,

Melihat Lebih Dekat Ribuan Rusa dan Kuil dengan Arsitektur yang Memukau di Nara, Jepang

Kota Nara memang tidak sepopuler Kyoto atau Osaka tapi kalau sobat tiket punya waktu lebih saat liburan atau sudah pernah eksplor kota-kota populer di Jepang, Nara bisa menjadi pilihan. Eksplor Nara juga asyik dan seru lho!

Berbatasan langsung dengan Kyoto dan Osaka, kota ini juga memiliki banyak kuil dengan arsitektur kayu tertua di Jepang. Pemandangan perbukitan bisa kamu nikmati saat menuju ke Nara karena kota ini terletak di ketinggian. 

Kalau waktumu nggak banyak, bisa eksplor taman Nara untuk bersantai dan mengunjungi kuil-kuil di kompleks taman yang bisa kamu kelilingi dalam waktu sehari! Mantap kan!

Tentang Nara

Terletak di sebelah timur Osaka, Nara berada pas di belakang gunung Ikoma dan Shigi. Kota ini pernah menjadi ibukota kekaisaran Jepang selama 70 tahun dari tahun 710 sampai 784. Usia Nara ini sudah lebih dari 1.300 tahun! Jadi bisa dibayangkan betapa banyak peninggalan sejarah disini. 

Nara juga merupakan salah satu kota dengan kuil terbanyak yang terdaftar dalam warisan budaya UNESCO. Di tengah-tengah Nara, ada taman yang luas banget namanya Nara Koen. Di dalam taman ini ada beberapa kuil seperti kuil Todaiji dan kuil Kasuga Taisha. 

tiket.com akan membahas beberapa tempat wisata menarik di seputar Nara Koen buat kamu yang tertarik untuk mampir ke kota ini saat lagi liburan ke Jepang. Selamat membaca!

1. Nara Koen

Sumber: Shutterstock.com

Nara Koen atau taman Nara dibangun pada tahun 1880 dan terletak di pusat kota. Yang unik dari taman ini adalah keberadaan rusa. Yups! Ada sekitar 1.200 rusa berkeliaran dengan bebas di taman Nara yang luasnya mencapai 660 hektar, sobat tiket.

Rusa-rusa tersebut jinak akan tetapi, kalau pas lapar, mereka jadi agak agresif jadi tetep hati-hati ya. Selain itu, rusa merupakan binatang yang sakral bagi pemeluk agama Shinto. Selama kamu nggak takut dan tenang, kamu boleh memberi makan para rusa dengan biskuit khusus bernama ‘shika-senbei’. 

Harga biskuitnya sekitar 150 yen per kemasan dan bisa dibeli di warung sekitar. Rusa-rusa ini nggak boleh diberi makan selain biskuit ini ya! Semakin kamu masuk ke dalam taman yang banyak pepohonan, makin banyak rusa yang bisa kamu temukan. Kamu juga bisa berfoto bareng rusanya kok.

Disitu kamu mungkin akan menyadari bahwa rusa-rusa jantannya yang sudah dewasa nggak ada yang punya tanduk. Jadi, tanduk para rusa jantan memang sengaja dipotong setiap bulan Oktober supaya para pengunjung taman ga di tanduk sama rusa. Untuk memotong tanduk mereka, ada upacaranya lho. 

Upacaranya dikenal dengan nama Shika no Tsunokiri dan sudah dilakukan sejak tahun 1671! Luar biasa banget! Awalnya karena memang rusa-rusa itu suka menusuk pantat penduduk lokal atau pengunjung dan juga merusak properti di sekitar dengan tanduknya. 

Untuk tahun 2019, upacara akan diadakan di Rokuen Arena pada tanggal 12 sampai 14 Oktober dari jam 12 siang sampai jam 3 sore. Mampir ya! Harga tiketnya 1.000 yen per orang. 

Upacaranya pemotongan tanduk ini seru lho. Kayak nonton matador. Rusa jantan yang hendak dipotong tanduknya nggak akan kalem. Jadi, kamu juga selalu waspada, siapa tau dia lari ke arahmu! Oh ya, kamu jangan khawatir. Rusa itu nggak kesakitan saat di potong tanduknya. 

Tiket Masuk    : Gratis

2. Kuil Todaiji

Sumber: Shutterstock.com

Kuil ini merupakan salah satu landmark kota Nara yang lokasinya berada di dalam taman Nara. Saat memasuki area kuil, kamu akan masuk lewat pintu Nandaimon atau gerbang kayu super gagah. Ada dua patung besar setinggi 8 meter yang merupakan patung penjaga. Gerbang dan patungnya merupakan harta karun nasional Jepang lho. Jangan lupa foto-foto disini ya. 

