11 Kota di Dunia yang Punya Kanal Cantik Selain Venice_blog

,

11 Kota dengan Kanal Cantik Selain Venesia

Kota dengan Kanal Cantik – Venesia atau Venice terkenal dengan kanalnya yang cantik, dan tentu saja kota tersebut hanya ada satu di dunia. Namun, sobat tiket tahu nggak kalau ada kota-kota dengan kanal indah lainnya yang menawarkan pesonanya sendiri.

Mulai dari istana di tepi kanal, restoran mewah dengan pemandangan sungai, hingga wahana gondola, 11 kota dengan kanal cantik di dunia selain Venice ini menjadi destinasi favorit para wisatawan internasional untuk berlibur.

11 Kota dengan Kanal Cantik, 2 di Antaranya Ada di Asia

Selain Venice, ada 11 kota dengan kanal cantik di dunia yang harus banget ada di bucket list kamu. Salah satunya cukup dekat dari Indonesia, lho. Simak daftarnya di bawah beserta tips liburannya!

1. St. Petersburg, Rusia

11 Kota di Dunia yang Punya Kanal Cantik Selain Venice_blog_St. Petersburg

Kota paling estetik di Rusia ini memiliki sekitar 100 anak sungai dan kanal dengan total panjang 300 kilometer dan lebih dari 800 jembatan. St. Petersburg terkenal dengan banyak bangunan megah, dan tidak lupa boat trip di sepanjang kanalnya.

Tips: Di bulan April dan November, jembatan bersejarah St. Petersburg di atas Sungai Neva diangkat agar kapal bisa melintas di bawahnya. Jika datang pada bulan-bulan ini, sobat tiket bisa menyaksikan pemandangan menarik ini dari jembatan ataupun perahu. Dijamin seru!

2. Utrecht, Belanda

11 Kota di Dunia yang Punya Kanal Cantik Selain Venice_blog_Utrecht

Jelajahi Utrecht dari air untuk mendapatkan pengalaman yang lebih mengesankan! Utrecht memiliki berbagai wisata air termasuk tur kanal, perahu pedal, perahu dayung, ataupun kano.

Tips: Jangan lupa untuk berjalan-jalan di sekitar area kanal atau bersantap di restoran dan kafe pinggir kanal. Hal ini bisa kamu lakukan terutama pada musim semi atau panas ketika bunga bermekaran dan matahari bersinar cerah.

3. Birmingham, Inggris

11 Kota di Dunia yang Punya Kanal Cantik Selain Venice_blog_Birmingham

Saat revolusi industri di Inggris berlangsung, kanal di Birmingham digunakan sebagai jalur transportasi untuk mengangkut batu bara, besi, dan barang-barang berat lainnya. Sekarang kanalnya menjadi objek wisata utama di kota bersejarah ini, lho.

Tips: Berjalan di pinggir sungai, makan siang di restoran atau kafe tepi kanal, menjelajahi toko-toko di sepanjangnya, atau ikut atraksi terkenal waterbus di Birmingham adalah hal yang harus kamu lakukan ketika berkunjung ke kota ini.

4. Hamburg, Jerman

11 Kota di Dunia yang Punya Kanal Cantik Selain Venice_blog_Hamburg

Kota pelabuhan utama ini dianggap sebagai salah satu kota yang paling indah di Jerman. Ada ratusan kanal serta lebih dari 2.300 jembatan yang melintasi Hamburg, bahkan lebih banyak daripada Amsterdam atau Venice.

Tips: Luangkan waktu untuk perjalanan kanal melalui sungai Alster di Hamburg. Bagi sobat tiket yang menyukai pemandangan air, kapal, dan pelabuhan, Hamburg adalah destinasi terbaik di Eropa.

5. Annecy, Perancis

11 Kota di Dunia yang Punya Kanal Cantik Selain Venice_blog_Annecy

Menjadi salah satu kota paling populer di Pegunungan Alpen, Annecy memiliki hutan, gunung, dan danau sekaligus. Kamu bisa berjalan-jalan sore menyusuri kanal dengan pemandangan Alpen yang menakjubkan!

