,

Romantisnya Wisata Taman Pelangi Surabaya, Coba ke Sini!

Berkencan bersama pasangan lebih afdal dengan mengunjungi tempat romantis. Interaksi pun terasa lebih intens. Sebagai salah satu alternatif, mengunjungi taman adalah pilihan tepat untuk mendapatkan suasana terbaik.

Surabaya merupakan kota metropolitan, sehingga mungkin sobat tiket berpikir akan sulit untuk menemukan tempat romantis, karena identik dengan keramaian. Namun, ada lho sebuah tempat wisata indah bernama Taman Pelangi, sangat cocok kamu kunjungi bersama pasangan. Penasaran bagaimana destinasi ini membuat kencan kamu berkesan? Lanjutkan membaca, ya!

Lokasi Taman Pelangi

Taman Pelangi berada di Jl. Frontage Ahmad Yani Siwalankerto nomor 138, Gayungan. Kalau kamu kesulitan mencapai tempat ini, manfaatkanlah peta di ponsel, karena menjadi salah satu destinasi favorit pengunjung.

Di sisi lain, Taman Pelangi memiliki lokasi strategis, sehingga mempermudah sobat tiket menjangkau tempat ini. Kalau kamu menuju Surabaya dari arah selatan tanpa melewati jalan tol, maka sudah dipastikan akan melewati.

Transportasi Menuju Taman Pelangi

Surabaya memiliki bus kota dengan jangkauan rute luas, sehingga bisa menjangkau Taman Pelangi dengan transportasi umum ini melalui lima titik: Giant Ekstra (bus E1), Galaxy Mall (bus WK, T2, dan P2), Aiola (bus A), Bandara Juanda (JND dan P6), dan Graha Bethany Nginden (bus RT dan D).

Mengenal Taman Pelangi

Sumber: Shutterstock

Taman Pelangi berada di pusat kota dan dibangun untuk ruang terbuka hijau sebagai pelestarian alam, seperti penyeimbang gedung-gedung tinggi dan menyerap asap polusi. Selain itu, dijadikan penyerapan air hujan, sehingga tidak akan kekurangan air saat musim kemarau.

Saat musim penghujan, Taman Pelangi pun dimanfaatkan sebagai penampung debit air hujan, sehingga dapat mengurangi risiko banjir. Di tengah jalan raya sekitar tempat ini terdapat lubang besi untuk mengalirkan air hujan agar lebih mudah diserap tanah. Ada pula lubang-lubang pada trotoar dengan jarak tiga meter.

Fungsi lain dari Taman Pelangi adalah sebagai keseimbangan ekosistem hewan, seperti burung, ulat, cacing, serangga, dan kupu-kupu. Di tempat hijau, fauna-fauna tersebut tentu akan lebih mudah dalam berkembang biak.

Di sekitar Taman Pelangi terdapat jalur rel kereta api yang menghubungkan Surabaya dan Sidoarjo serta rute-rute arah selatan seperti Malang, karena dekat dengan Stasiun Jemursari. Oleh karena itu, tempat parkir berada sekitar 200 meter dari bundaran agar meningkatkan keselamatan pengunjung.

Daya Tarik Taman Pelangi

Sumber: Shutterstock

Keindahan Taman Pelangi tampak pada kolam besar dengan batang besi sebanyak 31 yang mengalirkan kembali air ke kolam. Batang besi tersebut berwarna putih dan akan berwarna-warni saat malam, mirip seperti pelangi.

Posisi batang-batang tersebut tidaklah sejajar dari ujung ke ujung, sehingga seolah-olah akan roboh. Namun, itulah daya tariknya. Apalagi, saat direfleksikan oleh air kolam. Benar-benar cantik, sobat tiket! Abadikan momen kamu bersama pasangan dengan latar foto pemandangan ini.

Di sekitar kolam ada pijakan lantai yang cukup luas dan merupakan spot favorit bersantai bersama keluarga dan teman. Selain itu, ada pula daun dan bunga dengan berbagai warna, semakin melengkapi kecantikan batang besi pelangi.

Sementara itu, di belakang kolam terdapat pohon-pohon rindang yang seakan menjadi kanopi Taman Pelangi. Menariknya lagi, batangnya ditumbuhi tanaman merambat, sehingga semakin menampilkan kesan hijau.

Di pagi hari, Taman Pelangi menjadi favorit pengunjung untuk olahraga, karena terdapat jalur jogging. Selain itu, dimanfaatkan sebagai arena bersepeda. Selepas melakukan kegiatan fisik, pengunjung pun dapat melepas lelah dengan pijat refleksi kaki di jalur bebatuan.