Di kuil Todaiji kamu bisa melihat Daibutsu atau patung perunggu Buddha terbesar di Jepang yang tingginya mencapai 16 meter dengan berat sekitar 250 ton! Patung Buddha ini terletak di Daibutsuden atau aula utama kuil yang terbuat dari kayu yang tingginya mencapai 48 meter. 

Kerennya lagi, aula ini merupakan bangunan kayu terbesar di dunia! Amazing! Aslinya sih jauh lebih besar tapi karena di rekonstruksi pada tahun 1692, ukurannya jadi lebih kecil. 

Sumber: Shutterstock.com

Kalau kamu mengelilingi aula ini, kamu juga akan menemukan banyak patung Budha berukuran kecil dan model bangunan aula zaman dulu. 

Selain itu, ada lentera besar namanya Octagonal lantern yang terbuat dari perunggu dan dibuat sejak abad ke-8. Lentera ini tingginya hampir 5 meter dan dipercaya membawa terang bagi Todaiji, Nara dan Jepang. Saat mengelilingi kompleks kuil, kamu juga bisa berpapasan dengan banyak rusa. Menyenangkan banget!

Setiap awal bulan Maret, ada festival yang diadakan di kuil ini. Namanya Festival Omizoturi yang berlangsung selama dua minggu. Ada penyalaan obor raksasa setinggi 6 meter yang kalau dinyalakan bisa menerangi kawasan Kuil Todaiji! Obor raksasa ini dipercaya bisa menerangi kehidupan selama setahun kedepan. 

Tiket Masuk : 500 yen per orang

Jam Buka     : 08.00-16.30 (November-Februari), 08.00-17.00 (Maret), 07.30-17.30 (April-September), 07.30-17.00 (Oktober).

3. Kuil Kasuga Taisha

Kuil lain yang bisa kamu kunjungi saat berada di taman Nara adalah Kasuga Taisha. Kuil Shinto ini juga termasuk destinasi favorit dengan lentera sebagai ciri khasnya. Kenapa begitu? Karena ada hampir 2.000 lentera batu disepanjang jalan ke kuil dan di dalam kuilnya sendiri ada sekitar 1.000 lentera perunggu yang digantung. 

Lentera tersebut hanya dinyalakan dua kali setahun yaitu pada Festival Lentera yang diadakan di awal bulan Februari saat perayaan Setsubun dan pertengahan bulan Agustus tanggal 14 dan 15. Lentera-lentera ini merupakan donasi dari para jamaah kuil. 

Uniknya lagi, kuil ini rutin direnovasi setiap 20 tahun sekali sejak tahun 768! Untuk mengunjungi bagian luar dan aula persembahan gratis lho sobat tiket cuma kalau mau mengelilingi bagian dalam harus bayar. 

Di bagian dalam area kuil, ada taman seluas kurang lebih 3 hektar yang dibagi menjadi 4 bagian. Berbagai tanaman semua musim ada disana dan bisa dinikmati para pengunjung. 

Yang perlu diperhatikan adalah Kasuga Taisha tidak dibuka untuk pengunjung pada tanggal 8 sampai 13 Maret dan tanggal 20 Desember sampai 7 Januari karena ada ritual yang diadakan di sana. 

Tiket Masuk : Gratis, untuk mengelilingi bagian dalam kuil 500 yen per orang

Jam Buka    : 09.00-17.00 

Bagaimana Cara ke Nara?

Kalau kamu lagi di Osaka, kamu bisa naik kereta JR Yamatoji Rapid Line sampai stasiun Nara. Harga tiketnya sekitar 800 yen per orang dan gratis kalau kamu punya JR Rail Pass. Bisa juga naik kereta (Kintetsu Railway) dari stasiun Namba ke stasiun Nara kalau punya Kintetsu Rail Pass. Waktu tempuhnya cuma 30 menit. 

Dari Kyoto, kamu bisa naik kereta JR Nara Rapid Line sampai stasiun Nara. Harga tiketnya sekitar 710 yen per orang dan gratis juga kalau kamu punya JR Rail Pass. waktu tempuh cuma 44 menit. Bisa juga naik kereta (Kintetsu Railway) juga ke stasiun Nara dengan waktu tempuh 1 jam 20 menit. 

Untuk mencapai taman Nara dari stasiun Nara, kamu bisa jalan kaki sekitar 20 menit. 

Tuhh, Nara oke banget kan. Capcus pesan tiket pesawat ke Jepang via tiket.com. Bisa juga sesuain waktu liburmu sama jadwal libur nasional. Kuy liburan!