Tips: Jika kamu datang saat musim panas, jangan lupa untuk bersantai di atas kapal sambil menikmati indahnya kota Annecy.

6. Suzhou, Cina

Suzhou adalah kota besar di Provinsi Jiangsu, Cina. Kota yang kaya akan kanal ini sering disebut sebagai “Venesia Oriental”.

Tips: Untuk pengalaman yang romantis, kamu dan pasangan harus coba untuk naik perahu pada sore ke malam hari! Pada siang hari, kunjungi juga taman klasik yang diakui sebagai situs warisan dunia UNESCO.

7. Fort Lauderdale, Amerika Serikat

Dengan kanal lebih dari 300 mil, Fort Lauderdale sering juga disebut “Venice of America”. Di sini kamu bisa menaiki kapal pesiar sungai, taksi air, dan gondola. Kanal di Fort Lauderdale ini buatan manusia lho, sobat tiket.

Tips: Selain menikmati keindahan kanal, ada juga Bluefoot Pirate Adventures, yaitu permainan petualangan bajak laut di atas perahu. Kamu harus mencari kunci harta karun dan menghadapi pertempuran air, cocok banget untuk wisata keluarga!

8. Newport Beach, Amerika Serikat

Newport Beach di California merupakan salah satu pelabuhan rekreasi terbesar di pantai barat Amerika. Tempat ini adalah tujuan wisata populer untuk semua kegiatan air contohnya berlayar, memancing, mendayung, bermain kano, berkayak, dan naik perahu.

Tips: Banyak penduduk lokal yang menikmati pemandangan matahari terbenam dari atas gondola. Selain itu, saat menjelang natal, kamu bisa menyaksikan parade perahu natal di pelabuhan.

9. Bruges, Belgia

11 Kota di Dunia yang Punya Kanal Cantik Selain Venice_blog_Bruges

Kota medieval di Belgia ini terkenal dengan kanal yang indah dan bentengnya yang telah berusia berabad-abad. Kanal di Bruges menghubungkan semua bagian utama kota, sehingga kamu bisa menaiki gondola dari berbagai lokasi. 

Tips: Tur kanal adalah cara terbaik untuk melihat kota Bruges! Dalam perjalanan 30 menit, sobat tiket akan disuguhkan oleh pemandangan kota Bruges yang memukau.

10. Stockholm, Swedia

Jika kamu berkunjung ke ibukota Swedia, yaitu Stockholm, kamu akan sadar bahwa kota ini didominasi oleh air. Stockholm terdiri dari pulau-pulau yang dihubungkan dengan banyak kanal dan jembatan.

Tips: Naik perahu adalah cara terbaik untuk menjelajahi kota Stockholm, karena kamu bisa pergi ke beberapa pulau sekaligus. Selain itu, airnya pun sangat bersih sehingga kamu bisa berenang ataupun memancing.

11. Bangkok, Thailand

Kota dengan kanal cantik yang terakhir ini cukup dekat dari Indonesia. Kanal atau biasa disebut Klongs di Bangkok telah ada selama berabad-abad dan menjadi salah satu jalur transportasi terpenting untuk para penduduk.

Tips: Selain menaiki perahu, kamu juga bisa mengunjungi pasar terapung. Damnoen Saduak, Amphawa, Taling Chan, Khlong Lat Mayom, dan Bang Nam Pheung adalah lima pasar terapung utama di kota Bangkok.

Jalan-Jalan ke Luar Negeri, Pakai Promo dari tiket.com!

Pas banget nih! Bagi kamu yang pengen banget mengunjungi kota-kota dengan kanal cantik di atas, segera pakai diskon tiket pesawat semua rute internasional dengan maskapai pilihan.

Sebelum pergi, berhubung sekarang sudah memasuki musim panas, jangan lupa juga untuk cek 8 perlengkapan liburan musim panas ke Eropa yang wajib kamu bawa. Lengkap deh rencana liburanmu, sobat tiket!