Pada siang hari, Taman Pelangi pun tidak sepi oleh pengunjung. Mereka biasanya bersantai di pinggir kolam sambil berfoto. Bahkan, tidak jarang fotografer memanfaatkan tempat ini sebagai latar foto, entah untuk tujuan pre-wedding atau lainnya.

Puncak kunjungan di Taman Pelangi adalah ketika malam minggu. Bukan hanya pasangan, rombongan keluarga dan teman memadati tempat ini dengan membawa tikar dan camilan sendiri dari rumah. Bahkan, ada juga yang duduk tanpa alas.

Tempat bersantai lain di Taman Pelangi berada agak jauh di belakang kolam atau lebih tepatnya pada pagar besi. Mereka biasanya bersandar di sini sambil mengobrol. Ada pula terowongan untuk pejalan kaki yang terbuat dari tanaman merambat yang dijadikan tempat nongkrong asyik.

Fasilitas Taman Pelangi

Fasilitas di Taman Pelangi cukup memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan untuk ruang gerak, karena selain terdapat jalur jogging dan arena bersepeda, ada lapangan tenis, basket, dan bola. Ada pula toilet, musala, air minum gratis, dan berbagai fasilitas penunjang lain yang memudahkan kebutuhan pengunjung.

Di waktu-waktu tertentu, Taman Pelangi dimanfaatkan sebagai tempat pergelaran acara budaya seperti drama dan konser musik. Alasan pemilihan tempat ini untuk pergelaran acara adalah lokasi yang strategis dan memiliki kesan artsy dari batang besi berwarna-warni.

Tiket Masuk dan Jam Operasional Taman Pelangi

Sumber: Shutterstock

Pengelola tidak menetapkan tiket masuk alias gratis. Kamu hanya perlu membayar parkir sebesar 2.000 rupiah*. Kamu bisa mengunjungi Taman Pelangi antara pukul 05.00 sampai 23.00 WIB. Menjelang jam tutup, pengelola akan mematikan lampu LED pada batang besi warna-warni, lalu berkeliling untuk mengecek apakah masih ada pengunjung yang ada di sini atau tidak.

Aktivitas Menarik di Sekitar Taman Pelangi

Menghabiskan waktu untuk bersenang-senang tidak lengkap rasanya tanpa melakukan aktivitas menarik lain selain mengunjungi sebuah destinasi. Di sekitar Taman Pelangi, sobat tiket bisa berburu kuliner dengan berbagai macam pilihan, mulai dari hidangan lokal sampai makanan mewah di restoran.

Mau berbelanja di sekitar Taman Pelangi? Bisa banget! Di sini ada empat rekomendasi tempat belanja yang menyediakan ragam kebutuhan yaitu Supermal Pakuwon Indah, Wisata Rasa, Pasar Atom, dan Ciputra World Surabaya.

Aneka tempat wisata pun dapat sobat tiket temukan dengan mudah di sekitar Taman Pelangi, seperti museum. Adapun empat museum terdekat yang wajib dikunjungi yaitu bekas Bank Javasche Soerabaia, Museum Sampoerna, Museum Mpu Tantular, dan Museum Kanker Indonesia.

Tips Berkunjung ke Taman Pelangi

Sumber: Shutterstock

Pengelola tidak mengizinkan pedagang masuk ke taman ini, sehingga sangat disarankan untuk membawa makanan sendiri dari luar. Untuk meningkatkan ketertiban, pengelola pun memasang CCTV di setiap sudut taman. Selain itu, ada pula berbagai peringatan agar menjaga keindahan taman. Jadi, kalau sobat tiket berkunjung, patuhi segala aturan di sini, ya.

Daya tarik utama Taman Pelangi adalah batang besi berwarna-warni saat malam. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, disarankan untuk bersantai di arah utara, karena objek ini menghadap barat.

Selain Taman Pelangi, Apa Saja Spot Instagramable di Surabaya?

Taman Pelangi memiliki banyak spot instagramable, salah satunya di dekat kolam. Namun, Surabaya masih memiliki tempat wisata menarik lain yang akan menjadikan kegiatan berfoto semakin menyenangkan. Sama-sama menawarkan suasana romantis, Hutan Bambu Keputih adalah satu dari beberapa tempat wisata dengan spot instagrammable di Surabaya.

Merencanakan untuk berkunjung ke Surabaya? Gunakan saja aplikasi tiket.com untuk membeli tiket dan hotel untuk liburanmu. Selain ada berbagai promo menarik, kelebihan lain yang ditawarkan adalah proses pemesanan yang mudah dan cepat. Ayo segera rencanakan liburanmu bareng tiket.com!

 

*harga saat artikel ini ditulis