kyoto tidak terhitung jumlahnya, menandakan kentalnya sejarah di tempat ini. Mana saja?

1. Kuil Kiyomizudera, Salah Satu Warisan Budaya UNESCO

Kiyomizudera dalam Bahasa Indonesia berarti “Kuil Air Murni”, menjadi salah satu kuil paling terkenal di Jepang. Didirikan pada tahun 780, kuil ini awalnya dikaitkan dengan aliran Hosso, salah satu sekolah tertua dalam Buddhisme Jepang.

Pada akhirnya, di tahun 1994 lalu, Kuil Kiyomizudera dinobatkan menjadi salah satu warisan budaya UNESCO. Kuil ini begitu terkenal karena teras kayunya yang begitu luas, memberikan pemandangan indah pepohonan ceri dan maple di musim semi dan gugur. bagi para pengunjung.

Lokasi: 294 Kiyomizhu, Higashiyama Ward, Kyoto, Jepang

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 18.00 waktu setempat

Cara ke Sana: Dari Stasiun Kyoto dengan bus nomor 100 atau 206, turun di Halte Gojo-zaka atau Kiyomizu-michi. Bisa juga berjalan kaki selama 20 menit dari Stasiun Kiyomizu-Gojo di sepanjang Jalur Kereta Api Keihan.

2. Kuil Zen dengan Paviliun Perak, Ginkakuji

Sumber: Shutterstock.com

Pembangunan Kuil Zen dimulai pada 1482, ketika shogun Ashikaga Yoshimasa ingin mendirikan vila untuk masa pensiunnya. Vila ini kemudian berubah menjadi Kuil Zen ketika Yoshimasa meninggal pada 1490.

Sebagai vila pensiun, Ginkakuji menjadi pusat budaya kontemporer yang dikenal dengan Budaya Higashiyama. Budaya ini memiliki dampak yang luas di seluruh negara, dengan seni yang dikembangkan termasuk upacara minum teh, merangkai bunga, puisi, hingga teater.

Lokasi: 2 Ginkakujicho, Sakyo Ward, Kyoto, Jepang

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 08.30 sampai 17.00 waktu setempat

Cara ke Sana: Menggunakan bus langsung nomor 5, 17, atau 100 dari Stasiun Kyoto. Bisa juga berjalan kaki sekitar 30 sampai 45 menit dari Nanzenji di sepanjang Jalan Filsuf.

3. Fushima Inari dengan Seribu Pintu

Sumber: Shutterstock.com

Kuil satu ini terbilang kuil penting di Kyoto bagian selatan. Kuil Fushima Inari begitu terkenal dengan ribuan gerbang atau torii yang memagari jalan setapak di belakang bangunan utamanya. Kuil ini didedikasikan untuk Inari, Dewa Padi Shinto.

Ada banyak patung rubah di halaman kuil. Bukan tanpa alasan, karena rubah dianggap sebagai pembawa pesan Inari. Jangan sampai kamu tidak merasakan sensasi berjalan di bawah seribu pagar berwarna merah dan hitam yang begitu memesona.

Lokasi: 68 Fukakusa Yabunauchicho, Fushimi Ward, Kyoto, Jepang

Jam Buka: Setiap hari selama 24 jam

Cara ke Sana: Dari Stasiun Kyoto, menuju Stasiun JR Inari di sepanjang Jalu JR Nara. Bisa juga dengan berjalan kaki dari Stasiun Fushimi Inari di sepanjang Jalur Utama Keihan

4. Kuil Nanzenji, Kuil Zen dengan Taman Batu yang Cantik

Kuil Nanzenji menjadi kuil di Kyoto yang terbilang penting di seluruh Jepang. Kuil Zen ini dibangun oleh Kaisar Kameyama sebagai vila pensiun sekitar abad ke-13. Sayangnya, semua bangunan pada akhirnya hancur selama perang saudara di akhir Periode Muromachi.

Kuil Nanzenji memiliki taman batu yang begitu memesona. Ketika musim semi tiba, warna daun pada pepohonan berubah warna menjadi oranye jingga yang begitu mengagumkan. Taman batu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang singgah ke sini.

Lokasi: 86, Nanzenji Fukuchico, Sakyo Ward, Kyoto, Jepang

Jam Buka: Setiap hari sesuai dengan masing-masing kuil

Cara ke Sana: Dari Stasiun Kyoto dengan kereta bawah tanah melalui Stasiun Karasuma-Oike menuju Stasiun Keage di Jalur Tozai. Lanjutkan berjalan kaki sekitar 5 sampai 10 menit. Bisa juga menggunakan bus menuju Halte Nanzenji-Eikando-michi dari Stasiun Kyoto dengan bus Kyoto nomor 5.

5. Tempat Musim Gugur Paling Terkenal di Kyoto, Kuil Eikando

Berikutnya adalah Kuil Eikando, yang populer dengan nama Kuil Zenrinji. Kuil ini dimiliki oleh aliran Jodo dari buddhisme Jepang. Eikando begitu populer dengan warna musim gugurnya dan iluminasi malam yang begitu memukau ketika musim gugur.

Kuil Eikando memiliki sejarah yang cukup panjang, diawali dengan pemberian vila oleh seorang bangsawan istana dari Periode Heian. Selanjutnya, vila ini dijadikan kuil dengan nama Zenrinji. Di dalamnya, ada berbagai bangunan dan taman kolam yang bisa kamu kunjungi.

Lokasi: 48 Eikandocho, Sakyo Ward, Kyoto, Jepang

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00 waktu setempat

Cara ke Sana: Dari Stasiun Kyoto melalui Karasuma-Oike menggunakan kereta bawah tanah menuju ke Stasiun Keage di Jalur Tozai. Lanjutkan berjalan kaki selama 15 sampai 20 menit. Bisa juga menggunakan bus Kyoto nomor 5 dari Stasiun Kyoto menuju ke Halte Eikando-michi.

6. Kuil Toji, Kuil Besar dengan Pagoda Tertinggi di Jepang

Kuil di Kyoto ini didirikan pada awal Periode Heian, tepat setelah ibu kota Jepang pindah ke Kyoto pada akhir tahun 700-an. Kuil besar ini mengapit pintu masuk selatan ke kota dan berfungsi sebagai kuil penjaga ibu kota.

Kini, Kuil Toji masuk sebagai salah satu warisan budaya dunia UNESCO di Kyoto. Aula Kondo adalah aula utama dan bangunan terbesar, sangat terkenal dengan patung kayu besar Buddha Yakushi. Patung ini diapit oleh dua pelayannya, Nikko dan Gakko Bodhisattva.

Lokasi: 1 Kujocho, Minami Ward, Kyoto, Jepang

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 waktu setempat

Cara ke Sana: Dari Stasiun Kyoto, berjalan kaki selama 15 menit. Bisa juga dari Stasiun Kyoto menuju ke Stasiun Toji di sepanjang Kintetsu Kyoto Line dan lanjutkan berjalan kaki 5 menit.

7. Bekas Istana Kekaisaran, Kuil Daikakuji

Dibangun pada awal tahun 800-an, Kuil Daikakuji merupakan istana terpisah Kaisar Saga yang begitu menikmati masa-masa pemerintahannya. Lalu, 30 tahun setelah kematiannya, istana kaisar ini diubah menjadi kuil berperingkat tertinggi dari Buddhisme Shingon.

Salah satu peninggalan paling berharga Kuil Daikakuji adalah salinan Heart Sutra yang ditulis tangan oleh Kaisar Saga atas instruksi Kobo Daishi. Salinan ini disimpan di Aula Heart Sutra segi delapan dan dipamerkan setiap 60 tahun sekali.

Lokasi: 4 Sagaosawacho, Ukyo Ward, Kyoto, Jepang

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00 waktu setempat

Cara ke Sana: Dari Stasiun Kyoto menuju ke Stasiun JR Saga-Arashiyama, lanjutkan berjalan kaki selama 15 menit. Bisa juga menggunakan bus nomor 91 dari Stasiun Saga-Arashiyama atau bus nomor 28 dari pusat Arashiyama.

8. Kuil Zen Berlapis Emas, Kinkakuji

Secara resmi dikenal sebagai Rokuonji, Kuil Kinkakuji adalah vila pensium shogun Ashikaga Yoshimitsu. Kuil yang terdiri dari dua lantai ini sepenuhnya tertutupi dengan emas menjadikannya sangat cantik dan memukau.

Kuil Kinkakuji dibangun untuk menggaungkan budaya mewah Kitayama yang berkembang di kalangan aristokrat kaya di Kyoto selama masa Yoshimitsu. Setiap lantai bangunannya mewakili dan menggambarkan gaya arsitektur yang berbeda.

Lokasi: 1 Kinkakujicho, Kita Ward, Kyoto, Jepang

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00 waktu setempat

Cara ke Sana: Bisa diakses dari Stasiun Kyoto dengan bus Kyoto nomor 101 atau 205. Lebih cepat menggunakan Jalur Kereta Bawah Tanah karasuma ke Stasiun Kitaoji.

Menyambangi Kuil di Nara

Kalau kamu sudah puas melihat-lihat kuil di Kyoto dengan eksotisme yang tidak tergantikan, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Nara. Masih seputar kuil, kabarnya, kuil di Nara punya arsitektur yang sangat memesona. Kuy, segera ke sana!

Jepang memang sangat memukau. Jadi, sekarang kamu nggak perlu bingung lagi kalau mau main ke luar negeri. Hentikan tujuan ke Jepang, cari segera tiket pesawat dan penginapan di tiket.com dan dapatkan beragam promo yang sangat menarik. Kuy, pesan sekarang !